Perhatikan tahap tumbuh kembang anak

Megha

New member
Aku Bisa Sendiri

Sophia_bukakaoskaki1.jpg


Makin besar usianya, makin tinggi pula targetnya: melakukan semuanya sendiri! Membuat mata bundanya terbelalak takjub.


Pakai dan lepas baju
Bantu ia
Semaksimal mungkin pakaikan baju yang tak ada kancing, resleting dan kancing tekan, bahkan berenda. Sediakan diri Anda untuk membantunya menarik kaos melewati kepala begitu ia sudah mengulurkan tangan ke atas. Ketika anak mulai berusaha memakai baju sendiri, yang biasanya terjadi pada bulan ke 18-24, tunjukkan label baju untuk membantunya mengenali bagian depan dan belakang baju dan celana agar tidak terbalik.

Kapan Terjadi?
Mulai usia 15 ke 24 bulan, ketika ia sudah bisa berdiri dengan satu Raih tanpa jatuh dan bisa mengontrol gerakan tangan, lengan dan kaki. Si kecil akan makin menguasai cara memakai kaos T atau celana panjang pada sekitar usia 3 tahun.

Pengingat Untuk Ibu
Kadang-kadang ia masih butuh bantuan ibu untuk ‘bebas’ dan baju yang dipakainya. Tangannya juga belum terampil mengenakan baju berkancing atau dengan resleting.


Pakai Sepatu
Bantu Ia
Tetap membelikannya sepatu dengan pernutup Velcro sampai ia berumur kira-kira 5 tahun karena baru pada saat itulah kemampuan motorik halusnya sudah makin berkembang dan mampu mengingat proses bertahap yang dibutuhkan untuk mengikat tali namun demikian tetap perlu latihan karena kemampuan ini baru betul-betul dikuasai pada usia 6-7 tahun. Agar si kecil belajar membedakan sepatu kanan dan kiri, tempelkan stiker bulat berwarna beda di sol telapak sepatu dan ajarkan ia mengingat warna stiker sepatu kanan dan lari.

Kapan Terjadi?
Usia 2 tahun, tangan si kecil mulai ‘gatal’ untuk membuka dan memakai sepatu sendiri. Pada usia 3 tahun, si kecil sudah tak perlu terlalu banyak instruksi Anda lagi.

Pengingat untuk Ibu
Tak jarang ia masih belum bisa membedakan sepatu kiri dan kanan. Juga masih membutuhkan bantuan ibu untuk memakai sepatu sambil duduk.


Mandi Sendiri Kapan?
Pada usia 2 tahun ia sudah bisa berteriak, “Aku mau pipis!” namun tak jarang ia malas beranjak sehingga ngompol di tempat. Dengan bertambahnya usia, si 3 tahun sudah mulai sadar dengan keinginannya untuk buang air kecil jauh sebelum keluarnya urin. Itu sebabnya ia memiliki kemampuan tambahan, yaitu mengontrol keluarnya urin, hisa menahan keluar hingga ia sampai di kamar mandi. Ditambah dengan keterampilan tangan untuk membuka celana sendiri.

Pengingat Untuk Ibu
Harus selalu ada Anda atau pengasuh yang menemaninya ke kamar mandi. Tak jarang ia juga masih perlu dibantu untuk membuka pakaiannya.

Bantu Ia
Sediakan dudukan kloset untuk anak agar si nona kecil lebih mudah melakukan BAK di kamar mandi. Ajarkan Dula ia untuk membasuh alat kelamin setelahnya —untuk anak perempuan, basuh dari arab depan ke belakang, lalu minta ia mengeringkan dengan handuk atau tisu lembut agar tidak lembab. Ajarkan anak mengenal peralatan di kamar mandi termasuk cara pengoperasiannya, termasuk tombol penyiram kloset.


Menyikat Gigi
Kapan Terjadi?
Anak Anda bisa menggerak-gerakkan sikat gigi di mulutnya ketika usianya 18-24 bulan, ketika ia bisa menggenggam batang sikat gigi dan menyeimbangkannya saat ia menggerakkan lengannya. Pada usia 4 tahun ia baru akan mampu menyikat gigi dengan cukup benar, walaupun tetap dengan pengawasan Anda.

