Mengatasi Anak yang Gagap Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Keluarga & Berumah Tangga
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum


Mengatasi Anak yang Gagap




 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Mengatasi Anak yang Gagap

Mengatasi Anak yang Gagap



Salam hangat Aden dan Nona forum, megha butuh bantuan nih..

Mama saya sering ketitipan baby, balita dan anak-anak, ya bisa dibilang rumah saya ini udah seperti tempat penitipan anak dikala ibu-ibu komplek dan perumahan sekitar lagi mau pergi dalam waktu yang cukup lama. Yang jadi permasalahan itu ketika saya harus berhadapan dengan anak yang gagap, mereka sering berperilaku tidak biasa dari anak-anak kebanyakan.

Reaksi yang biasa mereka tunjukan adalah, berkeringat hebat, gemetar, nafas tersengal dan jadi sangat cengeng terutama jika mereka merasa tertekan. Berbagai cara untuk menenangkan anak seperti ini udah aku lakukan, tapi gak jarang masih tetap gagal (apalagi anak yang gagap agak sulit diajak komunikasi karena cara komunikasinya yang melambat)

Tolong Den.. non... kasih megha kiat dong, megha bingung banget nih
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543

 

    Anda mengendarai mobil atau sepeda motor setiap hari?
** Download software yang membantu
banyak orang berkendara di jalan raya, klik disini **







Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Mengatasi Anak yang Gagap

hweee...saya kira si azis gagap masuk ke sini..
SIMA5H0N
Home Level

Post: 16
 
Reputasi: 0

__________________
jika ada yang bertanya...
Apakah kau mencari uang...?? KATAKAN...TIDAAAAAAKK..
Aku hanya mencari sebuah MImpi.....





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Mengatasi Anak yang Gagap

Kutip:
Apakah Gagap Itu?

Gagap adalah suatu gangguan kelancaran berbicara. Anak usia 2 sampai 5 tahun sering mengulang-ulang kata-kata atau bahkan seluruh kalimat yang diucapkan kepadanya. Ia kadang-kadang juga mengucapkan ungkapan-ungkapan seperti “ee” atau “mm” saat ia berbicara. Hal ini dianggap normal bila terjadi pada anak yang masih belajar berbicara.

Anak pada golongan usia tersebut masih mempelajari cara berbicara, mengembangkan kendali terhadap otot-otot berbicaranya, mempelajari kata-kata baru, menyusun kata-kata dalam suatu kalimat, dan mempelajari bagaimana cara bertanya serta mempelajari “akibat” dari kata-kata yang mereka ucapkan. Oleh karena itu, anak pada golongan usia tersebut umumnya masih mengalami gangguan kelancaran berbicara.


Apakah Penyebab Gagap?

Banyak orang tua yang merasa bahwa gagap disebabkan oleh cara mendidik anak atau pola pengasuhan orang tua yang salah. Tetapi menurut para ahli, gagap tidak disebabkan oleh perilaku orang tua. Kenyataannya, penyebab gagap sampai saat ini belum dapat dijelaskan secara pasti. Gagap merupakan suatu keadaan yang sangat rumit dan banyak berkaitan dengan hal-hal lain.

Anak laki-laki lebih banyak mengalami gagap dari pada anak perempuan dengan perbandingan tiga banding satu. Hal ini berkaitan dengan faktor-faktor lingkungan, seperti stres.


Tanda-Tanda Awal

Umumnya tanda-tanda awal kegagapan terlihat pada usia dua tahun atau pada saat anak mulai belajar merangkai kata-kata menjadi suatu kalimat. Sering kali orang tua merasa jengkel dengan kegagapan anak, tetapi hal ini merupakan hal yang umum ditemui saat anak masih dalam tahap perkembangan berbicara. Kesabaran merupakan sikap terpenting yang harus dimiliki oleh orang tua selama anak berada dalam tahap ini. Seorang anak mungkin mengalami gangguan kelancaran berbicara selama beberapa minggu atau bulan dengan gejala yang hilang timbul. Sebagian besar anak akan lancar berbicara dan tidak akan gagap lagi bila kegagapannya itu dimulai pada usia kurang dari 5 tahun.


Anak Usia Sekolah

Saat anak mulai memasuki usia sekolah, kemampuan dan keterampilan berbicaranya akan semakin terasah. Umumnya anak akan semakin lanca berbicara dan ia sudah tidak gagap lagi. Jika ia masih gagap, umumnya pada usia tersebut ia sudah mulai merasa malu akan hal tersebut. Anak seperti ini membutuhkan latihan khusus untuk membantunya dalam berkomunikasi.


