Israel dalam Perjanjian Lama

Administrator

Administrator
"Kecongkakan Israel menjadi saksi terhadap dirinya sendiri; Efraim akan tergelincir jatuh oleh kesalahannya sendiri, dan bersama-sama mereka juga Yehuda. Dengan korban kambing domba dan lembu sapinya mereka akan pergi untuk mencari TUHAN, tetapi tidak akan menjumpai Dia; Ia telah menarik diri dari mereka. Mereka telah berkhianat terhadap TUHAN ..." (Perjanjian Lama, Hosea 5:5-7)

ditulis oleh : Dildaar Ahmad Dartono
 
Bls: Israel dalam Perjanjian Lama

TENTANG agama YAHUDI

Agama Yahudi mungkin satu2nya agama di dunia yg tidak berusaha untuk menyebar luaskan agamanya kepada orang non Yahudi, sebab mereka yakin, bahwa agama Yahudi hanya diperuntukkan khusus bagi bangsa Israel saja, yg mereka sebut sebagai bangsa pilihan Allah.

Yudaisme adalah keyakinan agama Yahudi. Syahadatnya Yudaisme atau lebih dikenal dgn sebutan Shema: “Dengarlah, hai orang Israel, TUHAN Elohim kita, TUHAN itu esa ! (Ulangan 6:4) (Shema Yisrael Adonai eloheinu Adonai ehad).

Ajaran dan hukum dasar Yudaisme dilandaskan atas kumpulan dua Kitab Suci. Yg pertama adalah Kitab Taurat (tora = bhs Ibrani; nomos = bhs Yunani), merupakan lima buku pertama dari Alkitab Perjanjian Lama (Pentateukh), dari kitab Kejadian s/d Ulangan. Kitab Suci kedua adalah Talmud atau kumpulan tulisan mengenai hukum, tata cara doa dan etika. Kitab Talmud itu terdiri dari 63 Kitab - 524 bab.

Pemeluk Yudaisme atau agama Yahudi meyakini adanya perjanjian khusus yg dibuat oleh Tuhan dengan Abraham, nenek-moyang bangsa Israel, dimana Tuhan telah berjanji akan memberkati Abraham dan keturunannya jika mereka tetap yakin dan percaya kepadaNya. Pemeluk agama Yahudi percaya akan datangnya sang Juru-Selamat (Mesias) yg akan mempersatukan seluruh bangsa Yahudi di dunia ini. Tetapi dilain pihak mereka tidak percaya “Tuhan Yesus” sebagai sang Juru Selamat maupun ajaran-Nya dlm Kitab Perjanjian Baru.
 
Last edited:
Bls: Israel dalam Perjanjian Lama

Kalau baca kisahnya,Israel memang bangsa yang tegar tengkuk alias ndableg, mau sekehendaknya sendiri.
Tp kdg kt yg bukan Israel juga begitu,kan?
Apa yg Tuhan inginkan kadang kt tdk mau mengikutinya kalau berlawanan dgn keinginan kita.
 
Back
Top