Konglomerat dianjurkan memberi separuh warisan

Status
Not open for further replies.

Administrator

Administrator
Pledge (Memberi Janji).Tema itu sesuai dengan seruan mereka agar para miliarder memberikan separuh kekayaan selama kehidupan mereka atau setelah meninggal.

Dalam sebuah surat yang terpasang dalam situs kampanye itu, www.givingpledge.org, Buffett mengatakan “dia tidak akan lebih senang ”dengan keputusan pada 2006 untuk memberikan 99% kekayaannya kepada The Bill & Melinda Gates Foundation dan yayasan keluarga. “Sekarang, Bill dan Melinda Gates serta saya meminta ribuan orang kaya AS untuk berjanji memberikan sedikitnya 50% dari kekayaan mereka untuk amal,” ujar Buffett, 79.

Buffett mengungkapkan,sejauh ini sekitar 20% sahamnya di Berkshire Hathaway, termasuk saham atas nama mendiang almarhumah istrinya, Susan, telah didistribusikan kepada lembaga amal, Kini, dia juga akan menyalurkan 4% saham yang másih dimilikinya kelembaga amal. “Terbaru, semua saham saya di Berkshire akan diperuntukkan bagi kepentingan filantropi selama 10 tahun setelah perusahaan saya berdiri,” katanya.


Adapun Bill Gates dan Melinda Gates telah menyumbangkan lebih dari USD28 miliar atau Rp 254,38 triliun ke yayasan mereka, Sejak didirikan pada 1994, yayasan tersebut telah menyalurkan USD 22 miliar atau Rp 199,87 triliun untuk peningkatan kesehatan di negara miskin dan meningkatkan akses bagi warga AS untuk meraih kesuksesan di sekolah dan kehidupan.

Buffett merupakan orang terkaya ketiga di dunia versi Forbes dengan kekayaan mencapai USD 47 miliar atau Rp 426,99 triliun. Adapun Bill Gates menduduki peringkat kedua dengan nilai kekayaan USD53 miliar atau Rp 481,50 triliun.Masih menurut Forbes, sekitar 403 miiarder merupakan warga negara AS.

Kampanye Gates dan Buffettt The Giving Pledge tidak menerima uang tunai, tetapi hanya meminta para muliarder membuat komitmen moral untuk memberikan kekayaan mereka ke lembaga amal. “The Giving Pledge diinspirasi oleh contoh yang dibuat jutaan warga AS yang memberi dengan ikhlas untuk menciptakan dunia yang lebih baik,” tuturnya.

Menurut istri Bill Gates, Melinda Gates, tujuan The Giving Pledge adalah membantu menciptakan harapan di masyarakat bahwa orang kaya harus memberikan harta kekayaan mereka. Lembaga itu juga menciptakan kelompok orang kaya yang dapat memberikan bantuan filantropi.


Sumber : Sindo
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top