Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

Para ulama qurro’(ahli baca Al-Quran) yang mu’tabar (diakui keilmuannya) telah membagi tipe-tipe manusia dalam membaca Al-Quran menjadi tiga macam:

1. Muhsin ma’jur


Muhsin ma’jur adalah orang yang baik dalam membaca Al-Quran dan mendapat pahala, yaitu orang-orang yang membaca Al-Quran dengan baik dan sempurna sebagaimana yang telah diturunkan oleh Allah ‘Azza wa Jalla pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka orang seperti ini akan mendapatkan kemuliaan sebagaimana yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sabdakan,
اَلْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَ الَّذِيْ يَقْرَؤُهُ وَ يَتَتَعْتَعُ فِيْهِ وَ هُوِ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ


“Orang yang pandai dalam membaca Al-Quran itu akan bersama dengan para malaikat yang mulia, dan barangsiapa yang membaca Al-Quran dengan tersendat-sendat (terbata-bata) dan merasa keberatan maka baginya dua pahala.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Musi’ ma’dzur


Musi’ ma’dzur adalah orang yang jelek bacaannya tapi dimaklumi, yaitu orang-orang yang sudah berusaha sekuat tenaga untuk belajar Al-Quran tetapi dia tidak mampu membaca dengan baik, tidak ada orang yang mengajarinya dengan benar, atau situasi yang tidak memungkinkan untuk belajar. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman:
لاَ يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلاَّ وُسْعَهَا

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesangupannya.” (Qs. Al-Baqarah: 286)

Namun hendaknya dia terus berusaha memperbaiki bacaan Al-Quran. Mudah-mudahan Allah memberikan kemudahan sehingga dia mampu membaca dengan baik.

3. Musi’ atsim

Musi’ atsim adalah orang yang jelek bacaannya dan mendapatkan dosa dari Allah ‘Azza wa Jalla, yaitu orang-orang yang merasa cukup dengan dirinya, mengandalkan otaknya atau hanya bersandar pada buku-buku yang ada dan merasa sombong untuk kembali kepada orang yang mengetahui ilmu ini (tajwid) secara mendalam. Maka tidak diragukan lagi bahwa orang seperti ini akan mendapatkan dosa dan kesalahannya tidak bisa dimaklumi. (Panduan Praktis Tajwid, hlm. 150–151)

Imam Jazari, seorang ulama dan pakar Tajwid al-Qur'an mengatakan dalam matan 'al-Jazari'-nya:
والأخذ بالتجويد حتم لازم من لم يجود القرآن آثم
فإنه به الإله أنزلا وهكذا منه إلينا وصلا


Membaca al-Qur'an dengan tajwid adalah sebuah keharusan
Siapa yang tidak men-tajwidkan al-Qur'an maka ia berdosa
Karena dengan Tajwid Allah menurunkannya
Dan demikianlah ia sampai kepada kita juga dengan tajwid


Dalam hadits shohih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim seperti yang tersebut dalam hadits Arbain Nawawiyyah, beliau bersabda:

يقال لصاحب القرآن يوم القيامة: إقرأ وارتق ورتل كما كنت ترتل فى الدنيا فإن منزلتك فى الجنة عند آخر آية تقرأها

Artinya: "Akan dikatakan kepada Ahli Qur'an pada hari kiamat: "Bacalah, naiklah (ke atas surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana kami dulu pernah membacanya di dunia. Karena sesungguhnya kedudukanmu di surga terdapat pada akhir ayat yang kamu baca."

Dengan kata lain: Bagaimana mungkin Allah akan mempersilahkan kita menaiki tangga demi tangga surga kalau tilawah dan hafalan al-Qur'an kita buruk dan tidak bisa dipertanggungjawabkan??

bukankah hukum belajar tajwid adalah fardhu kifayah?

Al-Ustadz Abdul Aziz Abdurra’uf Al-Hafidz, Lc. dalam dalam bukunya Pedoman Dauroh Al-qur’an , beliau mengatakan bahwa hukum mempelajari ilmu tajwid secara teori adalah fardhu kifayah, sedangkan membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid hukumnya farhu ‘ain.

Terkadang kita sering salah memahami makna kifayah. Kita memaknai hukum kifayah itu dengan “Saya tak perlu belajar lagi karena sudah ada orang yang belajar Al Qur’an”.

Padahal makna kifayah adalah mencukupi. Dan mencukupi berarti keseimbangan antara jumlah orang yang mampu dengan orang yang tidak mampu.

Jika jumlah muslim di Indonesia 200 juta misalnya, maka berapa idealnya jumlah muslim yg belajar tajwid? Anggaplah 1:10. Itu artinya 20 juta.
Yakinkah kita bahwa sudah ada 20 juta orang yang belajar tajwid di negeri ini?

