Belajar Bahasa Belanda Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Belajar Bahasa Lain
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Belanda

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
hoo keren, lagunya kok kayak dah ada bahasa Indonesianya yak..hihi ada kue lapis segala..

terjemahin sekalian donk mbak lagunya
Lagu itu memang lagu tentang Indonesia yang dinyanyikan oleh artis belanda tempo dulu, dan cukup terkenal lagunya. Ini terjemahannya kira2 begini :

ketika kami direpatriasi dari lingkaran/rantaian jamrud
kami kan tidak pernah berpikir bahwa Belanda begitu dingin
tapi yang paling parah adalah makanannya
lebih parah daripada dalam perjalanan
kentang2 (rebus), daging dan sayur (rebus), dan gula (pasir) di atas nasinya

berilah saya nasi goreng dengan telur goreng saja
sedikit sambal, sedikit kerupuk dan segelas bir yang baik
berilah saya nasi goreng dengan telur goreng saja
sedikit sambal, sedikit kerupuk dan segelas bir yang baik

bukan lontong, bukan sate babi, dan bukan suatupun yang merasakan pedas
bukan trasi, bukan serundeng, bukan bandeng dan bukan tahu petis
kue lapis, onde-onde, bukan ketela atau bakpao
bukan ketan, bukan gula-jawa, karena itu, ya, sekarang saya berkata ...

kini saya sudah biasa ya, dengan kol keriting itu pakai sosis
dengan hutspot pakai klapperstuk, dengan susu untuk hausnya
dengan stamppot pakai andewi, dengan kol2 mini, sup ercis
tapi yang paling enak kan adalah nasi, ya, dan karena itu saya masih berkali-kali memanggil ...

===
hutspot = makanan yang isinya pure kentang rebus, daging sapi, bawang merah, dan wortel
klapperstuk = klapstuk = dagiang sapi, bagian rusuk
stamppot = hidangan dari kentang rebus yang dilumatkan dan dicampur dengan sayur

-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117

 






Reply With Quote     #12   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Belanda

huoo iya,,iya,,setelah aku perhatiin, ada nasi gorengnya...

huoo kayaknya aku tahu, yang nyanyi cewek ya mbak..
hihi lucu lagunya, btw kasih bonus judul dan nama penyanyinya donk mbak
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #13   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Belanda

Yang nyanyi Wieteke van Dort, judulnya Geef Mij Maar Nasi Goreng.
Mau donlot? Silahkan, Jeng...http://www.###########.com/Wieteke_V...si_Goreng.html

-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #14   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Belajar Bahasa Belanda

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
O ya, Megha mau belajar yang gimana? dari cara membaca mau?
Mungkin aku bisa bantu..

-dipi-

Maaaaauuuuuuuuu mau banget tante...


hehehe jujur aja penyebutan kata dalam bahasa eropa-belanda agak sulit buat aku ajarin ya tante ajarin yah.. yah.. yah...
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________






Reply With Quote     #15   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Belanda

dari yang sederhana dulu aja ya? eh tapi nggak tau deh cara mengajari nya ini bener atau enggak. Yang penting bener aja ya?
Soalnya aku nggak tau kalo yang diajarkan dikursus2 itu pake metode yang gimana. hehehe.

Kita mulai aja dari pengucapan..

Pengejaan huruf-huruf dalam Bahasa Belanda, sama seperti huruf di Bahasa Indonesia, kecuali :
C = diucapkan se (seperti pada kata setan)
G = diucapkan HE, tapi mengucapkan h seperti mau buang dahak
J = diucapkan YE
Q = Ku
W = wei
X = ix
Y = ai

Cara Pengucapan :

Vokal :
a, diucapkan seperti a tapi pendek
a/aa, diucapkan seperti a namun panjang
auw, diucapkan seperti ow
e, diucapkan seperti e
e/ee, diucapkan seperti ei
er, dipermulaan kata diucapkan seperti r tapi diantara dan diakhir kata diucapkan seperti er pada kata english “water”
eu, diucapkan seperti eu
i, diucapkan seperti i
ie, diucapkan seperti ie
ij/ei, diucapkan seperti ai
o, diucapkan seperti o
oe, diucpakan seperti u
oo, diucapkan seperti ou
ou/au, diucapkan seperti au
u, diucapkan seperti u
u/uu/uw, diucapkan seperti u
ui, diucapkan seperti aw

Konsonan :
b, diucapkan seperti p namun lemah
c, sebelum konsonan atau a,o,u, diucapkan seperti k. Sebelum e dan i, diucapkan seperti s
ch, diucapkan seperti euh (mengucapkan h seperti g dibahasa belanda) seperti pada kata inggris, loch
chtj, diucapkan seperti ch kemudian diikuti y
d, biasanya diucapkan seperti t
g, diucapkan seperti he (lihat cara pelafalan di atas)
j, diucapkan seperti y
nj, diucapkan seperti ny
r, diucapkan seperti r
sj, diucapkan seperti sy
sch, diucapkan seperti s diikuti pengucapan ch dalam bahasa belanda
th, diucapkan seperti th atau seperti t pada kata inggris tea
tj, diucapkan seperti c
v, diucapkan seperti f
w, diucapkan seperti w namun lemah, terdengar seperti v

Coba itu dipelajari dulu Megha, moga2 dari daftarnya itu nggak ada yang tertinggal, tapi nanti kalo ada yang tertinggal aku tambahin.

