Fenomena "Oedipus-Complex

bla_bla_bla

New member
Fenomena "Oedipus-Complex




203127p.JPG

Normalnya semakin dewasa seseorang, ia semakin mandiri, mampu bertindak dan mengambil keputusan tanpa tergantung pada figur tertentu. Namun, kenyataan menunjukkan, ada pribadi-pribadi yang gagal mencapai perkembangan tersebut. Cukup banyak pria dewasa yang masih berkiblat pada ibunya.

Diskusi hangat mengenai hal tersebut terjadi dalam sebuah kelas Psikologi pada saat membahas konsep oedipus complex dan electra complex. Mahasiswa menjadi asyik membahas beberapa kasus yang mereka jumpai.

Menurut mereka, dibanding electra complex, tampaknya fenomena menyerupai oedipus complex lebih banyak terjadi. Mereka ingin tahu bahwa cukup banyak pria dewasa yang masih bergantung pada ibunya, dan apakah itu dapat disebut gejala oedipus complex.






Kompetisi dengan Ayah

Oedipus complex adalah istilah Sigmund Freud untuk menggambarkan kecenderungan anak laki-laki usia 3-5 tahun (masa phallic) berkompetisi dengan ayahnya untuk mendapatkan perhatian dan kasih sayang ibu; dan dorongan seksual terhadap ibu dikendalikan karena rasa takut akan hukuman dari ayah. Pada anak laki-laki, ketakutan terhadap ayah tersebut mewujud dalam ketakutan akan dipotong penisnya (castration complex).

Sementara itu, electra complex merupakan keadaan yang sama dengan oedipus complex, tetapi terjadi pada anak perempuan. Konsep oedipus complex dan electra complex merupakan bagian dari penjelasan Freud mengenai tahapan-tahapan perkembangan kepribadian (dari lahir hingga akil balik) yang tidak lepas dari adanya libido.

Libido (dorongan erotis-biologis) menurut ahli Psikoanalisis ini tidak muncul secara mendadak pada masa pubertas, melainkan sudah ada sejak lahir dan perwujudannya berbeda-beda menurut tahapan usia. Teori perkembangan dari Freud ini disebut teori perkembangan Psikoseksual.

Dalam teori perkembangan tersebut dinyatakan bahwa seseorang dapat gagal mengatasi konflik yang terjadi dalam tiap-tiap tahapan (oral, anal, phallic, latency, genital). Perkembangannya berhenti dalam tahap tersebut hingga dewasa. Jadi, bila seorang anak pada masa phallic tidak berhasil mengatasi oedipus complex, akan terbawa terus hingga dewasa.

Namun, teori perkembangan Psikoseksual dari Freud tersebut ditentang oleh tokoh-tokoh Psikoanalisis yang lain. Mereka menolak anggapan libido merupakan hal yang mendasari perilaku dan perkembangan kepribadian. Memang, teori tersebut dibangun Freud atas dasar kasus-kasus klinis yang ditanganinya sebagai psikiater, sehingga tidak mencerminkan perkembangan individu yang normal.






Fenomena Anak Mami

Dalam memahami fenomena ”laki-laki anak mami”, kita tidak dapat begitu saja berpegang pada konsep oedipus complex bila dipahami dalam konteks teori Freud (libido mendasari perilaku).

Kita tidak menafikan kenyataan bahwa kasus-kasus incest (hubungan seksual antara anak dan orangtua) terjadi dalam masyarakat, tetapi gejala ”laki-laki anak mami” biasanya tidak sampai pada relasi, bahkan dorongan seksual.

Salah satu kasus adalah pria berusia 35 tahun yang baru saja menikah. Sebutlah namanya Jojo, dosen fakultas ekonomi sebuah perguruan tinggi. Sang istri adalah mantan mahasiswanya. Proses menuju pernikahan berlangsung alot, meski sebenarnya hubungan mereka telah menghasilkan seorang anak laki-laki berusia 3 tahun. Pasalnya ibu Jojo kurang merestui hubungan mereka.

Bagi ibu Jojo (didukung penuh oleh Jojo), meski merupakan wanita baik-baik, Juli (pasangan Jojo) bukanlah pilihan ideal karena berasal dari ras yang berbeda. Juli harus merana sekian lama, membesarkan bayinya sendiri di sebuah kota kecil, disokong oleh sang ayah yang sudah lanjut usia (ibunya sudah wafat).

Saat bayi lahir di rumah sakit, sempat terjadi rebutan antara keluarga Jojo dan Juli. Setelah mengetahui Juli melahirkan bayi yang sehat dan menarik, keluarga Jojo mulai mendekati Juli dengan maksud agar mereka dapat memiliki anak tersebut.

Akhirnya proses menuju perkawinan mulai dibicarakan meski Jojo selalu mengatakan sangat berat kalau harus menikahi Juli. Sejak awal hubungan mereka terseok-seok. Jojo sering mengatakan Juli ”tidak ada apa-apanya” buat dia. Sebaliknya ia selalu memuji ibu dan adik perempuannya. Ia bahkan sering melontarkan sumpah serapah penghuni kebun binatang untuk Juli.

Juli sempat merasa sangat tidak berdaya dan takut menghadapi perkawinannya. Jojo mengharuskan keluarga Juli pun patuh sepenuhnya pada rancangan ibu Jojo. Rencana Juli kuliah S2 (atas biaya sang ayah) dan membangun usaha terancam batal karena ibu Jojo menginginkan Juli bekerja di kantor orang.

