tahapan siklus akuntansi Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Sekolah & Pelajaran Sekolah > SMA/SMK/MA Kelas 12 & UN

Daftar
Lupa Password?


Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Matematika Jurusan IPS] tahapan siklus akuntansi

tahapan siklus akuntansi :

1. bukti transaksi

2. jurnal

3. buku besar

4. neraca saldo

5. jurnal penyesuian

6. neraca lajur atau laporan keuangan

7. jurnal penutup



siklus akuntansi adalah sebagai berikut:

a.Pencatatan Data ke dalam dokumen sumber/bukti transaksi.

b.Penjurnalan, yaitu menganalisis dan mencatat transaksi dalam jurnal (buku harian)

c.Melakukan posting ke Buku Besar yaitu memindahkan debet dan kredit dari jurnal ke akun Buku Besar.

d.Penyusunan Neraca Saldo yaitu menyiapkan Neraca Saldo unttuk mengecek keseimbangan Buku Besar.

e.Membuat ayat jurnal penyesuaian dan memasukkan jumlahya pada Neraca Saldo.

f.Membuat ayat-ayat penutup yaitu menjurnal dan memindahbukukan ayat-ayat penutup.

g.Penyusunan Laporan Keuangan yaitu Laporan Rugi Laba, Laporaan Perubahan Modal dan Neraca.




walo sedikit mudah-mudahan bermanfaat..

terima kasih...
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: tahapan siklus akuntansi

mantaaaaap.. ajarin lagi.. ajarin lagi..
darkgrey
National Level

Post: 1.885
 
Reputasi: 59

HulkHogan: makasih:D:D
__________________
Abu abu paling gelap






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: tahapan siklus akuntansi

Ajarin pake contoh soal dong den
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 547

__________________






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: tahapan siklus akuntansi

Kutip:
Oleh darkgrey View Post
mantaaaaap.. ajarin lagi.. ajarin lagi..

wkwkkw...aku juga masih dodol...kita belajar bareng2 ya den...

tapi aku coba deh sebisa aku..:



Kutip:
Oleh Megha View Post
Ajarin pake contoh soal dong den
jangan tulis ajarin donk...hulk juga kan belajar....hiihihi
kita belajar sama2 ya bagi yg suka dengan pelajaran akuntansi...

heheh...bener juga ya gha...
kita buat soal2 ajah biar lebih jelas...

ok deh...
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #5   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: tahapan siklus akuntansi

tapi sebelum kita membuat contoh soal..
kita coba pelajari lebih lagi ya tentang akuntansi.....biar nanti lebih mengerti mengerjakan soalnya....

artikel ini aku copas dari sini paksiman.blogspot.com biar dapat copas tapi tetap kita diskusikan bersama ya biar lebih jelas lagi.....

yuuk liat :

MACAM-MACAM BUKTI PENCATATAN

A. Bukti Transaksi Intern
Bukti transaksi intern adalah bukti transaksi yang khusus dibuat oleh intern dan dibuat untuk intern perusahaan. Yang termasuk bukti intern adalah sebagai berikut.

1. Bukti Kas Masuk
Bukti kas masuk adalah tanda bukti bahwa perusahaan telah menerima uang secara cash atau secara tunai.

2. Bukti Kas Keluar
kalau ada bukti kas masuk pasti ada bukti kas keluar....
Bukti kas keluar adalah tanda bukti bahwa perusahaan telah mengeluarkan uang tunai, seperti pembelian dengan tunai atau pembayaran gaji, pembayaran utang atau pengeluaran-pengeluaran yang lainnya.


3. Memo
Apa yang dimaksud dengan memo? Memo adalah bukti pencatatan antar bagian atau manager dengan bagian-bagian yang ada di lingkungan perusahaan.

nah yang tiga di atas itu adalah bukti2 transaksi yang di lakukan di dalam perusahan buktiu (transaksi intern)....
sekarang kita liat yuuuk bukti2 transaksi di luar perusahaan (bukti transaksi exstern)..


