Burung Nuri Sholat, Tren Glamour Baru Di Arab Saudi

jmw01

New member
DUBAI - Burung nuri saat ini diajari untuk menghafalkan Al-Qur'an dan melakukan gerakan sholat; tren yang terjadi di Arab Saudi dan menghasilkan banyak uang.

nuri_cac.jpg

"Mengajarkan ayat Al-Qur'an pada burung nuri bukan hal baru, kembali pada delapan tahun lalu ketika orang mulai mengajari burung nuri untuk bernyanyi, dan kemudian tren mengajari mereka Al-Qur'an muncul," ujar Abd Al Rahman al-Arwan, salah seorang amatir yang memelihara burung nuri.

"Sekarang ketika seseorang tahu ada orang yang punya burung nuri, pertanyaan pertama pada pemiliki nuri itu apakah burung nurinya sudah menghafal beberapa ayat dari Al-Qur'an, jika jawabannya tidak, mereka akan menjawab dengan cepat bahwa burung nurinya tidak layak dihargai mahal," al-Arwan menambahkan.

Ayat adalah bagian terpendek dari teks Al-Qur'an dalam frase atau kalimat, sementara Surat adalah bagian dari teks Al-Qur'an dalam bentuk bagian-bagian, terpisah dari teks sebelum dan sesudahnya.

Jika burung nuri itu menghafal ayat-ayat dari Al-Qur'an dengan pengucapan yang jelas, harganya akan berkisar antara 12-13 ribu Riyal, dan jika burung itu memiliki hafalan Surat dalam memori cerdasnya, harganya akan naik sampai 20 ribu, bagaimanapun harganya akan naik lebih tinggi jika burung itu dapat membacakan Surat dan sambil melakukan sholat, dan mengucapkan panggilan "Labbaik Allahumma Labbaik" yang diucapkan dengan lantang oleh umat Muslim saat melakukan haji, salah satu dari lima rukun Islam, yang secara harfiah berarti "kami penuhi panggilanMu ya Allah". Ujar al-Arwan.

"Perlahan-lahan setiap hari saya mengajari burung nuri itu satu ayat, dan terus berlanjut untuk hari-hari berikutnya, sampai ia menghafal seluruh surat. Pada saat saya mengajari burung nuri itu dengan membandingkan dengan jawaban saya, saya bisa menanyai burung nuri itu, "siapa tuhanmu?" untutk mengajarinya mengatakan Allah, dan saya mengulangi pertanyaannya, atau burung nuri itu menanyakan pada saya pertanyaan yang sama dan saya menjawab "Allah", dia menambahkan.

Burung nuri tua dan muda memiliki kemampuan yang berbeda dalam belajar. Burung muda bisa mulai dengan kata sederhana seperti "hello" atau "Baba" (bahasa Arab untuk Ayah), sementara burung tua bisa mulai dengan ayat dan kalimat panjang.

Juga, waktu terbaik untuk mengajari burung cerdas ini kosa kata dan bicara adalah di pagi-pagi buta, sejalan dengan puncak vitalitas burung tersebut, dan saat kewaspadaannya, al-Arwan menjelaskan, menambahkan bahwa burung itu sangat loyal dan sensitif.

"Burung nuri itu tahu pemiliknya walaupun pemiliknya mengubah tempat, dan jika si burung tau bahwa pemiliknya tidak berbicara pada orang tertentu, burung itu juga akan mengikuti. Burung itu juga bisa berhenti bicara jika makanannya diganti," ujarnya.

Harga tertinggi untuk seekor burung nuri sejauh ini adalah 40.000 Riyal Saudi atau sekitar 10.600 dolar.

Abdel-Rahman Aeroan adalah pelatih burung di Saudi Arabia, saat ini dia berhasil melatih beberapa tipe burung nuri, dan bisa mengajari mereka menghafal beberapa ayat Al-Qur'an dan panggilan sholat juga.

Aeroan menceritakan tentang pengalamannya.

"Hubungan saya dengan burung dimulai 19 tahun lalu, ketika saya membuka dialog dengan mereka. Tapi setelah enam atau lima tahun, saya tahu bagaimana menghadapinya dan cara melatihnya. Jadi jika salah satu dari mereka itu kecil, saya harus memulainya dari baru, dan jika tua, saya memberikannya kalimat panjang."

Aeroan juga berkomentar tentang perbedaan antara burung nuri Afrika dari spesies lain karena burung nuri Afrika paling bagus bicaranya dan menirukan suara. Dalam poin lainnya Aeroan mengatakan cara terbaik untuk melatih burung nuri adalah dengan banyak bicara dengannya dan juga memberikan waktu yang cukup baginya setelah fajar dari jam 7 sampai jam 8.

Itu karena burung itu baru saja bangun dan sangat aktif, oleh karena itu kita harus berbicara dan memberikannya kata-kata yang ia inginkan, dan mengulanginya setelah beberapa jam atau setengah jam, bergantung pada waktu luang Anda juga. Selain itu Anda harus bicara dengannya ketika ia makan. Tapi harus mengulanginya lagi lain waktu.

Dan tentang harga burung nuri itu Aeroan mengatakan: "Jika burung nuri menghafal ayat Al-Qur'an dan suaranya jelas, maka harganya berkisar lebih dari delapan ribu Riyal Saudi, dan jika ia menghafal satu surat harganya delapan atau sembilan ribu riyal, jika ia hafal 2 surat, maka harganya bisa sekitar 12ribu hingga 13 ribu riyal dan seterusnya."

Akhirnya Abd Alraman Aeoran memperingatkan pecinta burung nuri tentang pendingin ruangan (AC) karena udara dingin dapat membuatnya sakit, itu karena burung nuri Afrika berasal dari area tropis hangat.

Jadi tempat terbaik untuk menempatkannya adalah diantara ruangan dengan panas sedang. (raz/ala/av)

Sumber: suaramedia
 
Bls: Burung Nuri Sholat, Tren Glamour Baru Di Arab Saudi

Iya nih kayanya menjanjikan yaa..
 
Back
Top