Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Belajar Bahasa Lain > Arabic/Arab
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia


Begitu banyak kata bahasa arab yang diserap menjadi bahasa indonesia. Hal ini sebetulnya menjadi keuntungan tersendiri bagi orang indonesia. Karena secara otomatis setiap orang indonesia telah memiliki puluhan bahkan ratusan kosa kata bahasa arab. Dimana kita tahu, bahwa salah satu penunjang yang akan memudahkan kita dalam menguasai suatu bahasa adalah dengan menghafal sebagian besar kata-katanya.

Namun sepertinya, tidak banyak yang menyadari bahwa kata yang diucapkan adalah bahasa arab. Nah, oleh karena itu, melalui postingan ini, ana mengajak antum semua untuk bersama-sama membuat semacam kamus kata serapan bahasa arab.. baik yang diserap secara utuh atau dengan lafadz sedikit berbeda.. baik yang digunakan secara nasional pada umumnya, atau yang biasa digunakan untuk kaum muslmin pada khususnya.. sekedar memberikan bukti, bahwa orang indonesia apalagi umat islamnya sudah punya bekal yang baik untuk mempelajari bahasa arab. ayo orang indonesia, belajar bahasa arab yuk!!

A

Adab

Adat

Adil

Ahad (minggu)

Ahli

Aib

Ajaib

Akad

Akal

Akbar

Akhir

Akrab

Akibat

Alam

Alamat

aljabar

Amal

Aman

Amanah

Aqidah

Arif

Asal

Asli

Awal

Ayat

Azab

B

Bab

Badan

Badui

Bahas (membahas)

Batal

Bait

Bakhil

Bala

Batin

Berkah

Bahas

D

Dahsyat : mengherankan, mencengankan (دَهْشَة)

Daftar

Daerah

Doa

Dakwah

Dai

Dalil

Dewan : kabinet, kantor (دِيْوَان)

Derajat

Dunia

Dzikir

F

Faidah

Fakir

Fana

Fikir

Fitnah

Fitrah

G

Gaib

Gamis

H

Hadiah

Hal

Hadir

Hasad

Haid

Hajat

Hasil

Hamil

Hewan

Hidayah

Hijrah

Hukum

Hakim

Hak

Hakikat

Hayat

Hibah

Hidayah

Hikayat

Hikmah

Hormat

I

Ibadah

Iblis

Ihtisar

Ijazah

Ikhtiar

Ikhlas

Ilmiah

Iman

Insan

Istirahat

Istilah

Istiqamah

Itikad

Ilmu

Ilham

Izin

J

Jadwal

Jama’ah

Jawab

Jasad

Janin

Jenis

Jilid

Jin

Jiran (tetangga)

Jumat

Jumlah

K

Kaum

Kabul

Kafilah

Kabilah

Kaidah

Kalimat

Kamis

Khalifah

Khayal

Khianat

Khusus

Kiamat

Kitab

Kuliah

Kursi

Kubur

Kabar

Kabul (dikabulkan)

Karib

kerabat

Kisah

L

Lazim

Lahir

Lafazh

Laknat

Lisan

M

Majlis : tempat duduk-duduk dan berkumpul (مَجْلِس)

Madrasah

Mahkamah

Mahir

Majalah

Makalah

Makna

Maklumat

Maklum

Makmur

Makhluk

Manfaat

Masalah

Masjid

Masyarakat

Masyhur

Maut

Medan (medan perang)

Mistar

Miskin

Milik

Muballigh

Musibah

Mujarab

Mukim

Murid

Musafir

Musyawarah

Mushalla

N

Nabi

Nafkah

Nasib

Najis

Nikah

Nikmat

P

Paham

Pasal

Petuah

R

Rahmat

Rahim

Rabu

Rasul

Rejeki

Risalah

Riwayat

Ruh

Rujuk

S

saat

Sabar

Sabtu

Sah

Safar

sahabat

Salam

Sehat

Sekarat

Serikat

Siasat

Soal

Sebab

Setan

Selamat

Senin

Selasa

Silaturahim

Sifat

Sihir

Sujud

Surat

Syair

syarat

Syirik

Syukur

T

Taat

Tabiat

Tauhid

Tabib

Tahayul

Takabbur

Takdir

Tawakkal

Tawadhu

Tamak

Tamat

Taubat

Telaah

Tertib

U

Umat

Umur

Ustadz

W

wasit : penengah (وَاسِط)

waswas

Wajah

Wajib

wakil : wakil (وَكِيْل)

