Olimpiade Sains akan menyortir bibit ilmuwan

Administrator

Administrator
Direktu Pembinaan SMA Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas Sungkowo M mengatakan, Olimpiade Sains diselenggarakan untuk memilih siswa terbaik di tingkat nasional, dan siswa itu juga akan dipersiapkan mengikuti Olimpiade Sains di tingkat internasional tahun depan. Seleksi Olimpiade Sains itu juga dimaksudkan untuk perbaikan mutu pendidikan para lulusan SMA, meningkatkan kompetisi sehat antarsiswa.

‘Pelaksanaan Olimpiade Sains di tingkat nasional diharapkan dapat memotivasi siswa agar lebih gemar belajar sains, dan memacu peningkatan mutu pendidikan, khususnya

sains. Di tengah persaingan global yang membutuhkan banyak scientist muda OSN ajang yang tepat menelurkan bibit baru di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Sungkowo saat pembukaan seleksi tingkat DKI Olimpiade Sains di SMAN 3, Setiabudi, Jakarta, 1 Juni lalu.

Koordinator Olimpiade Sains SMA Suharlan mengatakan, jumlah peserta seleksi tahun ini sebanyak 12.142 siswa. Mereka adalah siswa terbaik yang berhasil lolos seleksi di tingkat kabupaten dan kota.

Seleksi Olimpiade Sains tingkat provinsi 2010 itu dilaksanakan serentak pada tanggal 1-3 Juni 2010 di 33 provinsi, yang meliputi 8 bidang studi, yakni matematika, flsika, kimia,
biologi, komputer, astronomi, ekonomi, dan kebumian (geo sains).

“Pengoreksian seleksi olimpiade sains tingkat provinsi oleh tim pembina akan dilaksanakan pada 14- 19 Juni 2010. Pengumuman peserta yang lolos akan dilakukan pada awal bulan Juli 2010,” ujar Suharlan.

Peserta yang lolos seleksi di tingkat provinsi akan berlaga dalam Olimpiade Sains tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara, pada Agustus mendatang. Mereka yang meraih medali dalam ajang itu berhak mewakili Indonesia dalam seleksi Olimpiade Sains tingkat dunia.







Sumber : Warkot
 
Back
Top