Bantuan Yang Diperlukan

Seorang anak sebaiknya mulai mendapat bantuan khusus bila:
- orang tua mulai merasa khawatir akan kelancaran berbicara anaknya
- anak terlalu sering mengulang kata-kata atau bahkan seluruh kalimat
- pengulangan suara-suara seperti “aa” semakin sering diucapkannya
- anak tampak kesulitan saat akan berbicara
- gangguan kelancaran berbicaranya semakin berat
- mimik muka anak tampak tegang saat berbicara
- suara anak terdengar tegang saat mengucapkan kata-kata bernada tinggi
- anak sering menghindari keadaan dimana ia harus berbicara
Jika ada tanda-tanda diatas yang tampak saat anak berbicara maka sebaiknya orang tua mulai menghubungi dokter atau ahli terapi bicara. Semakin dini bantuan yang diberikan kepada seorang anak maka semakin baik pula hasil yang akan diperoleh.


Apa Yang Dapat Dilakukan Oleh Orang Tua?

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menciptakan suatu suasana yang membantu bagi seorang anak:
- Jangan menyuruh anak untuk selalu berbicara dengan tata bahasa yang benar. Biarkan anak untuk berbicara dengan nyaman dan menyenangkan.
- Manfaatkan waktu makan bersama untuk melatih kelancaran berbicara anak. Hindari hal-hal lain yang mungkin mengganggu seperti televisi atau radio.
- Jangan selalu mengkritik anak dengan ucapan seperti “pelan-pelan saja” atau semacamnya. Komentar semacam ini, walaupun diucapkan dengan niat baik, hanya akan membuat anak merasa semakin tertekan.
- Ijinkan anak untuk berhenti berbicara jika ia merasa tidak nyaman.
- Jangan menyuruh anak untuk mengulangi kata-katanya.
- Jangan selalu menyuruh anak untuk berhati-hati dalam berbicara.
- Ciptakan suasana yang tenang di rumah.
- Berbicaralah dengan pelan dan jelas kepada anak.
- Tataplah mata anak bila berbicara dengannya. Jangan melihat kearah lain dan jangan pula menunjukkan kekecewaan anda didepan anak.
- Biarkan anak berbicara dan mengucapkan kalimatnya sampai selesai.
- Yang paling penting adalah: seringlah berlatih! Jadilah contoh yang baik bagi anak dengan selalu berbicara dengan jelas.

cfs/kidshealth.org
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Mengatasi Anak yang Gagap

waw..naiss share buat mbak rikish...

selain yang di posting mbak rikish, yang setahu aku sih secara umum jangan membentak anak itu...nanti malah bingung dan omongannya makin tidak beraturan
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 51

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Mengatasi Anak yang Gagap

Intinya, untuk mengurus anak gagap diperlukan kesabaran, ketenangan, dan suasana yang gembira.....
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Mengatasi Anak yang Gagap

hooooooooo....jadi, penjabaran postingan mbak sigitu panjangnya, intinya cuman ntu yak...


hehe kidding kok... okay yups setuju neng
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 51

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Mengatasi Anak yang Gagap

Iya, panjang juga ya postinganku......
Sengaja buat lebih detilnya lg......
Siapa tau ada yg mau penjelasan yg lebih.......
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Mengatasi Anak yang Gagap

coba megha praktekin deh, makasih nih jeng Rikish dan tante resi atas partisipasinya aku kasih bintang...
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543

__________________






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Mengatasi Anak yang Gagap

Wah, bintangnya ngak nyampe nih non megha..........
DD202KZ
Continent Level

Post: 2.297
 
Reputasi: 93






Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Mengatasi Anak yang Gagap

tuh non, bintangnya dobel, lapis dua pake telor sama susu kental manis semuanya jadi Rp18 ribu.. Loh, ini bintang apa martabak...
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 543

__________________

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Pasutri yang Mendidik Anak-Anak di Wilayah Terpencil Parigi Moutung KalinaMaryadi Politik, Ekonomi & Hukum 1
Indonesia Akt: Aziz Gagap KalinaMaryadi Artis & Infotainment 2
mengatasi penyakit gagap ubay Kesehatan 4
Membantu anak mengatasi rasa takut nurcahyo Kesehatan 3
Paket yang membantu anak-anak pintar berbahasa Inggris EsterAntonia VCD, DVD, Film, Musik & Buku 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.