MERAWAT ALOKASIA: Kuncinya Pada Media Tanam

Status
Not open for further replies.

nurcahyo

New member
MERAWAT ALOKASIA: Kuncinya Pada Media Tanam
Oleh admin

Daerah berbeda, media lain pula. Tergantung suhu dan kelembapan. Membuat alokasia bikin penasaran.
AKHIR-AKHIR INI, FAMILI ARACEAE SEDANG NAIK DAUN. MULAI DARI AGLAONEMA, anthurium, keladi hias hingga philodendron. Berganti-ganti mereka mendominasi percaturan tanaman hias Indonesia.
Klik untuk melihat foto lainnya...
Mengapa famili Araceae menjadi tren? Jika ditelisik lebih jauh, Indonesia memang gudangnya Araceae. Ba-nyak spesies unik bahkan beberapa ada yang endemik. Salah satu famili Araceae adalah alokasia. Walaupun belum menjadi tren, namun beberapa kolektor telah mengoleksinya.

Adalah Waiter Agustin, salah seorang kolektor aneka jenis alokasia di Junrejo, Batu, Malang, Jawa Timur. Saya tertarik dengan bentuk dan warna daunnya yang macam-macam. Juga kalau diperhatikan, corak tangkai daun bermacam-macam, terangnya. Bentuk dasar daun mirip famili Araceae lain, yaitu berbentuk hati. Modifikasi selanjutnya, ada yang membulat seperti telinga, dan meruncing menyerupai anak panah.

Perihal warna, ragamnya juga banyak. Antara lain, ada yang berwarna perak dinamai alokasia silver. Yang hitam bergaris disebut alokasia black velved.
Hal itu juga yang membuat Frankie Handoyo - kolektor anggrek, melirik alokasia. Terkadang daunnya bagus, tetapi begitu dipelihara sungguhan malah busuk lalu tak berdaun, akunya.

Nah, bagaimana sebenarnya cara merawat alokasia?

SUKA HUMUS BAMBU
Bila dilihat dari kerabatnya, alokasia menyukai tempat teduh. Jika diukur kebutuhan cahaya, hanya membutuhkan 400 foot candles. Atau kira-kira cahaya di bawah naungan net 60%. Di habitat aslinya, alokasia tumbuh di bawah naungan pohon besar dan lembap. Sedangkan suhu idealnya sekitar 20-25 ?C. Jadi cukup sejuk. Sebagai gambaran, suhu siang hari di Jakarta normal-nya sekitar 30 - 32 ?C.

Tetapi 'teori' itu tidak selamanya bisa diterapkan di setiap tempat. Makanya, beberapa hobiis merasa kesulitan menumbuhkan alokasia. Saya pernah mendapat alokasia dari Kalimantan, dibalut tanah padat tumbuh bagus. Begitu dipindahkan ke media yang bagus, malah mati, aku Frankie.

Padahal seharusnya, alokasia tumbuh bagus di media berhumus. Di habitat aslinya, alokasia tumbuh di seresah daun. Akarnya yang lunak mudah menembus pada media semacam itu.
Frankie menyimpulkan, media paling bagus menggunakan kompos daun bambu. Kemudian dicampur dengan tanah lempung. Lebih bagus lagi, jika tanah itu berasal dari lokasi asal alokasia. Disarankan untuk tidak diberi pasir malang. Kendati dapat membuat porus, namun agaknya tidak disukai alokasia.

Sementara Walter menggunakan media lebih sederhana. Hanya campuran kompos, tanah, dan sekam men-ah. Dengan media ini, alokasianya tumbuh bagus. Barangkali ini disebabkan karena lokasi. Di Batu yang berhawa sejuk dan lembap cukup dengan media semacam itu.
Selanjutnya untuk penyiraman, jangan terlalu sering. Yang jelas alokasia tidak suka basah tetapi suka lembap. Jika udara terasa kering, siram di sekitar pot agar lembap.

AWAS CENDAWAN
Pupuk buatan tidak mutlak diperlu-kan. Paling-paling hanya pupuk daun diberikan dua minggu sekali. Selama humus atau kompos masih tersedia di dalam media, pemupukan tidak perlu dilakukan.

Yang perlu diwaspadai adalah hama dan penyakit. Di Jakarta, hama kutu putih (millibug) kerap menyerang. Menempel di balik dedaunan yang menyebabkan daun menguning lalu mati. Jika ditemukan hama ini, lekas ambil dengan tangan. Jika banyak, perlakuan insektisida diperlukan.

Selain hama, penyakit cendawan merupakan musuh utama. Tiba-tiba daun membusuk dan cepat sekali menjalar. Yang paling gawat jika menyerang umbi. Gejalanya tidak dikenali. Jika daun sudah kuning, ternyata umbinya sudah rusak berat. Untuk menghindarinya, jangan sampai me-nyiram berlebihan. Satu lagi, jika memisahkan anakan yang menimbulkan luka, olesi luka itu dengan fungisida. Dengan demikian cendawan ogah menyerang. *

TIPS: MENCEGAH DORMAN
Beberapa spesies alokasia kerap mengalami dorman. Tiba-tiba tanaman mengering, lalu lenyap dari permukaan tanah. Kalau digali umbinya masih segar, berarti tanaman itu belum mati, hanya dormansi. Tentu saja ini mengecewakan para hobiis. Cara mencegahnya?

