Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid? Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #11   Report Post  

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

gimana kalu sekalian blajar tajwid d sini?
ishimaru
Continent Level

Post: 2.800
 
Reputasi: 122

 






Reply With Quote     #12   Report Post  

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

Wah. . .Ide Bagus Tuh Den. .


Nih aku dapet artikel..



Hukuman nun mati dan tanwin ada 4, sesuai dengan kaidah:
للنون إن تسكن و للتنوين - أربع أحكام فخذ تبيين

1. Ta'rif Idhar:
Izhar( الإظهار ).
Dari sudut bahasa: Menyatakan, menerangkan sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Mengeluarkan sebutan setiap huruf dari makhrajnya (tempat keluarnya) tanpa dengung
a. Lugot/Bahasa : Jelas
b. Istilah Ahli Tajwin: Melapalkan/membaca dengan jelas dengungnya dan tidak panjang bacaannya ketika bertemu nun mati atau tanwin dengan beberapa hurup idhar,
penafat kaidah:
فلأول الإظهار قبل الأحرف - للحلق ست رتبط فلترف

2. Huruf Idlhar ada 6,
- Hamzah (أ) contoh من أمن / زرف أمين
- Ha (ه) contoh من هاد /
- Ain (ع) contoh من علم /
- Ha (ح) contoh من حليم /
- Gin (غ) contoh من غل /
- Kho (خ) contoh من خير /

sesuai qoidah:
همز فهاء ثم عين خاء - مهمالتان ثم غين خاء

Pembagian Idhar:
a. Izhar Halqi( الإظهار الحلقي ).
Dari sudut bahasa: Menyatakan, menerangkan sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Mengeluarkan sebutan setiap huruf dari makhrajnya (tempat keluarnya) tanpa dengung. Ia dinamakan Halqi kerana enam hurufnya keluar dari kerongkong. Huruf-huruf tersebut ialah: Hamzah( أ ), Ha'( هـ ), 'Ain( ع ), Ha'( ح ), Ghain( غ )dan Kha'( خ ).
b. Izhar Mutlaq( الإظهار المطلق ).
Dari sudut bahasa: Menyatakan, menerangkan sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Mengeluarkan sebutan setiap huruf dari makhrajnya (tempat keluarnya) tanpa dengung. Ia dinamakan Mutlaq ialah kerana makhrajnya bukan dari tekak atau mulut. Izhar Mutlaq dibaca apabila huruf Ya' atau Wau terdapat selepas Nun Sukun di dalam satu kalimah. Ia terdapat pada empat tempat sahaja di dalam al-Quran iaitu: ( قنوان - صنوان - بنيان - الدنيا ).
Manakala( يس والقرآن الحكيم), (ن والقلم وما يسطرون )pula, hukum kedua-duanya adalah Izhar Mutlaq walaupun ia berada di dalam dua kalimah kerana mengikut bacaan riwayat Hafs.


1. Arti Idqom
Idgham( الإدغام ).
Dari sudut bahasa: Memasukkan sesuatu ke dalam sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Memasukkan huruf pertama yang bertanda Sukun ke dalam huruf berikutnya yang berbaris dan menjadikan huruf yang berikutnya bersabdu serta terangkat lidah ketika menyebutnya. Idgham ini terbahagi kepada dua bahagian:- Idgham Bighunnah (memasukkan serta dengung) dan Idgham Bila Ghunnah (memasukkan tanpa dengung).
Idgham tidak akan terhasil kecuali dari dua kalimah. Bilangan huruf Idgham sebanyak enam huruf yang terhimpun di dalam kalimah( يرملون ).