B. Bukti Transaksi Ekstern
Setelah Anda mempelajari bukti transaksi intern barangkali telah memahaminya, mari kita lanjutkan materi kita yang berhubungan dengan bukti transaksi ekstern. Bukti transaksi ekstern adalah bukti pencatatan transaksi yang berhubungan dengan pihak di luar perusahaan. Misalnya kuitansi, faktur, nota kontan, nota debet, nota kredit dan cek.

1. Faktur
Faktur adalah tanda bukti telah terjadi pembelian atau penjualan secara kredit. Faktur dibuat oleh penjual dan diberikan kepada pihak pembeli. Bagi penjual faktur yang diterima disebut faktur penjualan. Biasanya faktur dibuat rangkap sesuai dengan kebutuhan. Lembaran pertama untuk pembeli, lembaran kedua untuk penjual dan lembaran ketiga untuk arsip.

2. Kuitansi
Yang dimaksud dengan kuitansi adalah bukti penerimaan sejumlah uang yang ditanda tangani oleh penerima uang dan diserahkan kepada yang membayar sejumlah uang tersebut.
Lembaran kuitansi terdiri dari 2 bagian, bagian sebelah kanan diberikan kepada pihak yang membayar dan bagian kiri yang tertinggal disebut soice (dibaca sus) sebagai arsip penerima uang.


3. Nota
Apa yang dimaksud dengan nota? Nota adalah bukti atas pembelian sejumlah barang secara tunai. Nota dibuat oleh pedagang dan diberikan kepada pembeli. Biasanya nota dibuat rangkap dua, satu lembar untuk pembeli dan lembaran kedua untuk penjual.

Setelah kita mempelajari bukti pencatatan yang disebut nota,
kita lanjutkan dengan bentuk yang lainnya yaitu:


4. Nota Debet
Nota debet adalah bukti perusahaan telah mendebet perkiraan langganannya disebabkan karena berbagai hal.

Nota debet dikirimkan oleh perusahaan kepada langganannya karena barang yang dibeli dikembalikan, bisa disebabkan rusak atau tidak sesuai dengan pesanan dan penjual setuju barangnya diterima kembali atau harganya dikurangi.


5. Nota Kredit
Apa yang dimaksud dengan nota kredit? Nota kredit adalah bukti bahwa perusahaan telah mengkredit perkiraan langganannya yang disebabkan oleh berbagai hal. Nota kredit dikirimkan oleh perusahaan kepada langganannya sehubungan barang yang dijual tidak cocok atau rusak, untuk itu penjual setuju menerima barangnya.

6. C e k
Apakah Anda sudah pernah mendengar apa yang dimaksud dengan cek? Dan pernahkah Anda melihat bagaimana bentuknya? Yang dimaksud dengan cek adalah surat perintah yang dibuat oleh pihak yang mempunyai rekening di Bank, agar Bank membayar sejumlah uang kepada pihak yang nemanya tercantum dalam cek tersebut. Pihak-pihak yang berhubungan dalam pengeluaran cek tersebut adalah:
- Pihak penarik, yaitu pihak yang mengeluarkan dan menandatangani cek tersebut.
- Pihak penerima, yaitu pihak yang menerima pembayaran cek tersebut.


ANALISIS BUKTI TRANSAKSI

Setelah Anda mempelajari bukti transaksi, kita lanjutkan untuk menganalisa bukti transaksi. Setiap bukti transaksi yang akan dicatat ke dalam jurnal perlu dianalisa atau diteliti terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menganalisa transaksi adalah sebagai berikut:
1. Tentukan perkiraan apa saja yang dipengaruhi oleh transaksi tersebut.
2. Tentukan pengaruh penambahan dan pengurangan terhadap harta, utang, modal, pendapatan dan beban.
3. Tentukan debet/kredit dari akun yang bersangkutan.
4. Tentukan jumlah yang harus di debet atau di kredit.