Kalaupun seandainya benar ada, tidak maukah kita menjadi bagian dari yang 20 juta itu?

Dan pertanyaannya ini kita tegaskan lagi, berapa jumlah sebenarnya? Sudahkah mencukupi sehingga batal kewajiban kita belajar tajwid Al Qur’an?

sebentar lagi akan datang bulan ramadhan, inilah momen yg tepat untuk menyiapkan diri dengan bacaan alquran yg bagus dan lancar :D

belajar tajwid itu susah dan saya tidak ada waktu kosong untuk belajar ngaji
saat ini, tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar tajwid :D dengan teknologi, kita bisa belajar tajwid dengan mudah tanpa guru khusus / mengikuti kursus2 dan bisa dilakukan kapan saja. (tapi kita juga tetap butuh guru untuk mengecek benar-salahnya bacaan alquran kita)

download disini ebook tajwid dalam bentuk flash (size 3MB)
http://www.4shared.com/file/XkAxhTdq/tajwid.html

kita juga bisa belajar tahsin alquran melalui video ini, yaitu belajar mengucapkan huruf2 arab sesuai makhorijul hurufnya

1_tahsin1.JPG
1_tahsin2.JPG

bisa dilihat videonya disini:
http://winhal.blogdetik.com/category/belajar-tahsin-al-quran/tahsin-alquran-video-1/
dan
http://winhal.blogdetik.com/category/belajar-tahsin-al-quran/tahsin-alquran-video-2/

untuk mempermudah download, kedua video tersebut sudah aku upload
http://www.mediafire.com/?qx9i2u9ch9g7b2d (92 MB)
http://www.mediafire.com/?boa0wky42sa43pc (52 MB)
atau
http://www.enterupload.com/cppn4azygdhq/tahsin1.flv.html (92 MB)
http://www.enterupload.com/1hblz82g0jvh/tahsin2.flv.html (52 MB)

sumber (dengan editan):
http://muslimah.or.id/akhlak-dan-nasehat/membaca-kalamullah-dengan-benar-nan-indah-1.html
http://muslimah.or.id/akhlak-dan-na...lah-dengan-benar-nan-indah-2-ilmu-tajwid.html
http://jampanx.multiply.com/journal/item/36
 
Last edited:
Bls: Dosa membaca Alquran tanpa tajwid

waaaa gak bisa bos.. file factorynya cuma bolak balik aja.. gak bisa download.. gimana nih..??
 
update
kita juga bisa belajar tahsin alquran melalui video ini, yaitu belajar mengucapkan huruf2 arab sesuai makhorijul hurufnya
1_tahsin1.JPG
1_tahsin2.JPG

bisa dilihat videonya disini:
http://winhal.blogdetik.com/category/belajar-tahsin-al-quran/tahsin-alquran-video-1/
dan
http://winhal.blogdetik.com/category/belajar-tahsin-al-quran/tahsin-alquran-video-2/
untuk mempermudah download, kedua video tersebut sudah aku upload
http://www.enterupload.com/cppn4azygdhq/tahsin1.flv.html (92 MB)
http://www.enterupload.com/7dvgijrruejc/tahsin2.flv.html (52 MB)
 
Heheh. . .Good Bang Masykur. .

Udah Lama Gak Baca Al-Qur'an. .:D
Sedikit2 Faham Sih Dengan Hukum Tajwid.
Tapi Sekarang Mungkin Banyak yang Lupa. . .:D

Ijin Download Yak. . .
 
Wah. . .Ide Bagus Tuh Den. .


Nih aku dapet artikel..



Hukuman nun mati dan tanwin ada 4, sesuai dengan kaidah:
للنون إن تسكن و للتنوين - أربع أحكام فخذ تبيين

1. Ta'rif Idhar:
Izhar( الإظهار ).
Dari sudut bahasa: Menyatakan, menerangkan sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Mengeluarkan sebutan setiap huruf dari makhrajnya (tempat keluarnya) tanpa dengung
a. Lugot/Bahasa : Jelas
b. Istilah Ahli Tajwin: Melapalkan/membaca dengan jelas dengungnya dan tidak panjang bacaannya ketika bertemu nun mati atau tanwin dengan beberapa hurup idhar,
penafat kaidah:
فلأول الإظهار قبل الأحرف - للحلق ست رتبط فلترف

