Membangun imitasi Suasana Pedesaan

lala_lulu

New member
Pemerintah daerah (pemda) diminta untuk mengembangkan industri wisata perdesaan dan kearifan lokal sebagai salah satu produk wisata unggulan daerah, Objek wisata seperti ini sangat potensial mengundang arus wisatawan asing maupun domestik asal digarap sangat serius.

Sekretaris Dirjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) Noviendi Makalam mengatakan, konsep wisata perdesaan berbeda dengan desa wisata yang selama ini sudah ada. “Kalau desa wisata, biasanya turis bisa langsung berinteraksi dengan masyarakat adat. Pada konsep wisata perdesaan, turis sama sekali tidak berinteraksi dengan masyarakat setempat,” ujar Noviendi seusai menutup lawatan sales mission pariwisata Indonesia ke tiga negara ASEAN di Jakarta, kemarin.

Dia juga menyatakan, wisata perdesaan bukan pula bentuk desa rekaan seperti banyak ditemukan pada konsep sejumlah resto dan resor di Bandung. “Desa atau kampung adatnya ada, seni dan budaya keseharian masyarakatnya ada, juga kearifan lokalnya. Tapi agar masyarakat adatnya tidak terimbas akulturasi, pemda dapat membangun semacam area desa imitasi di sekitar desa adat asli. Di sanalah para turis dapat berkeliling dengan suasana seperti aslinya,” jelas Noviendi.

Dia mengungkapkan, konsep wisata perdesaan ini mengadopsi konsep kampung adat masyarakat Mennonite di St Jacobs, Ontario, Kanada. Masyarakat adat di desa kecil tersebut bisa hidup makmur hanya dari pendapatan sektor pariwisata yang mencapai USD5 juta per tahun, padahal mereka sama sekali tidak berinteraksi dengan para turis yang datang.

Para turis hanya mengunjungi desa imitasi yang menyerupai desa asli lengkap dengan rumah-rumah penduduk, toko, dan fasilitas lain. Wisatawan juga diajak mengikuti tur menyaksikan video sarat informasi mengenai sejarah serta kehidupan masyarakat Mennonite dan St.Jacobs, melihat diorama bentuk kamar tidur, dapuir, ruang makan hingga kamar mandi rumah-rumah di sana sehingga akhirnya berkunjung ke souvenir shop.




Sumber : Sindo



Membangun imitasi Suasana Pedesaan, agaknya tema ini yang diusung oleh salah satu iklan sebuah rokok. Ide yang sangat menarik, mesti diawali dari itikad pemda disertai jajarannya dan penduduk termasuk komponen masyarakat yang terjalin harmonis, barulah cita2 tersebut dapat terwujud.

Kumaha lamunan kampung Non Gia dibikin kampung wisata? Muanthaft tenaaan... :finger: :D
 
Back
Top