Tips bila listrik korsleting
 
Go Back   Home > Elektronik

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

Sponsored Links
 


 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Tips bila listrik korsleting

Biasanya para ibu menyerahkan urusan listrik pada kaum pria. Tapi bagaimana

jika listrik korsleting saat suami tidak ada? untuk mengatasinya,anda bisa

mengikuti langkah2 dibawah ini:

1.Matikan semua sakelar dan alat2 elektronik,spt lampu,televisi,tape,dll.

2.Jangan langsung menaikan sekering saat terjadi korsleting karena bisa

menyebabkan arus pendek listrik yang mengakibatkan kebakaran.

3.Setelah sakelar dimatikan,barulah naikan sekering untuk menghidupkan

listrik.

4.Nyalakan sakelar dan barang elektronik satu persatu.Dengan begitu bisa

ditemukan barang elektronik yang menjadi penyebab listrik korsleting.

5.Sebelum diperbaiki jangan nyalakan barang elektronik yang bermasalah

So Be Careful

4.
srimaryani81
srimaryani81 srimaryani81 is offline
Village Level

Post: 99
 
Reputasi: 75

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Tips bila listrik korsleting

hhehhehe, suaminya orang PLN to jeng?
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Tips bila listrik korsleting

ane mau tanya kal0 seumpamanya udah terjadi kebakaran apa yg musti dilakukan apa langsung disiram air kan di situ ada listriknya apa gimana ya?
hidayatn82
hidayatn82 hidayatn82 is offline
City Level

Post: 116
 
Reputasi: 1






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Tips bila listrik korsleting

[quote=resi_dj;619399]hhehhehe, suaminya orang PLN to jeng?


suamiku seorang programmer non resi...kebetulan ini kasus pengalamanku sendiri saat miswa masih dikantor,benar2 bikin jantung mau copot
srimaryani81
srimaryani81 srimaryani81 is offline
Village Level

Post: 99
 
Reputasi: 75

resi_dj: siip seneng bisa ketemu ibu rumah tangga yg ngerti kelistrikan di hum nya :)





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Tips bila listrik korsleting

Kutip:
Oleh hidayatn82 View Post
ane mau tanya kal0 seumpamanya udah terjadi kebakaran apa yg musti dilakukan apa langsung disiram air kan di situ ada listriknya apa gimana ya?

kalau terjadi korsleting listrik otomatis sekering turun mas...aliran listrik dah gak ada ,bila memang terjadi percikan api pada sumber yg menjadi penyebab korsleting spt contoh TV..yah kita padamkan dengan karung goni yang dibasahi air.kebakaran besar itu terjadi jika terjadi korsleting listrik tidak mengikuti langkah2 yg saya tulis diatas,artinya bila sekering turun disertai dentuman trus kita buru2 naikan sikring itulah yang fatal
srimaryani81
srimaryani81 srimaryani81 is offline
Village Level

Post: 99
 
Reputasi: 75






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Tips bila listrik korsleting

Kutip:
Oleh srimaryani81 View Post
kalau terjadi korsleting listrik otomatis sekering turun mas...aliran listrik dah gak ada ,bila memang terjadi percikan api pada sumber yg menjadi penyebab korsleting spt contoh TV..yah kita padamkan dengan karung goni yang dibasahi air.kebakaran besar itu terjadi jika terjadi korsleting listrik tidak mengikuti langkah2 yg saya tulis diatas,artinya bila sekering turun disertai dentuman trus kita buru2 naikan sikring itulah yang fatal
huooo penjelasan yang cukup mantuaabb...

humm cuman, setahu aku sih mbak, TV itu bukan penyebab korsleting, yang namanya korsleting ini disebabkan karena adanya 2 kabel sumber tak sejalur yang menyatu, nah biasanya disebabkan karena kualitas isolasi kabelnya sudah jelek, atau kalau ga gitu ada hewan yang kebetulan jadi penghantar buat menghubungkannya.
Dan sebetulnya kasus korsleting yang kebanyakan selalu dikambing hitamkan jika ada kebakaran ini jarang sekali untuk terjadi. mengingat pengertin korslet tadi.

Nah kasus TV bisa disalahkan saat kebakaran tadi, kemungkinan saat itu adanya penyalaan beban secara bersamaan, lalu ditambah menyalakan TV sehingga bikin sekring anjlok/ off. Sebetulnya juga yang mematikan ini dari MCB nya (pengaman atasnya sekring). karena dengan adanya beban yang full menyebabkan arus naik, dan kenaikan arus ini dibatasi dan ditanggulangi oleh MCB.


hummm keren mbak..lanjutkan
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

Gia_Viana: mbak rhesi yang cantik
__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Tips bila listrik korsleting

non resi bener sekali...kasus yang terjadi pd saya sendiri itu memang beban yang melebihi kapasitas.pemilik rumah lama saya itu ternyata berbuat curang,dg daya 900 menggunakan MBC 10 amper,gile...pantesan aja AC dll bisa bertahan,yah itulah akhirnya jebol juga...dari situlalah saya baru tahu masalah listrik dari petugasnya.Kini daya listrik sudah saya naikan 1300 MBC-nya hanya 6 amper
srimaryani81
srimaryani81 srimaryani81 is offline
Village Level

Post: 99
 
Reputasi: 75

Gia_Viana: selamat bergabung di ii.comresi_dj: kereeeen





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Tips bila listrik korsleting

huwaa jeng sri keren...
hehe...jadi sepakat ya mbak..klo masalah TV tadi bukan korsleting?!

humm sesuai semboyannya "Electricity for better life" kalau dicurangi ya malah danger for life

sip deh mbak, seneng bisa sharing dengan dirimu

2 rep 'cake pandan' special dariku buatmu...
resi_dj
resi_dj resi_dj is offline
World Level

Post: 10.824
 
Reputasi: 53

__________________
Putri PetiR


Recent Blog: I'm Allive   





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Tips bila listrik korsleting

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
huwaa jeng sri keren...
hehe...jadi sepakat ya mbak..klo masalah TV tadi bukan korsleting?!

humm sesuai semboyannya "Electricity for better life" kalau dicurangi ya malah danger for life

sip deh mbak, seneng bisa sharing dengan dirimu

2 rep 'cake pandan' special dariku buatmu...

thk...non resi paketnya,ngomong2 ada lho bola lampu merek terkenal klo dah mau mati die bikin korslet listrik,tiba2 mletup dan listrik langsung padam .merk C******,aku ngga berani pake lagi dah pengalaman.
srimaryani81
srimaryani81 srimaryani81 is offline
Village Level

Post: 99
 
Reputasi: 75






Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Tips bila listrik korsleting

Kutip:
Oleh srimaryani81 View Post
kalau terjadi korsleting listrik otomatis sekering turun mas...aliran listrik dah gak ada ,bila memang terjadi percikan api pada sumber yg menjadi penyebab korsleting spt contoh TV..yah kita padamkan dengan karung goni yang dibasahi air.kebakaran besar itu terjadi jika terjadi korsleting listrik tidak mengikuti langkah2 yg saya tulis diatas,artinya bila sekering turun disertai dentuman trus kita buru2 naikan sikring itulah yang fatal
waaaa.. emang boleh pake karung goni basah..???
baru tau...
popoi
popoi popoi is offline
Continent Level

Post: 6.094
 
Reputasi: 31

__________________
The one and only pop


Jangan pernah menyerah dalam melakukan hal - hal yang baik
www.masterpunker.blogspot.com

Recent Blog: Keracunan RC   
Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tips Hemat Penggunaan Listrik nurcahyo Elektronik 0


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.