Pengingat Untuk Ibu
Cermat memilih odol yang sesuai untuk si kecil karena ia pasti ‘tergoda’ untuk memakannya. Bantu Ia Siapkan bangku untuk ia memanjat di dekat wastafel untuk ritual sikat gigi bersama Anda, ia akan lebih senang melakukannya. Sediakan sikat gigi kecil dan odol khusus yang bisa ia jangkau. Buat jadwal sikat gigi bersama si kecil dan ajarkan cara menyikat gigi yang benar dan perlahan agar ia tidak menyodok gusi dan pangkal tenggorokan. Untuk memastikan giginya bersih, selalu lakukan pengecekan akhir dengan memeriksa mulut dan giginya.



Perkembangan setiap anak berbeda —akibat dipengaruhi oleh 2 faktor: bawaan (nature) dan pengasuhan (nurture). Maka stimulasi dan orangtua sangat berpengaruh penting pada perkembangan anak.




Mandi
Kapan Jerjadi? Mulai usia
15-18 bulan, anak Anda sudah mampu mengkoordinasi tangannya untuk membasuh tubuh. Pada usia 3 tahun ia sudah bisa melakukan kegiatan mandi sendiri. Pada usia 4 tahun, ia jadi lebih terampil menyabuni bagian tubuh.

Pengingat Untuk Ibu
Jangan pernah meninggalkan anak Anda sendiri di kamar mandi! Dan jangan lupa, ia tentu belum bisa sepenuhnya menyabuni bagian tubuh terutama punggung —ia butuh bantuan Anda untuk melakukannya.

Bantu Ia
Tawarkan waslap kecil atau berikan segenggam sabun cair
—sebaiknya hindari sabun batang karena licin untuknya— agar ia bisa menyabuni tubuh - namun anda tetap perlu memeriksa di akhir acara mandi untuk memastikan tidak ada bekas sabun yang tertinggal


Menyisir rambut
Kapan Terjadi?
Usia 3 tahun sudah sadar dengan penampilannya, dan menganggap bahwa menyisir merupakan bagian untuk mempercantik diri. Didukung kemampuan motorik halusnya, tangannya sudah mampu memegang sisir dan melakukan gerakan
menyisir di rambut.

Pengingat Untuk Ibu
Hati-hati dengan batang sisir atau helai
sisir sikat yang kasar karena bisa melukai kulit kepala si kecil yang masih rentan.

Bantu Ia
Berikan si kecil sisir khusus dengan bulu atau sikat yang jaraknya jarang untuk menghindari rambutnya bertambah kusut atau terlilit di sisir. Biarkan si kecil memegang sisir di luar waktu ia menyisir rambut agar ia makin terampil memegang sisir dan menyisir rambut.


Cuci Tangan
Kapan terjadi
Si kecil akan belajar membasahi, menyabuni, membilas dan kemudian mengeringkan tangannya dengan urutan dan cara yang benar pada saat usianya berkisar 18 ke 24 bulan.

Pengingat Lintuk Ibu
Letak wastafel yang tinggi bisa membuat anak dengan kesederhanaan berpikirnya akan menarik kursi dan ia akan naik ke atasnya, yang bisa mengakibatkan ia tergelincir dan jatuh.

Bantu Ia
Sediakan bangku untuk berdiri di depan wastafel agar ia bisa menggapai wastafel dan melakukan kegiatan cuci tangan tanpa kerepotan. Tempatkan pula sabun cair dalam jangkauannya dan handuk kecil di kaitan yang rendah. Ajarkan anak pada proses mengeluarkan sabun dari botol pompa, dan memutar kran air dingin —bila ada kran untuk air panas, Anda harus dua kali lebih waspada. Ajarkan pula ‘prosedur standar’ cuci tangan yang tepat minimal 30 detik agar tangan benar-benar bersih.


Membuat Susu
Kapan mulai? Usia
4 tahun, dengan keterampilan jemari yang semakin baik.

