Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru? Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Science & Penemuan
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

Dulu saya sering bertanya-tanya mengapa saat saya kecil mata adik saya berwarna biru, bahkan mata saya dan beberapa teamn saya juga begitu pertanyaan serupa juga diajukan adik saya ketika menengok salah seorang keluarga kami yang baru saya memiliki bayi. Hmm.. kira-kira kamu juga memikirkan hal yang saam gak yah?

Jadi kalo menurut tante Francesca Gould didalam bukunya Why is Yawning Cotagious? Emang banyak bayi baru lahir matanya berwarna biru meski seiring dengan waktu, warnanya bisa atau akan berubah. Warna mata ditentukan oleh jumlah melanin, yaitu molekul pigmen yang terdapat dalam bagian mata yang disebut iris. Iris ini juga mengatur jumlah cahaya yang boleh masuk ke mata.

Nah, mata bayi sering ditemui berwarna biru disebabkan oleh jumlah melanin yang masih sedikit. Sedangkan mata berwarna cokelat menunjukkan kandungan melanin yang banyak.

Produksi melanin umumnya meningkat pada tahun pertama kehidupan seorang bayi. Selanjutnya, warna matanya akan lebih jelas dan biasanya menetap. Namun, sebagian anak mengalami perubahan warna mata sampai dewasa. Warna mata ini bersifat herediter atau dapat diturunkan.

Mata yang memiliki banyak pigmen melanin pada lapisan depan iris akan terlihat berwarna hitam atau cokelat. Sementara, bila mata memiliki sedikit melanin, warnanya akan terlihat abu-abu, biru, atau hijau. Jika pigmen tidak ada sama sekali, maka warna yang terlihat adalah merah, sesuai warna lapisan pembuluh darah iris.

Melanin juga memberi warna pada rambut dan kulit kita. Orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih gelap menunjukkan ia memiliki lebih banyak melanin. Mereka pun memiliki mata ber— warna cokelat. Sementara orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih pucat memiliki jumlah melanin yang lebih sedikit.

Meskipun warna mata kita gak seindah saat kita kecil dulu, kita masih bisa kok menjaganya. Asupan vitamin A dan istirahat yang cukup bisa membuat mata kita yang lelah kembali cerah dan bisa lirik sana lirik sini deh


Coba lihat matamu, apa warnanya?



Jika kamu suka tulisanku, jangan lupa kasih aku reputasi & sms bintang yah
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

Dipi76: nice :)
__________________






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

jangan jangan masih keturunan alien jenis nordic kalau bermata biru
rizalolo
Mod

Post: 45.499
 
Reputasi: 260

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

gw blm pernah liat bayi indonesia yg warna matanya biru??? apa gw kurang merhatiin yah......

neng megha apa kabar????
cat_girl
National Level

Post: 1.211
 
Reputasi: 5






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

baik nona cat girls
rizalolo
Mod

Post: 45.499
 
Reputasi: 260

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

Kutip:
Oleh rizalolo View Post
jangan jangan masih keturunan alien jenis nordic kalau bermata biru
Ah masa sih om? haha berarti aku juga salah satunya dong

Kutip:
Oleh cat_girl View Post
gw blm pernah liat bayi indonesia yg warna matanya biru??? apa gw kurang merhatiin yah......

neng megha apa kabar????
kalau diperhatikan, ada sebagian dari malaikat-malaikat kecil ini memang berwarna agak kebiru-biruan atau abu-abu tante

kabar aku baik, kangen deh sama tante cat
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

waaaah selama ini aku juga ga merhatiin warna mata dedek bayi....
besok klo ada dedek bayi aku perhatiin ah matanya
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 243

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

Nice posting, Megha.
Rep for you.

o iya, kalo aku matanya kadang berwarna ijo.
Kalo liat duit...



-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

belom pernah merhatiin mata dede nya bayi...
darkgrey
National Level

Post: 1.885
 
Reputasi: 58

__________________
Abu abu paling gelap






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

Kutip:
Oleh darkgrey View Post
belom pernah merhatiin mata dede nya bayi...
jiah... bahasa yang mencurigakan....
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 243

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #10   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Mengapa Mata Dedek Bayi Berwarna Biru?

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Nice posting, Megha.
Rep for you.

o iya, kalo aku matanya kadang berwarna ijo.
Kalo liat duit...



-dipi-

huwakakakak sama dong kita

Kutip:
Oleh darkgrey View Post
belom pernah merhatiin mata dede nya bayi...
kan dedenya si bayi masih di perut mamahnya ya belum kelihatan dong non..
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Aneh…Baru Pertama diDunia, Ada Pisang Berwarna Biru chickenfighter Politik, Ekonomi & Hukum 11
Non Youhui, Pemilik Mata Biru Yang Bisa Melihat Dalam Gelap chickenfighter Politik, Ekonomi & Hukum 7
Mengapa Laut Berwarna Biru? Megha Science & Penemuan 22
Mengapa Ingus Berwarna hijau? Megha Science & Penemuan 1
Mengapa Bayi Anda Menangis? nurcahyo Kesehatan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.