2. Huruf Idlhar ada 6,
- Hamzah (أ) contoh من أمن / زرف أمين
- Ha (ه) contoh من هاد /
- Ain (ع) contoh من علم /
- Ha (ح) contoh من حليم /
- Gin (غ) contoh من غل /
- Kho (خ) contoh من خير /

sesuai qoidah:
همز فهاء ثم عين خاء - مهمالتان ثم غين خاء

Pembagian Idhar:
a. Izhar Halqi( الإظهار الحلقي ).
Dari sudut bahasa: Menyatakan, menerangkan sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Mengeluarkan sebutan setiap huruf dari makhrajnya (tempat keluarnya) tanpa dengung. Ia dinamakan Halqi kerana enam hurufnya keluar dari kerongkong. Huruf-huruf tersebut ialah: Hamzah( أ ), Ha'( هـ ), 'Ain( ع ), Ha'( ح ), Ghain( غ )dan Kha'( خ ).
b. Izhar Mutlaq( الإظهار المطلق ).
Dari sudut bahasa: Menyatakan, menerangkan sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Mengeluarkan sebutan setiap huruf dari makhrajnya (tempat keluarnya) tanpa dengung. Ia dinamakan Mutlaq ialah kerana makhrajnya bukan dari tekak atau mulut. Izhar Mutlaq dibaca apabila huruf Ya' atau Wau terdapat selepas Nun Sukun di dalam satu kalimah. Ia terdapat pada empat tempat sahaja di dalam al-Quran iaitu: ( قنوان - صنوان - بنيان - الدنيا ).
Manakala( يس والقرآن الحكيم), (ن والقلم وما يسطرون )pula, hukum kedua-duanya adalah Izhar Mutlaq walaupun ia berada di dalam dua kalimah kerana mengikut bacaan riwayat Hafs.


1. Arti Idqom
Idgham( الإدغام ).
Dari sudut bahasa: Memasukkan sesuatu ke dalam sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Memasukkan huruf pertama yang bertanda Sukun ke dalam huruf berikutnya yang berbaris dan menjadikan huruf yang berikutnya bersabdu serta terangkat lidah ketika menyebutnya. Idgham ini terbahagi kepada dua bahagian:- Idgham Bighunnah (memasukkan serta dengung) dan Idgham Bila Ghunnah (memasukkan tanpa dengung).
Idgham tidak akan terhasil kecuali dari dua kalimah. Bilangan huruf Idgham sebanyak enam huruf yang terhimpun di dalam kalimah( يرملون ).

Pembagian Idgom dalam Nun mati dan tanwin ada 2:
a. Idgom bigunnah/maal gunnah
Idgham Bighunnah (memasukkan serta dengung)( إدغام بغنة ).
Ia dari empat huruf yang terhimpun di dalam kalimah( ينمو )iaitu Ya', Nun, Mim dan Wau. Apabila salah satu dari hurufnya bertemu dengan Nun Sukun atau Nun Tanwin dengan syarat di dalam dua kalimah, ia mestilah dibaca secara Idgham Bighunnah atau Ma'al Ghunnah kecuali pada dua tempat iaitu: ( يس والقرآن الحكيم - ن والقلم وما يسطرون ).
Hukum membacanya pula ialah Izhar Mutlaq berlainan dengan kaedah asal kerana mengikut bacaan riwayat Hafs.
hurupnya 4 ; ya, nun, mim dan wau

b. Idgom bila gunnah
Idgham Bila Ghunnah( إدغام بدون غنة )yaitu memasukkan tanpa dengung. Ia terdiri dari dua huruf iaitu Ra' dan Lam. Apabila salah satu dari dua huruf tersebut bertemu dengan Nun Sukun atau Tanwin dengan syarat di dalam dua kalimah yang berasingan, ia mestilah dibaca dengan Idgham Bila Ghunnah kecuali pada Nun( من راق )kerana di dalam bacaan ini wajib diam seketika (tanpa menyambung nafas) dan ia tidak diidghamkan.
hurupnya ada 2 (ra dan lam)


1. Ta'rif Iqlab
Iqlab( الإقلاب ).
Dari sudut bahasa: Menukarkan sesuatu kepada sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Menukarkan bunyi Nun Sukun dan Tanwin kepada bunyi huruf Mim lalu diikhfa'kan (disembunyikan) ke dalam huruf Ba' yang berbaris serta dikekalkan sifat dengung. Dinamakan Iqlab ialah kerana Nun Sukun atau Tanwin bertukar menjadi Mim yang tersembunyi. Hurufnya ialah Ba'. Contoh : من بعد


ikhfa nya belum dapet nanti kalau ada aku masukin lagi dah..