PENGINGAT UNTUK IBU
Tak jarang ia masih belum mampu mengatur kekuatan tangannya ketika mengaduk, terlalu kencang sehingga susu tumpah berceceran. Ia juga masih perlu dibantu untuk memahami cara menuang air dari dispenser air panas dan dingin.

bantu Ia
Siapkan gelas khusus untuknya yang mudah dicapai sehingga ia tidak butuh alat bantu seperti kursi untuk mengambil gelas. Letakkan pula kaleng susu di area jangkaunya. Ajarkan cara menakar susu yang tepat untuknya, dan langkah-langkah menyiapkan susu.


Beri kesempatan semaksimal mungkin kepada anak untuk melakukan segala sesuatu sendiri —dan Anda telah membantunya membentuk kemandirian.


Makan
Bantu Ia
Sekitar usia 12-15 bulan, di saat keterampilan motorik halusnya berkembang pesat dan kemampuan koordinasi mata-tangan menjadikan anak Anda mampu memegang sendok, garpu dan mangkuk
—walau belum sempurna.

Pengingat Untuk Ibu
Belepotan dan berceceran di mana-mana —bahkan saat usianya menginjak 2 tahun. Tapi itulah keindahan sebuah proses belajar, bukan?

Bantu ia
Mulai usia 12 bulan (atau bahkan lebih awal) genggamkan di tangannya sendok selagi Anda menyuapinya agar ia terbiasa dengan peralatan makan. Ketika ia sudah ingin makan sendiri, hidangkan nasi yang sudah dibentuk bulat dan sayur potongan kecil agar ia mudah memakannya. Upayakan makan bersama si kecil agar ia belajar dan melihat dan meniru cara makan yang baik dan benar dari orangtuanya.


Mau Membantu Ibu

Kapan Terjadi?
Usia 15-18 bulan, ketika ia sudah bisa berjalan dengan membawa barang-barang miliknya di tangan kecilnya dan nampak tertarik pada aktivitas rutin Anda mengurus rumah tangga dan membuntuti Anda mengambili koran di lantai atau membawa sendok di meja untuk dibawake dapur.

Pengingat untuk ibu
Jangan berharap terlalu banyak! Lagipula ia masih batita.

Bantu Ia
Beri si kecil tugas-tugas sangat sederhana dan spesifik, misalnya melap meja bermainnya yang pendek, membawakan piring makannya dan serbet untuk ditata di meja makan, meletakkan pakaian kotor ke keranjang cucian atau membantu Anda melipat handuk untuk dimasukkan ke lemari. Tak penting apakah ‘tugas’-nya itu dilakukan dengan benar dan rapi, karena yang terpenting adalah anak terbiasa dengan membantu pekerjaan ibu dan juga menikmatinya. Jangan lupa, ucapkan terima kasih karena si kecil sudah membantu tugas berat Anda.


Membereskan mainan
Kapan Terjadi?
Ketika usianya menjelang 2 tahun, mulai 18 bulan, di saat ia sudah bisa berjalan tanpa bantuan, membawa dan menarik barang-barang dan lainannya ke setiap ruangan dan mengikuti perintah sederhana dan Anda.

Pengingat Untuk Ibu
Anda perlu terus : mengingatkannya untuk membereskan dan merapikan mainan, dan ia juga perlu bantuan Anda. Jangan berharap segalanya akan berjalan dengan sendirinya dan berakhir sempurna!

Bantu Ia
Sediakan dan letakkan boks atau wadah penyimpan mainan di kamarnya agar aktivitas beresberes akan lebih mudah, tempelkan label bergambar hingga ia paham mainan apa masuk kekotak mana.
Anda juga perlu konsisten untuk memintanya
membereskan mainan setelah selesai bermain dan jadwalkan khusus untuk acara ‘beberes’ ini misalnya sebelum makan malam atau selum tidur siang. ia setelah selesai membereskan mainan.
 
Bls: Perhatikan tahap tumbuh kembang anak

waaaaa jadi pengen punya anak biar bisa memperhatikan tumbuh kembang si anak sendiri.. hihiiii
 
Back
Top