ini gejala penyakit polip?

zeze_hacian90

New member
aq zeze umur 20thn aq skrng kuliah di salah satu civita Medan.
aq mau minta solusi ma teman2 atau ma cpa ja yg tau tntng penyakit polip.
aq bru ngerasain gejala nihhh mulai dri hri senin kemarin.aq mrasa idung q terasa mampet(susah bernafas)dan selalu bernafas dari mulut.terasa seperti mau flu.tp yg aq heran tba2 aq demam dan panas badan q naik turun2 terus.

wkt aq coba untuk buang cairean di hidung q..yg keluar segumpalan cairan kenyal,,abu2,dan kental sebesar tutup botol aqua.aku hawatir,,kalau itu polip.karna aq punya sakit asma..apa ada kemungkinan besar itu polip?



>:'(
 
Bls: ini gejala penyakit polip?

Polip hidung adalah benjolan tidak normal yang menonjol di rongga hidung, biasanya terjadi akibat adanya reaksi dari peradangan yang berkepanjangan (Kronis).

Biasanya terjadi pada mereka yang sejak kecil menderita sinusitis, alergi dan asma. Jadi hal ini berhubungan dengan gejala yang dialami Anda yaitu mungkin juga sering bersin, pilek serta hidung tersumbat adanya panas atau demam karena adanya infeksi yang umumnya dikeluhkan oleh pasien dengan sinusitis alergi.

penyembuhannya tidaklah cepat, mengingat polip ini merupakan hasil dari proses yang lama. Dengan penyembuhan melalui obat-obatan, tentu akan memakan waktu lebih lama untuk mengecilkan polip, dibandingkan dengan melakukan operasi yang juga memiliki risiko.

Obat yang diberikan dapat berupa kortikosteroid topikal dan oral. Yaitu pemberian tetesan obat langsung di rongga hidung serta prednisolon tablet minum. beberapa jenis obat tetes hidung yg mempunyai efek samping, oleh karena itu konsultasikan dengan dokter sebelum Anda menggunakannya. Dosis bervariasi dan harus berdasarkan anjuran dokter dengan kontrol teratur.

Namun bila dengan terapi obat-obatan yang maksimal tidak memberikan hasil, maka operasi adalah solusi terbaik. Operasi ada bermacam-macam cara, yang paling mutakhir dan praktis adalah dengan endoskopi (Endoscopic sinus surgery ESS).

Dengan pembedahan melalui endoskopi, risiko operasi dapat minimal. Selain itu, tehnik inipun terbukti mengurangi angka kekambuhan.

Semoga Bermanfaat bagi anda

Artikel yg sama https://indonesiaindonesia.com/f/13320-polip-hidung/
 
Last edited:
Back
Top