Kalau media masih banyak mengandung humus, dormansi tidak terjadi, kata Frankie. Karena dormansi merupakan mekanisme tanaman untuk bertahan hidup dari kondisi minimal hara. Makanya, setiap 6 bulan sekali media harus diganti. Tidak perlu repotting, asal humusnya tetap tersedia.
 
Alokasia Tanaman Mahal Euy!!





Hey Tau gambar tanaman Diatas gak?

Waduh aku jadi merasa bersalah, habis dulu tanaman ini sempet aku abaikan. Gak disiram ataupun diberi perawatan. Akhirnya sekarang aku sadar kalau tanaman-tanaman itu punya daya jual yang sangat tinggi.




 
Re: Alokasia Tanaman Mahal Euy!!

wekss masa seh klo mahall..... kayaknya bunga ini mirip yumbuhan talas dehh
 
Re: Alokasia Tanaman Mahal Euy!!

eh...yg dibahas ini apa..jenis alokasia? apakah senthe wulung...to yg laen
 
Re: Alokasia Tanaman Mahal Euy!!

katanya sih namanya alokasia...
Dulu lantaran kesel sama nenek, beberapa tanaman ini gw rebus dan gw jadiin Urab.. Pas nenek gw nyadar, eh dia malah Nyengir makan tanamannya sendiri...
Sorry ya nek, oGut gak tau kalo tanaman ini bisa nyampe 232 juta.
 
Re: Alokasia Tanaman Mahal Euy!!

Saya juga senang dengan alocasia. tetapi tidak selalu harus yang mahal.
Sya lebih suka mencari yang langka lalu saya mengembangkannya sendiri dengan memeliharanya dangan hati-hati dan penuh perhatian... tapi pada tanaman tertentu kadang-kadang masuk juga pada jenis caladium. Apakah mreka ini berasal dari akar yang sama?
 
Re: Alokasia Tanaman Mahal Euy!!

katanya sih namanya alokasia...
Dulu lantaran kesel sama nenek, beberapa tanaman ini gw rebus dan gw jadiin Urab.. Pas nenek gw nyadar, eh dia malah Nyengir makan tanamannya sendiri...
Sorry ya nek, oGut gak tau kalo tanaman ini bisa nyampe 232 juta.

Wahahaha...Parah neh, masa tanaman kayak gitu dijadiin makanan :D
Emang beneran mahal ??? Emak gwe punya banyak noh dirumah... <<3)
 
Re: Alokasia Tanaman Mahal Euy!!

Wah... beruntunglah kalian yang memiliki tanaman ini, selain mahal tanaman ini yah... terbilang langka :)( Aneh... dulu jamannya Naoimi masih TK tanaman ini banyak banget bahkan udah kayak tanaman Liar. Tapi sekarang?? Buseeeeet harganya jutaan!!
 
JUAL SENTHE HITAM, UKURAN 30-40 CM HARGA 75 RB, 50-60 CM HARGA 100 RB, 1 M HARGA 300 RB (masih bisa nego). Hubungi Salman (08561126749/
kabarbaik_salman@y ahoo.com), alamat : Jl. H. Montong 37 Ciganjur Jaksel.
 
memang sekararang alokasia lg naik Daun tapi kita harus tahu cara perawatannya ,tolong dong kasih cara merawat yang baik.thaks
 
Hallo sobat kalau mau tanaman alokasianya bagus,kita harus rajin2 memberi obat tanaman,dijamin bagus euy..heeeeeee.coba anda peraktekan di rmh.dear boncos alpacino.daun saga ma lilin lagaluh tuh kecilin.
 
aku punya beberapa alokasia,dan saat ini aku sedang cari temen buat tukeran alokasia sama jenis yang berbeda.aku suka alokasia krn daunya bagus dan lebih unik dibanding jenis talas lain....
 
uhh,metal sekaliiii,tau gak,alokasia apa yang batangnya bergaris hitam & hijau vertikal??
 
kalo tau nama alokasia yang berbatang garis hijau hitam vertikal tolong kasih tau,semoga menjadi amal anda...oxpaper@yahoo.com.... matur nuwun,tengkyu,sie sie ,arrikato....
 
Bls: MERAWAT ALOKASIA: Kuncinya Pada Media Tanam

klo alokasia black (cyrtosperma johnstonii) yg batangnya ada durinya belang spt kulit macan trus urat daunnya merah rata menyebar...apakah jg sm habitatnya? klo hny pake media campuran klenteng dan humus daun (humus prod watu blorok mojokerto) apakah subur jg komposisinya? tlg dunk tipsnya agar tanaman alokasia black jackku tumbuh subur krn warna merah pd urat daunnya makin dewasa makin pudar...thanks
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top