Debat Seru, Degradasi Pamor dan Moral

Status
Not open for further replies.

Administrator

Administrator
Forum Debat Seru belakangan ini mencapai rekor yang memprihatinkan, mungkin bukan karena faktor pembatasan etika dalam berbicara panas dan seru, tapi terlebih kepada pemahaman makna debat yang dikedepankan.

Banyak masyarakat memahami bahwa debat adalah pembicaraan sesukanya tanpa ada unsur seni dan tanggungjawab moral sehingga melanggar etiket berbicara dalam publik. Padahal dalam berbicara yang hidup dalam hal ini originaly debat, adalah pembicaraan yang berbobot dan memiliki nilai estetika berbahasa, seni mengolah kata yang indah sehingga pembicaraan dapat terus berkesinambungan tumbuh dalam harmoni kesukaan pembicara dan pendengar. Hal ini akan menjadikan pembicaraan merupakan kebutuhan dan keindahan yang akan senantiasa terpelihara dalam koridor berbahasa yang tak terbatas. Jadi, para moderator tidak perlu khawatir akan timbulnya pembicaraan yang melanggar etika dan peraturan forum.

Untuk itulah, Abah hendak mengusulkan mengganti forum Debat Seru yang telah terprediket sebagai forum yang menyerempet, dengan kalimat yang masih sedikit asing tapi suci dari konotasi yang menyerempet. Kalimat yang mengandung nilai seni keindahan, ksatria, pemberani, handal mengolah kedigdayaan, majazi dan penuh bertanggungjawab, maka unsur tersebut dapat terangkum dalam kalimat Seni Silat Lidah. Deskripsinya juga perlu dipaparkan seperti yang sudah Abah jelaskan diatas. Sebab, dalam ilmu bersilat juga ada jurus dan pengolahan yang semua orang perlu ketahui, bukan? Lagian, seni silat itu kan Indonesia banget.

Nah, kembali lagi kepada bagaimana pendapat Anda atas usulan ini? [<:)
 
Bls: Debat Seru, Degradasi Pamor dan Moral

setuju bah, forum debat seru harus lebih mengedepankan nilai seni keindahan, ksatria, pemberani, handal mengolah kedigdayaan dan penuh bertanggungjawab dalam berseni silat lidah. Forum ini harus lebih bermartabat dalam segi bahasa dan penjabarannya agar nilai plus dalam sebuah forum jadi lebih menonjol di ruang debat seru ini..
 
Bls: Debat Seru, Degradasi Pamor dan Moral

menurut Kalin.. belum separah itu :)
Kalin tidak menemukan adanya kata-kata kasar di forum Debat Seru.

kalau pun ada..
dulu di II ini ada forum Ribut Yuk. nah.. di situ memang KHUSUS tempat ngomongnya ngalor ngidul kasar kasir dan yaa tak sopanlah..
tp entah mengapa, trus gak ada, dan digabung ama Forum Debat Seru gt..

tp, untuk debatin masalah yang serius-serius.. gak ada tuh yang sampe adu bacot :)
kalau ada kan pasti moderator udah in action :)
hehehehehe :)
 
Bls: Debat Seru, Degradasi Pamor dan Moral

Hmm . . . .
selama yang saya tahu, belum ada yang sampai adu bacot kayak pendapat neng kalin. cuma saya menemukan bahwa di II sering orang berdebat dengan hanya mengandalkan opini pribadi (debat kusir).
disini belum membudaya debat sehat dengan menyertakan sumber berita/referensi nya.
kadangkala saya juga pengin ikut menyumbangkan pendapat di adu debat, tapi setelah saya ikuti kok larinya sama2 nggak mo kalah, sama2 asal mendebat.
jadi saran saya, mod pemangku debat seru harus sering memonitoring para fighter, jika arah perdebatan sudah nggak sehat diingatkan, dan disuruh memberikan sumber data/referensinya.
 
Bls: Debat Seru, Degradasi Pamor dan Moral

Memang sih engga parah, karena para moderator sangat cekatan mengarahkan ke jalan yang benar.

Tapi, dengan forum Seni Silat Lidah ini kita akan lebih meningkatkan seni dan gaya berbahasa masyarakat kepada sastra dan estetika/keindahan berbicara, berdebat atau komunikasi menggunakan majas, pantun atau kalimat yang berbobot (pengolahan kata-kata).

Abah sangat merindukan perdebatan kita berjalan dengan indah dan mulus tanpa pertengkaran. Kita tetap adu argumentasi tapi dengan gaya, jurus yang indah.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top