Belajar SEO? Apa itu SEO
 
Go Back   Home > Webmaster & Digital Marketing

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Belajar SEO? Apa itu SEO

Tips online kali ini akan menjelaskan tentang seo.
SEO singkatan dari ( Search Engine Optimization) adalah pelajaran wajib bagi semua webmaster atau Blogger. Secara Umum SEO ( Search Engine Optimization) adalah usaha usaha yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan rangking website atau blog kita di mata search engine (mesin pencari), atau segala upaya untuk menaikkan SERP (search engine results page). Tujuan utama dari segala macam usaha SEO ini adalah mendapatkan pengunjung atau visitor ke blog atau website kita melalui mesin pencari (search engine) seperti google, yahoo, MSN dan lain-lain. Semakin baik rangking blog atau situs kita di mata mesin pencari, maka akan semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog/website kita. Itulah pentingnya mengapa kita harus belajar seo

Aktifitas seo ada 2 macam yaitu
on-page Seo yaitu segala aktifitas ebmaster didalam mengelola blog atau situs mereka, semua elemen seperti posting, konten, tamplate dll.
of-page Seo yaitu aktifitas yng berlawanan dengan on-page, semisal: memberikn komen kepad webmaster atau bogger lain, submit artikel, gabung diforum-forum, mencari backlink dari blog/website sejenis dan lain2.

Aktifits itulah yang biasa dilakukan para webmaster.

Pengguna internet sebagian besar menemukan situs Anda adalah melalui search engine seperti google atau yahoo. Hanya sedikit yang menemukan situs Anda dengan cara lain seperti menemukan alamat website Anda di website orang lain, tercantum dalam kartu nama Anda atau secara tidak sengaja mengetikkan alamat website Anda di browser.

Jadi jika Anda ingin agar website Anda dikenal atau terkenal, maka cara paling efektif adalah mengusahakan website Anda muncul di search engine. Bagaimana caranya? Anda bisa mendaftarkan alamat situs Anda di masing-masing search engine atau meletakkan link di salah satu website lain yang sudah terdaftar.

Apakah selesai sampai disini? jawabannya tentu tidak. Ada puluhan bahkan ribuan kompetitor yang menjual produk yang sama dengan Anda. Menurut statistik, 84 % pengguna search engine hanya membuka halaman 1 dan 2, yaitu urutan 1-20 besar untuk pasar tersebut. Jadi jika website Anda tidak berada dalam urutan 1-20 maka akan sangat kecil kemungkinannya website Anda akan dikunjungi.

Untuk itu ada aturan dalam search engine yang memungkinkan perangkingan posisi website untuk suatu pasar. Pasar yang dimaksud disini adalah keyword atau kata kunci. Kata kunci adalah kata atau kalimat yang digunakan seseorang untuk mencari sesuatu di Internet. Contoh : nokia N70, jual rumah, atau cari jodoh? hehe.

Ada cara lain untuk bisa mendapatkan pengunjung dari search engine, yaitu menggunakan iklan berbayar. Artinya kita membayar sejumlah uang untuk memunculkan situs kita dihalaman iklannya. Mungkin Anda pernah mendengar tentang Google Adword dan Google Adsense.

Iklan ini akan muncul di sebelah kanan halaman pencarian di Google atau di layanan Google seperti GMail, Google Calendar, Google Reader. Selain itu iklan Anda akan muncul di website lain yang menampilkan iklan Google ( ini yang disebut Google Adsense ).

Kelebihannya apa? Tentunya Anda akan dengan mudah mendapatkan pengunjung, dan kekurangannya adalah tentunya Anda harus membayar sejumlah uang untuk iklan tersebut. Biasanya Anda akan di-charge setiap 1 kali klik terhadap iklan Anda, nilainya tergantung Anda, biasanya kisaran 0,5 USD ke atas.

Namun menurut penelitian lain lagi, 64% pengguna search engine tidak pernah mengklik iklan tersebut. Mereka lebih tertarik dengan hasil pencarian atau sering disebut hasil organik. Dan Anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk bisa tampil di hasil pencarian organik ini.

Namun syaratnya Anda harus bisa menempatkan website Anda di urutan teratas hasil pencarian situs Anda. Untuk itulah maka seo atau search engine optimization digunakan. Seo digunakan untuk mengoptimasi website Anda sehingga website Anda berada di urutan teratas Google.

Seo mempunyai 2 komponen penting yaitu keyword dan link atau tautan. Pemilihan keyword yang baik akan memudahkan Anda mencapai urutan teratas di Google. Dan link akan membantu menentukan popularitas website Anda. Tentunya masuk akal bukan jika banyak website lain yang mereferensikan website Anda kepada pengunjung website tersebut. Ini berarti website Anda populer di mata pengunjung Internet.

Dalam belajar seo maka dua hal di atas perlu Anda pelajari lebih mendalam. Bagaimana cara memilih keyword yang benar, bagaimana cara meletakkan keyword Anda di dalam content atau halaman website Anda, bagaimana cara membuat navigasi yang baik di website Anda sehingga pengguna bisa menemukan seluruh halaman di website Anda, dan bagaimana cara membangun link sehingga link popularity website Anda bagus.
http://tips-ol.blogspot.com
zagisan zagisan is offline
Village Level

Post: 24
 
Reputasi: 0

       
Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.