Sering ia mengajak berkonsultasi dengan rohaniawan, tetapi Jojo bilang, ”Semua konselormu nggak ada yang bener.” Akhirnya Juli toh menemukan kekuatan. Meski pasangannya tetap berperilaku negatif, ia sudah cukup kuat dan mengerti bagaimana menyikapinya. Itulah sebabnya ia memutuskan menikahi Jojo.






Sulit Mendapat Pasangan

Masih banyak kasus lain yang menunjukkan hubungan lekat ibu dengan anak lelakinya yang sangat eksklusif hingga dewasa. Kasus lain yang unik terjadi pada pria lajang berusia 40-an tahun. Ia sulit menemukan jodoh karena terobsesi akan ibunya. Ia terus menjadikan ibunya sebagai pusat hidupnya.

Setelah ibunya sakit, meskipun ada saudara-saudara lain yang dapat mengurus, ia tetap mengambil tanggung jawab, termasuk memandikan. Ia memperlakukan ibunya seperti benda kesayangan yang mudah pecah, yang harus terus dijaga. Sementara wanita lain yang sempat dekat dengannya dituntut untuk menjadi seperti ibunya.

Pria-pria yang tak sanggup lepas dari ibu umumnya sulit mendapatkan pasangan. Ia akan menuntut pasangannya sama dengan ibunya. Mereka tidak mampu memberikan cinta secara dewasa karena sebenarnya mengalami fiksasi dalam perkembangan, yakni tetap menjadi anak-anak yang memerlukan kasih sayang dan perlindungan dari ibunya.

Dalam menjalin hubungan cinta dengan wanita lain, cinta yang diberikannya berupa cinta kanak-kanak yang masih bersifat egoistis. Konflik akan sering terjadi bila hubungan dengan pria semacam itu dilanjutkan ke jenjang perkawinan.






Karena Ibu Sangat Menguasai

Mengapa fenomena oedipus complex terjadi? Penjelasan dari kalangan Neo-Freudian menegaskan bahwa interaksi sosial merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan kepribadian seseorang, khususnya hubungan anak dengan orang-orang terdekat (significant others). Jadi bukan libido yang menentukan.

Meski tokoh-tokoh Psikoanalisis sesudah Freud (Neo-Freudian) seperti Jung, Adler, Horney, Ericson, atau Hartmann melahirkan konsep perkembangan kepribadian yang berbeda-beda, dalam teorinya mereka sama-sama menunjukkan pentingnya faktor interaksi sosial anak dengan orang-orang terdekat.

Konsep perkembangan kepribadian yang menekankan interaksi sosial seperti ini sesuai dengan teori modern yang disebut object relations theory. Istilah object menunjuk pada orang yang menjadi objek kelekatan anak, khususnya ibu. Teori ini menekankan pentingnya kelekatan awal dalam perkembangan ego seorang anak, citra diri, dan hubungan interpersonal selanjutnya.

Lebih khusus lagi, seorang tokoh yang bernama Mahler menjelaskan (dengan perspektif object relations theory) bahwa proses pemisahan diri secara psikologis seorang anak dengan ibunya sangat menentukan perkembangan psikologis seorang anak. Hal ini terjadi ketika anak mulai ingin melepaskan kelekatannya dari ibunya.

Bila sang ibu menyakiti atau mencoba menolak perpisahan tersebut, perkembangan kepribadian akan terganggu. Nah, penjelasan Mahler ini tampaknya sangat relevan untuk menjelaskan mengapa ada figur dewasa yang tetap mengembangkan kelekatan pada ibunya sedemikian rupa seperti anak-anak.

Sangat mungkin perkembangan kepribadian Jojo disebabkan pola reaksi ibu yang begitu menguasai, dan berusaha ”menggenggam” anak lelakinya sedemikian rupa. Akhirnya anak tidak sanggup lagi melepaskan diri dari kelekatan pada ibunya dan senantiasa merasa membutuhkan perhatian dan pengasuhan sang ibu.

Mengapa banyak terjadi pada pria? Mungkin hal ini berkaitan dengan perbedaan masa-masa kemandirian anak laki-laki dan anak perempuan. Pada masa kanak-kanak, perempuan umumnya lebih cepat mandiri. Namun, pada masa remaja, sebaliknya anak laki-laki lebih cepat mandiri dibanding anak perempuan.

Hal tersebut yang tampaknya membuat pelepasan diri anak perempuan dari ibunya lebih mudah karena sudah terjadi pada saat anak-anak. Sementara pada anak laki-laki, pelepasan emosional dari ibu yang baru terjadi saat memasuki masa remaja mungkin cenderung lebih sulit.

Saat remaja, laki-laki mengalami kesulitan dalam mengembangkan hubungan dengan dunia luar, khususnya teman sebaya, sementara sang ibu bersifat sangat melindungi dan menguasai. Akibatnya, ia menjadi sangat bergantung pada ibunya. @


M.M Nilam Widyarini MSi ( kompas.com )
 
Bls: Fenomena "Oedipus-Complex

waaaah.. keren.. keren artikelnya mbak bla..
sayang udah gak ada bintang ya..??
 
Back
Top