Peraih Nobel tampil di kartun Simpson

jmw01

New member
Pelopor bank simpan pinjam untuk warga miskin Muhamad Yunus dikabarkan akan tampil dalam satu episode seri kartun terkenal, The Simpsons.

090401104613_simpsons_226.jpg

Dalam penampilannya. peraih Nobel asal Bangladesh ini akan fokus pada Bank Grameen yang didirikannya dan sistem mikro kredit yang dipelopori bank ini. Sistem mikro kredit ini terbukti mampu menolong jutaan warga miskin Bangladesh membangun kehidupan yang lebih layak.

Untuk kepentingan film itu, suara Yunus sudah terlebih dulu direkam untuk episode yang dijadwalkan tayang pada bulan Oktober mendatang.

Sejauh ini, kartun The Simpsons pernah diramaikan beberapa nama terkenal seperti penyanyi Elton John, fisikawan Stephen Hawking dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

Dan untuk memperkuat episode Muhammad Yunus, pengisi suara Lisa Simpson, Yeardley Smith menghabiskan waktu selama sepekan di ibukota Bangladesh Dhaka untuk mempelajari Bank Grameen.

Yeardley Smith adalah pengagum Yunus dan sudah mengunjungi program mikro kredit Bank Grameen di Haiti dan beberapa tempat lain di dunia.

Muhammad Yunus menerima Nobel tahun 2006 karena mempelopori konsep mikro kredit yaitu meminjamkan modal usaha bagi warga miskin untuk memulai bisnis agar bisa keluar dari kemiskinan.

Yunus memulai usahanya itu tahun 1976 dengan meminjamkan uang sebesar US$ 27 atau sekitar Rp 243 ribu untuk beberapa keluarga di desa kelahirannya.

Dan kini Bank Grameen adalah perusahaan mikro kredit dengan kekayaan hingga US$ 1 miliar dengan delapan juta nasabah di Bangladesh saja.

Sumber : BBC
 
Back
Top