Dari setiap transaksi akan mempengaruhi paling sedikit dua akun/perkiraan, yaitu perkiraan di debet dan perkiraan di kredit.



untuk sekarang segitu aja dulu nanti kita lanjutkan lagi....
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: tahapan siklus akuntansi

lanjuuuut, makin keren aja nih
darkgrey
National Level

Post: 1.885
 
Reputasi: 59

__________________
Abu abu paling gelap






Reply With Quote     #7   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: tahapan siklus akuntansi

Kutip:
Oleh darkgrey View Post
lanjuuuut, makin keren aja nih
whahahh....jangan lupa biar semangat..

kasih reputasinya donk den.....
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

darkgrey:
__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: tahapan siklus akuntansi

Kalau dalam organisasi yang pernah aku pegang bukti intern engga cuma 3 macam, sebab selain ada yang bisa digunakan cash ada juga yang boleh menggunakan uang pribadi untuk biaya operasional darurat. Nantinya bisa dibuat laporan beserta surat pengajuan pengeluaran.
lala_lulu
National Level

Post: 712
 
Reputasi: 15

__________________
Ummi Lulu melulu Lulu





Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: tahapan siklus akuntansi

Kutip:
Oleh lala_lulu View Post
Kalau dalam organisasi yang pernah aku pegang bukti intern engga cuma 3 macam, sebab selain ada yang bisa digunakan cash ada juga yang boleh menggunakan uang pribadi untuk biaya operasional darurat. Nantinya bisa dibuat laporan beserta surat pengajuan pengeluaran.
kalau biaya operasional itu setau aku masuknya ke akuntansi biaya, karena ini sekarang yang lagi kita bahas adalah akuntansi perusahaan jasa, kalau pun itu ada berarti bop itu masuknya ke bukti kas keluar (BKK). masuknya pengeluaran pengeluaran lainya...keperluan perusahaan yang tidak ada kaitanya dengan pihak luar...
HulkHogan
Continent Level

Post: 9.408
 
Reputasi: 183

__________________
Generasi biru

"Manusia dapat bertahan hidup empat puluh hari tanpa makan, tiga hari tanpa air, delapan menit tanpa udara.
Tapi hanya satu detik tanpa harapan"

- Hal Lindsey -





Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: tahapan siklus akuntansi

Kutip:
Oleh lala_lulu View Post
Kalau dalam organisasi yang pernah aku pegang bukti intern engga cuma 3 macam, sebab selain ada yang bisa digunakan cash ada juga yang boleh menggunakan uang pribadi untuk biaya operasional darurat. Nantinya bisa dibuat laporan beserta surat pengajuan pengeluaran.
hehe.. perlu di pisahkan antara bukti yang bisa memicu pencatatan akuntansi (biasanya disebut bukti transaksi sebagai pendukung penjurnalan) dan bukti atas pembayaran (seperti kwitansi, atau tanda terima pembayaran lain)

yang di jelaskan oleh den hulk sebagai bukti intern yang ada tiga macam tadi adalah yang bukti transaksi, itu yang bisa memicu pencatatan akuntansi (penjurnalan)

sedangkan yang disebutkan oleh non lala_lulu itu buktinya nanti masih berupa kwitansi atau bon, atau pembayaran karcis /tiket dll..
nah.. bukti bukti dalam kategori yang disebutkan oleh non lala_lulu ini, nantinya akan di lakukan rekapitulasi, kemudian diterbitkan bukti iternnya.. apakah bukti kas masuk (kalau berupa penerimaan uang) atau bukti kas keluar, baru bisa dilakukan penjurnalan..

karena untuk penjurnalan itu membutuhkan otorisasi dan bahkan approval tersendiri maka harus melalui bukti intern tadi.

gitu..

mudah mudahkan bisa sedikit membantu menjelasan.

eh.. pusing gak sih..??
xixi
maklum ane newbie banget masalah gini ginian..
darkgrey
National Level

Post: 1.885
 
Reputasi: 59

__________________
Abu abu paling gelap

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
4 Tipe Siklus Mens yang Abnormal Gia_Viana Kesehatan 4
Seks Bikin Siklus Menstruasi Jadi Teratur DickyBullin Kesehatan 3
Tahapan gairah sex Pria HulkHogan Kesehatan 0
Siklus Pendidikan nurcahyo Sekolah & Pelajaran Sekolah 3
Ringkasan tahapan SEO irigster Internet 13


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.