Dat kan we me voorstellen, Nederlands is erg moeilijk (Bisa kita bayangkan, bahasa belanda itu sangat sulit)
Maar Ik vind het leuk om je hier Nederlands te leren. (tapi saya suka sekali mengajarkannya kepadamu di sini)

-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #16   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Belajar Bahasa Belanda

Aha... i see.... ahahaaayy akhirnya tau juga

Kutip:
Dat kan we me voorstellen, Nederlands is erg moeilijk (Bisa kita bayangkan, bahasa belanda itu sangat sulit)
Maar Ik vind het leuk om je hier Nederlands te leren. (tapi saya suka sekali mengajarkannya kepadamu di sini)
waduh kalau yang ini bagaimana cara bacanya yah walah walah..
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________






Reply With Quote     #17   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Belanda

Lanjut dikit2 ya?

Kata ganti orang:
ik = saya / aku
je / jij = kamu / engkau / anda
hij = dia (hanya untuk orang laki-laki)
zij = dia (hanya untuk orang perempuan)
u = Bapak / Ibu / Tuan / Nyonya / Saudara / Bapak-bapak / Ibu-ibu / Saudara-saudara
we / wij = kami / kita
jullie = kalian
zij / ze = mereka

Aplikasi pada kalimat, contohnya :

Contoh:
Ik ben Megha = Saya adalah Megha
Jij bent Megha = Kamu / anda adalah Megha
Hij is Paijo = Dia adalah Paijo (laki-laki)
Zij is Dipi = Dia adalah dipi (perempuan)
U bent mevrouw Van Gudel = Ibu adalah nyoya Van Gudel
U bent meneer de Vries = Bapak adalah tuan de Vries
Wij zijn Karin en Jan = Kami / kita Karin dan Jan
Jullie zijn Karin en Jan = Kalian Karin dan Jan
Zij zijn Karin en Jan = Mereka Karin dan Jan

Note : yang aku bold itu kalo dalam bahasa inggris sering kita sebut dengan To be.

-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117

Megha: makasih udah ngajarin kau bahasa belanda, lagi dong ajarin aku ;)





Reply With Quote     #18   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Belanda

kereenn.....nyimak ahh
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #19   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Belanda

Dank u, Resi.

Lanjut dikit ya...

Penulisan kata benda tunggal dan jamak
Contoh :

Penulisan untuk kata benda diatas dari tunggal ke jamak dengan memberi tambahan -en atau -s

Tunggal=========>Jamak

Boek===========>Boeken : Buku
Taart===========>Taarten : Kue
Woord==========>Woorden : Kata
Land===========>Landen : Negara
Tafel===========>Tafels : Kamar
Kamer==========>Kamers : Meja
computer========>Computers : Komputer

Untuk kata benda tunggal yang huruf terakhirnya s atau f bentuk jamaknya s berubah menjadi z, dan f berubah menjadi v dan dengan menambahkan -en
Contoh :

huis menjadi huizen (rumah)
muis menjadi muizen (tikus)
glas menjadi glazen (gelas)
druif menjadi druiven (anggur)
graf menjadi graven (kuburan)

Ada juga kata2 tunggal menjadi jamak yang menambahkan huruf belakangnya lalu ditambahkan -en.
contoh :

man menjadi mannen (Pria)
bril menjadi brillen (kaca mata)
jas menjadi jassen (jas/jaket)
tas menjadi tassen (tas)

bersambung...

Ik heb eigenlijk een hekel aan Nederlands... Wat een moeilijke taal, zeg


-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #20   Report Post  

Bls: Belajar Bahasa Belanda

humm kalau dilihat-lihat, strukturnya sama dengan bahasa Indonesia lho ya mbak....

ga sesulit bahasa inggris kayaknya, asal hafal vocabnya
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Belajar Bahasa Hokien beast666 Chinese/Mandarin 40
Belajar bahasa Sunda yuk!!! chika2 Belajar Bahasa Lain 77
Yuk belajar bahasa Indonesia Forbian_Syah Sekolah & Pelajaran Sekolah 4
Belajar Bahasa Indonesia Gia_Viana SMP/MTs Kelas 8 7
Belajar bahasa yuk.. ^^, wahyucaqeuep Quiz dan Teka-Teki yang Sudah Selesai 41


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.