Spinocerebellar Atrophy / Spinocerebellar Degeneration / Spinocerebellar Ataxia

Kalina

Moderator
Penyakit degeneratif saraf (bahasa Inggris: spinocerebellar ataxia, spinocerebellar Degeneration), mungkin banyak dianggap merupakan dua penyakit yang berbeda, namun ini adalah satu penyakit, hanya saja berbeda nama. Spinocerebellar Ataxia, atau lebih sering disebut Ataxia memiliki gejala-gejala sebagai berikut :
  1. Elemen 1 pergerakan terhambat (tiba-tiba jatuh tanpa sebab, tidak bisa menjaga keseimbangan, dll)
  2. Elemen 2 pergerakan terhenti secara tiba-tiba, tidak bisa mengendalikan syaraf motorik tubuh
Jika sudah mulai akut, bisa saja penderita tidak bisa berjalan, maka harus menggunakan kursi roda, bahkan pada nantinya hanya bisa berbaring di atas ranjang dan menggantungkan seluruh hidupnya dengan bantuan orang di sekitarnya. Yang berbahaya dari penyakit ini adalah, saat sedang makan bisa saja penderita tersedak secara tiba-tiba, dan bila tidak mendapat penanganan secara lanjut, itu akan menghambat jalur pernapasannya dan mengakibatkan kematian. Belum ada cara pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan penyakit ini secara tuntas, secara penyebabnya adalah rusaknya jaringan otak kecil dan syaraf tulang belakang. Banyak orang yang menyangka, kalau penyakit ini disebabkan oleh virus, tapi yang benar ada dua hal, bisa karena keturunan, atau mutasi gen, dan beberapa penyebab lain. Yang pasti, penyakit Spinocerebellar Ataxia tidak disebabkan oleh virus. Sekarang, para penderita hanya dapat melakukan terapi sesuai gejala yang dialami. Tapi, bukan hal yang tidak mungkin kalau di masa yang akan datang akan ditemukan obat yang ampuh untuk menuntaskan penyakit ini, mengingat penelitian yang dilakukan secara terus menerus oleh para ahli.
 
Bls: Spinocerebellar Atrophy / Spinocerebellar Degeneration / Spinocerebellar At

Spinocerebellar ataxia atau yang disingkat SCA merupakan salah satu penyakit yang memungkinkan otak nggak berfungsi sempurna, Selain disebut sebagai Spinocerebellar ataxia ternyata, penyakit ini juga memiliki nama lain loh, namanya Spinocerebellar degeneration (SCD). Nah perbedaannya cuma di bagian waktu aja. Bingung..?? Maksudnya begini, yang SCD itu sebutan lama dari SCA, jadi sebelum disebut SCA, dulunya namanya sih SCD. Kalo yang dari Aeon dapet, deskripsi kondisi penyakit ini diutakan pertama kali di tahun 1980 oleh dr. Nicholaus Friedreich.

Di dunia Kedokteran Barat dan Jepang sendiri masih sedang diusahakan untuk mencari pengobatan-pengobatan yang efektif terhadap penyakit ini. Semoga saja esok hari akan ada pengobatan untuk penyakit ini. Amiin..!!
 
Back
Top