Rosela Laba di Balik Kesegarannya

Re: Olahan Rosela

2.jpg


Olahan Rosela
1. Cuci kelopak hasil panen dengan air bersih.
2. Belah kelopak rosela dan keluarkan bijinya.
3. Tempatkan kelopak yang telah dikupas di nampan atau alas yang bersih, lalu kering-anginkan selama kurang lebih sehari hingga layu.
4. Masukkan kelopak rosela ke dalam oven hingga temperatur maksimal 800C selama 45 menit.
5. Keluarkan rosela dari oven lalu tiriskan hingga dingin. Periksa tingkat kekeringan dengan meremasnya. Jika kelopak tidak hancur, berarti rosela belum kering. Oleh sebab itu, masukkan kembali rosela ke dalam oven dengan suhu dan waktu sama. Setelah pengeringan kedua selesai, periksa kembali dengan cara sama. Jika sudah hancur, berarti rosela sudah benar-benar kering dan siap olah.
6. Masukkan rosela kering ke dalam mesin penghancur sehingga berbentuk serbuk.
7. Setelah digiling, keringkan kembali serbuk rosela dengan suhu 700C selama 3 jam untuk menghilangkan kadar air akibat lembap saat disimpan. Agar serbuk rosela tahan lama, kadar air maksimal 4%.
8. Kemas serbuk rosela ke dalam kantong celup masing-masing berisi 2,5 g serbuk rosela.
9. Agar higienis, masukkan setiap kantong celup ke dalam plastik berukuran 5 cm x 7 cm, lalu rekatkan hingga kedap.
10. Kemas kantong-kantong rosela celup ke dalam kotak karton. Rosela celup pun siap dinikmati konsumen.
AsWrWb
Pak Nurcahyo.. mohon maaf.. tapi mungkin yang dimaksud suhu oven 80 Celcius dan 70 Celcius kali yach.., karena kalau memang sampai 800 C, maka bukannya kering tapi hangus pak..!! dan juga kalau oven standard tidak ada yang bisa sampai suhu 800 C, kecuali 'tanur' logam, atau 'oven' keramik karena titik lebur aluminium saja cuma sekitar 600 C dan timah hanya sekitar 250 C. demikian Pak, mudah-mudahan saya tidak salah...!! Wassalam
 
Bls: Olahan Rosela

saya sangat tertarik untuk berbisnis teh rosela. tapi terus terang saya tidak mengerti sama sekali, setelah membaca tulisan ini saya mengerti harus menggunakan oven. tapi oven bagaimana yang bisa digunakan dan mesin penghalusnya bagaimana. dan di mana kita bisa mendapatkan oven dan mesinnya??? mohon penjelasannya. terima kasih
 
Back
Top