Pembagian Idgom dalam Nun mati dan tanwin ada 2:
a. Idgom bigunnah/maal gunnah
Idgham Bighunnah (memasukkan serta dengung)( إدغام بغنة ).
Ia dari empat huruf yang terhimpun di dalam kalimah( ينمو )iaitu Ya', Nun, Mim dan Wau. Apabila salah satu dari hurufnya bertemu dengan Nun Sukun atau Nun Tanwin dengan syarat di dalam dua kalimah, ia mestilah dibaca secara Idgham Bighunnah atau Ma'al Ghunnah kecuali pada dua tempat iaitu: ( يس والقرآن الحكيم - ن والقلم وما يسطرون ).
Hukum membacanya pula ialah Izhar Mutlaq berlainan dengan kaedah asal kerana mengikut bacaan riwayat Hafs.
hurupnya 4 ; ya, nun, mim dan wau

b. Idgom bila gunnah
Idgham Bila Ghunnah( إدغام بدون غنة )yaitu memasukkan tanpa dengung. Ia terdiri dari dua huruf iaitu Ra' dan Lam. Apabila salah satu dari dua huruf tersebut bertemu dengan Nun Sukun atau Tanwin dengan syarat di dalam dua kalimah yang berasingan, ia mestilah dibaca dengan Idgham Bila Ghunnah kecuali pada Nun( من راق )kerana di dalam bacaan ini wajib diam seketika (tanpa menyambung nafas) dan ia tidak diidghamkan.
hurupnya ada 2 (ra dan lam)


1. Ta'rif Iqlab
Iqlab( الإقلاب ).
Dari sudut bahasa: Menukarkan sesuatu kepada sesuatu. Dari sudut istilah Ilmu Tajwid: Menukarkan bunyi Nun Sukun dan Tanwin kepada bunyi huruf Mim lalu diikhfa'kan (disembunyikan) ke dalam huruf Ba' yang berbaris serta dikekalkan sifat dengung. Dinamakan Iqlab ialah kerana Nun Sukun atau Tanwin bertukar menjadi Mim yang tersembunyi. Hurufnya ialah Ba'. Contoh : من بعد


ikhfa nya belum dapet nanti kalau ada aku masukin lagi dah..


Sumber..
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

masykur:
__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #13   Report Post     Original Poster (OP)

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

Kutip:
Oleh ishimaru View Post
gimana kalu sekalian blajar tajwid d sini?
kalau materi tajwidnya sudah ada di thread awal, kalau ada yg kurang jelas baru kita diskusikan bersama sama

Kutip:
Oleh masykur View Post
saat ini, tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar tajwid dengan teknologi, kita bisa belajar tajwid dengan mudah tanpa guru khusus / mengikuti kursus2 dan bisa dilakukan kapan saja. (tapi kita juga tetap butuh guru untuk mengecek benar-salahnya bacaan alquran kita)

download disini ebook tajwid dalam bentuk flash (size 3MB)
http://www.#######.com/file/XkAxhTdq/tajwid.html

kita juga bisa belajar tahsin alquran melalui video ini, yaitu belajar mengucapkan huruf2 arab sesuai makhorijul hurufnya


bisa dilihat videonya disini:
http://winhal.blogdetik.com/category...quran-video-1/
dan
http://winhal.blogdetik.com/category...quran-video-2/

untuk mempermudah download, kedua video tersebut sudah aku upload
http://www.enterupload.com/cppn4azyg...hsin1.flv.html (92 MB)
http://www.enterupload.com/7dvgijrru...hsin2.flv.html (52 MB)
ini contoh screenshot file belajar tajwidnya
http://www.#######.com/file/XkAxhTdq/tajwid.html





materi sudah lengkap plus ada audio/suara cara membacanya di setiap kalimat contohnya.
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 175






Reply With Quote     #14   Report Post  

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

maksud ya itu bang masykur ...biasanya walau materi dah ada, kadang masih males bacanya

ato dibikin kayak kuis, misal, carilah hukum nun mati di surat al baqarah ayat 1-7 ...trus bagi yg bener dpet reppu dari yg ngasih soal ...cuma usul saja v^^
ishimaru
Continent Level

Post: 2.800
 
Reputasi: 122

masykur: makasih usulannya





Reply With Quote     #15   Report Post     Original Poster (OP)

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

Kutip:
Oleh ishimaru View Post
maksud ya itu bang masykur ...biasanya walau materi dah ada, kadang masih males bacanya

ato dibikin kayak kuis, misal, carilah hukum nun mati di surat al baqarah ayat 1-7 ...trus bagi yg bener dpet reppu dari yg ngasih soal ...cuma usul saja v^^
kalau males bacanya, tinggal nonton yg videonya
kalau kuis tajwid, usulan yang bagus, nanti aku pikirin dulu format kuisnya.
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 175

KalinaMaryadi: sering-sering kirim soal ya :)





Reply With Quote     #16   Report Post  

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

Oiya. . .Mau Tanya Donk. . .