Sumber..
 
gimana kalu sekalian blajar tajwid d sini? :)

kalau materi tajwidnya sudah ada di thread awal, kalau ada yg kurang jelas baru kita diskusikan bersama sama :)

saat ini, tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar tajwid :D dengan teknologi, kita bisa belajar tajwid dengan mudah tanpa guru khusus / mengikuti kursus2 dan bisa dilakukan kapan saja. (tapi kita juga tetap butuh guru untuk mengecek benar-salahnya bacaan alquran kita)

download disini ebook tajwid dalam bentuk flash (size 3MB)
http://www.4shared.com/file/XkAxhTdq/tajwid.html

kita juga bisa belajar tahsin alquran melalui video ini, yaitu belajar mengucapkan huruf2 arab sesuai makhorijul hurufnya

1_tahsin1.JPG
1_tahsin2.JPG

bisa dilihat videonya disini:
http://winhal.blogdetik.com/category/belajar-tahsin-al-quran/tahsin-alquran-video-1/
dan
http://winhal.blogdetik.com/category/belajar-tahsin-al-quran/tahsin-alquran-video-2/

untuk mempermudah download, kedua video tersebut sudah aku upload
http://www.enterupload.com/cppn4azygdhq/tahsin1.flv.html (92 MB)
http://www.enterupload.com/7dvgijrruejc/tahsin2.flv.html (52 MB)

ini contoh screenshot file belajar tajwidnya
http://www.4shared.com/file/XkAxhTdq/tajwid.html

1_tajwid1.JPG


1_tajwid2.JPG


materi sudah lengkap plus ada audio/suara cara membacanya di setiap kalimat contohnya.
 
Last edited:
maksud ya itu bang masykur ...biasanya walau materi dah ada, kadang masih males bacanya :D

ato dibikin kayak kuis, misal, carilah hukum nun mati di surat al baqarah ayat 1-7 ...trus bagi yg bener dpet reppu dari yg ngasih soal ...cuma usul saja v^^
 
maksud ya itu bang masykur ...biasanya walau materi dah ada, kadang masih males bacanya :D

ato dibikin kayak kuis, misal, carilah hukum nun mati di surat al baqarah ayat 1-7 ...trus bagi yg bener dpet reppu dari yg ngasih soal ...cuma usul saja v^^

kalau males bacanya, tinggal nonton yg videonya :)
kalau kuis tajwid, usulan yang bagus, nanti aku pikirin dulu format kuisnya.
 
Oiya. . .Mau Tanya Donk. . .:D

Ada Berapa Sih Jumlah Huruf2 ikhfa. . ??
Dan Kasih tahu juga pengertian dari ikhfa tersebut. . .



Kalau ada Yang Bisa Jawab Ane Kasih Reppu Dah. . .:D
 
sebenernya, kepentingan nya untuk betul dalam membaca Quran itu adalah untuk dapat memunculkan keberkatan dari Quran itu sendiri.
dapat memberikan ketenangan, serta lain2 bagi pembacanya..
teruslah bekerja keras, agar sempurna bacaannya.
mudah2an bagi pembacanya diberikan ketenangan.
permintaan makhluk setelah baca Quran, dibolehkan berdoa.
hmm,..tata cara dan adab dalam memegang, membaca haruslah dikedepankan.
merupakan risalah, mu'jizat tertinggi yang para nabi2 tidak mendapatkannya kecuali diturunkan kepada Rasulullah SAWW, Sang Pemimpin Para Nabi dan Rasul,..Imamul Anbiyya wa Rasuliih..
 
Last edited:
ikhfa' itu seingat saia ada 15 ...ta, tsa, jim, dal, dzal, zain, sin, syin, syod, dhod, tho', dzha', fa, qaf, kaf ...kalu ga salah msh bisa dbagi lg ...dah lupa :D
ikhfa' sndiri artinya samar ...yaitu bilan nun sukun atao tanwin brtemu huruf ikhfa' cara membacanya disamarkan

cmiiw
 
ikhfa' itu seingat saia ada 15 ...ta, tsa, jim, dal, dzal, zain, sin, syin, syod, dhod, tho', dzha', fa, qaf, kaf ...kalu ga salah msh bisa dbagi lg ...dah lupa :D
ikhfa' sndiri artinya samar ...yaitu bilan nun sukun atao tanwin brtemu huruf ikhfa' cara membacanya disamarkan

cmiiw

Hemm.. Ikhfa Itu Samar. . reppunya udah Masuk Belum..??

Hukum Nun sukun atau tanwin ada 4 diantaranya sebagai berikut :

1. idhar
2. idgham
3. iklab
4. ikhfa

Bener Tidak Ini...??

Tanya Laghi Deh. ..

Kenapa Mad Asli Atau Mad Tabi'i Itu tidak termasuk hukum Nun sukun Atau tanwin..??
 
Back
Top