Apa itu jaringan lemak?

Gia_Viana

New member
Guys, pasti pernah dengar dengan jaringan yang satu ini, yaitu jaringan lemak.
Apa sih yang dimaksud dengan jaringan lemak ??
 
Bls: Apa itu jaringan lemak?

Jaringan lemak yang kita kenal terdapat di seluruh tubuh. Fungsinya untuk menyimpan lemak untuk cadangan makanan, dan mencegah hilangnya panas/kalor secara berlebihan.

Bagi kamu fungsi lemak dalam tubuh apa hayo?
 
Bls: Apa itu jaringan lemak?

Setau aku, fungsi lemak itu sumber energi, pelindung organ tubuh.
dan membuat seseorang terlihat gemuk :D
 
Bls: Apa itu jaringan lemak?

Jaringan lemak kalo ditubuh kita itu sebenernya ada manfaatnya. Oh iya, nama jaringannya adalah jaringan adiposa. Pada jaringan adiposa, sel lemak mengeluarkan hormon leptin dan resistin yang berperan dalam sistem kekebalan, hormon sitokina yang berperan dalam komunikasi antar sel. Karena struktur molekulnya yang kaya akan rantai unsur karbon(-CH2-CH2-CH2-)maka lemak mempunyai sifat hydrophob. Ini menjadi alasan yang menjelaskan sulitnya lemak untuk larut di dalam air. Lemak dapat larut hanya di larutan yang apolar atau organik seperti: eter, Chloroform, atau benzol. Nah mungkin yang gemuk2 biar lemaknya ilang, minum bensin aja.:))
Bercanda loh aku...

Secara umum dapat dikatakan bahwa lemak memenuhi fungsi dasar bagi manusia, yaitu:

1. Menjadi cadangan energi dalam bentuk sel lemak. 1 gram lemak menghasilkan 39.06 kjoule atau 9,3 kcal.
2. Lemak mempunyai fungsi selular dan komponen struktural pada membran sel yang berkaitan dengan karbohidrat dan protein demi menjalankan aliran air, ion dan molekul lain, keluar dan masuk ke dalam sel.
3. Menopang fungsi senyawa organik sebagai penghantar sinyal, seperti pada prostaglandin dan steroid hormon dan kelenjar empedu.
4. Menjadi suspensi bagi vitamin A, D, E dan K yang berguna untuk proses biologis
5. Berfungsi sebagai penahan goncangan demi melindungi organ vital dan melindungi tubuh dari suhu luar yang kurang bersahabat.

-dipi-
 
Bls: Apa itu jaringan lemak?

Kita juga jangan terlalu mengkaitkan lemak dengan kolesterol. Sebab, sebagian orang kadang salah kaprah untuk menghindari asupan kebutuhan lemak demi menjaga diet atau lemak yang berlebihan.

Nah, bagi yang mau menjelaskan silahkan.
 
Apa itu lemak dengan kolesterol

lemak/lipid dibagi menjadi 3 berdasarkan komposisi kimianya:

-lemak sederhana=trigliserida yg terdiri dari 1 gliserol dan 3 asam lemak, contoh: lilin&minyak

-lemak campuran=gabungan antara lemak dan senyawa bukan lemak. contoh:lipoprotein&fosfolipid

-derivat lemak=senyawa hasil proses hidrolisis lipid, contoh:kolesterol, asam lemak

Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Disamping sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh.

Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan yang disebut sebagai makanan sampah (junkfood).

Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.
materi referensi:
buku biologi kelas 11, penerbitnya esis, bab 6

dikutip dari yahoo answer
 
Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.
materi referensi:
pantes aja, orang yang punya sakit jantung ga boleh punya tubuh terlalu gemuk, ternyata gitu ya
 
Back
Top