Ada Berapa Sih Jumlah Huruf2 ikhfa. . ??
Dan Kasih tahu juga pengertian dari ikhfa tersebut. . .



Kalau ada Yang Bisa Jawab Ane Kasih Reppu Dah. . .
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #17   Report Post  

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

sebenernya, kepentingan nya untuk betul dalam membaca Quran itu adalah untuk dapat memunculkan keberkatan dari Quran itu sendiri.
dapat memberikan ketenangan, serta lain2 bagi pembacanya..
teruslah bekerja keras, agar sempurna bacaannya.
mudah2an bagi pembacanya diberikan ketenangan.
permintaan makhluk setelah baca Quran, dibolehkan berdoa.
hmm,..tata cara dan adab dalam memegang, membaca haruslah dikedepankan.
merupakan risalah, mu'jizat tertinggi yang para nabi2 tidak mendapatkannya kecuali diturunkan kepada Rasulullah SAWW, Sang Pemimpin Para Nabi dan Rasul,..Imamul Anbiyya wa Rasuliih..
energihaqD0Tcom
Guest

Post: n/a
 
Reputasi:






Reply With Quote     #18   Report Post  

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

ikhfa' itu seingat saia ada 15 ...ta, tsa, jim, dal, dzal, zain, sin, syin, syod, dhod, tho', dzha', fa, qaf, kaf ...kalu ga salah msh bisa dbagi lg ...dah lupa
ikhfa' sndiri artinya samar ...yaitu bilan nun sukun atao tanwin brtemu huruf ikhfa' cara membacanya disamarkan

cmiiw
ishimaru
Continent Level

Post: 2.800
 
Reputasi: 122

HulkHogan:





Reply With Quote     #19   Report Post  

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

Kutip:
Oleh ishimaru View Post
ikhfa' itu seingat saia ada 15 ...ta, tsa, jim, dal, dzal, zain, sin, syin, syod, dhod, tho', dzha', fa, qaf, kaf ...kalu ga salah msh bisa dbagi lg ...dah lupa
ikhfa' sndiri artinya samar ...yaitu bilan nun sukun atao tanwin brtemu huruf ikhfa' cara membacanya disamarkan

cmiiw
Hemm.. Ikhfa Itu Samar. . reppunya udah Masuk Belum..??

Hukum Nun sukun atau tanwin ada 4 diantaranya sebagai berikut :

1. idhar
2. idgham
3. iklab
4. ikhfa

Bener Tidak Ini...??

Tanya Laghi Deh. ..

Kenapa Mad Asli Atau Mad Tabi'i Itu tidak termasuk hukum Nun sukun Atau tanwin..??
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #20   Report Post     Original Poster (OP)

re: Berdosakah membaca Alquran tanpa tajwid?

Kutip:
Oleh HulkHogan View Post
Hukum Nun sukun atau tanwin ada 4 diantaranya sebagai berikut :

1. idhar
2. idgham
3. iklab
4. ikhfa
ya

Kutip:
Oleh HulkHogan View Post
Kenapa Mad Asli Atau Mad Tabi'i Itu tidak termasuk hukum Nun sukun Atau tanwin..??
karena gk ada hubungannya dengan nun sukun dan tanwin
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 175

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Ilmu Tajwid chika2 Sekolah & Pelajaran Sekolah 2
Berdosakah Kaum Homoseks? Megha Islam 21
Lamanya Alquran diturunin dijelaskan diayat terakhir alquran?? indonesiaindonesia Islam 1
Alquran Adalah Ilmu Movistar Islam 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.