Serba-serbi PRJ

Den_Machmood

New member
Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair 2010 yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2010, merupakan Event pameran, promosi bisnis, dan pagelaran seni budaya terbesar di Indonesia. Pada kesempatan tersebut diikuti oleh 2.500 perusahaan, dari 27 propinsi, dan ratusan pengusaha kecil serta koperasi dari seluruh Indonesia.

Jakarta Fair diselenggarakan di Arena Pekan Raya Jakarta, yang berlokasi di kawasan eks Bandara Kemayoran Jakarta Pusat. Event ini menjadi ajang promosi bisnis, pameran, dan hiburan terbesar selama 32 hari atau dengan durasi waktu paling lama di Indonesia. Jakarta Fair diselenggarakan untuk ke 43 kalinya dalam rangka memperingati HUT Kota Jakarta Ke-483.

Untuk menjangkau arena PRJ kita dapat menggunakan kendaraan umum yang menuju kampung melayu. Bila kita diturunkan disuatu tempat yang bukan trayeknya yang melintasi arena PRJ kita masih bisa menyambung dengan kendaraan ojek motor Rp.5000. Tandanya bila kita telah tepat sasaran menuju arena PRJ adalah dengan adanya para pedagang makanan khas Betawi yaitu kerak telor. Bila sudah mendapati pedagang tersebut, Anda boleh menarik nafas lega, sebab dengan adanya mereka, selain Anda telah mendekati tujuan, Anda juga terjamin keamanan dari tindak kejahatan yang kadang terfikir dan waswas bagi para pendatang untuk singgah di Kota Metropolitan. Pasalnya, para pedagang ini juga dilindungi oleh petugas keamanan yang tersebar secara patroli oleh pengelola PRJ.

Dan bila Anda membawa kendaraan pribadi Anda akan dikenakan tiket parkir motor Rp. 5.000 dan mobil Rp. 10.000. Sedangkan untuk tiket masuk dikenakan Rp.15.000 per orang. Bagi anak kecil yang memiliki tinggi badan 100 cm keatas dikenakan tarif tiket. Sedangkan bagi para lansia (pemilik KTP abadi) dan TNI, Polri melalui pintu masuk khusus, tidak dikenakan tarif tiket masuk.

1_08072010_027_.jpg

Anak yang memiliki tinggi badan 100 cm dikenakan wajib beli tiket masuk PRJ

Loket penjualan tiket masuk dibuka pk. 15.30 atau kadang molor lebih telat. Pendatang yang datang dari luar Jakarta atau Pulau Jawa merasa sangat kecewa dengan kebijakan dan kemoloran tersebut. Untuk menghilangkan kejenuhan mereka menikmati jajanan kaki lima yang tersebar diluar arena PRJ.

1_08072010_025_.jpg

Para pengunjung PRJ dari luar kota Jakarta, menunggu sambil jajan Kerak Telor khas Betawi

Didalam arena bila Anda lelah untuk berjalankaki mengitari area PRJ tersedia kendaraan Wara-wiri dengan membayar Rp.2000 sejalan.

kereta-wara-wiri.jpg

Angkutan arena PRJ yang disebut Wara-wiri mengitari arena PRJ bagi yang enggan berjalan kaki


Weeh, yang satu ini jangan Anda lewatkan Bung, selain mendapat sendal jepit gratis, Anda juga akan disuguhkan hiburan menarik berupa pentas musik yang dibawakan oleh biduanita cantik dan seksi untuk menyanyi dan menari bersama penonton. Selain itu juga Anda mendapatkan kupon undian gratis dalam rangka promosi merk sendal. Syaratnya, Anda kudu sabar mengantri dengan ratusan pengantri lain dan memasang tali sendal jepit tersebut oleh diri sendiri yang dibimbing oleh SPG cantik.

1_08072010_029_.jpg

Dalam rangka promosi merk sendal jepit, biduanita mengundang pengunjung PRJ dengan hiburan musik dan tarian menggoda.


1_08072010_032_.jpg

SPG sendal jepit mesti rela menggendong bayi pengunjung yang ikutan antri mendapat sendal gratis

Sore menjelang malam, panggung utama PRJ dimeriahkan oleh artis ibukota yang menggoyang PRJ semakin semarak. Para remaja dan penonton pagelaran musik ini harus memasuki pintu lagi yang diperiksa oleh petugas dari senjata tajam dan botol minuman. Sebab, dikhawatirkan akan timbulnya kerusuhan ditengah jingkrak-jingkrak penonton yang menari mengikuti hentakan dentuman musik yang keras.

1_08072010_039_.jpg

Grup Band Q'Rends menghentak panggung utama PRJ


Jadwal artis yang akan memeriahkan panggung utama PRJ:

Jumat (9/7): D'Masiv, Hijau Daun, Radiostar, Suhate

Sabtu (10/7): The Dance Company, Sandy Soendhoro, Hammers Gank, Intonation

Minggu (11/7): Ari Lasso, Pinkan Mambo, d-Soul
 
Last edited:
Back
Top