Waktu

Wali

Warisan

Wilayah

wujud

Y

Yakin

Yakni

Yatim

Z

Zalim

Zakat

Zaman

Ziarah

Zuhud

Kesimpulannya, kalau bangsa arab mempatenkan setiap kata bahasa arab dan mewajibkan bayar biaya Rp500 saja per kata yang disebut. entah berapa rupiah yang harus kita keluarkan setiap kali kita bicara.. hehe..

sumber:
http://arabic.web.id/kata-serapan-bahasa-arab/
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 175

Dipi76:

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia

rodda yaruddu rodda=keluar, melenceng, nyelonong, akhirnya rakyat Indonesia menjadikannya sebagai bahasa Indonesia buat benda yang menggelinding.
agungsuhada
Admin

Post: 4.853
 
Reputasi: 61






Reply With Quote     #3   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia

Kutip:
Oleh The-architect View Post
rodda yaruddu rodda=keluar, melenceng, nyelonong, akhirnya rakyat Indonesia menjadikannya sebagai bahasa Indonesia buat benda yang menggelinding.
boleh juga walau sedikit maksa

sama kaya "manusia" = man nasia/man nusia (yang lupa/yang dilupa)
cuma maksain banget
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 175






Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia

hoooo...ternyata ahli, akibat, itu juga serapan dari bahasa arab ya bang masy.....wahhh....hehe kereen, baru tahu aku..


hihi yo jangan dipatenkan donk, bisa-bisa bangkrut Indonesia, kan kata serapannya ga dari arab aja, Belanda juga...and manalagi juga ya...
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia

semua yg kutahu dah disebutin
musthaf9
National Level

Post: 778
 
Reputasi: 64

__________________

Bikin cerita? Bingung namain karakternya? Coba ini!





Reply With Quote     #6   Report Post  

Re: Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia

kalo bala artinya apa?
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 244

__________________
Nyi Belang







Reply With Quote     #7   Report Post  

Re: Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia

versi yang mana jeng?

aku tahunya arti dalam jawanya..

hihi artinya ada 2, gorengan dan musibah.. ( ngaco)
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #8   Report Post     Original Poster (OP)

Re: Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia

Kutip:
Oleh bla_bla_bla View Post
kalo bala artinya apa?
tergantung cara penulisan ke arabnya,
kalau بلى (balaa) artinya "ya"
kalau بل لا (bal laa) artinya "tetapi tidak"
kalau بلا (balaa) artinya "menguji/mencoba"
tapi kalau ditambah hamzah jadi بَلاَء artinya "bala bencana/cobaan/ujian"
kalau بَلَّ (balla) artinya "membasahi"
masykur
Mod

Post: 2.118
 
Reputasi: 175

bla_bla_bla:





Reply With Quote     #9   Report Post  

Re: Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia

waaahh pengartian ngaco ku bener satu.. yang ditambah hamzah artinya bencana = musibah..

humm jadi nambah ngerti deh arti macam2 bala
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #10   Report Post  

Re: Kata kata serapan bahasa Arab yang umum di gunakan orang Indonesia

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
versi yang mana jeng?

aku tahunya arti dalam jawanya..

hihi artinya ada 2, gorengan dan musibah.. ( ngaco)
wkwkkw.... denger gorengan jadi laper jeng.. wkwk

Kutip:
Oleh masykur View Post
tergantung cara penulisan ke arabnya,
kalau بلى (balaa) artinya "ya"
kalau بل لا (bal laa) artinya "tetapi tidak"
kalau بلا (balaa) artinya "menguji/mencoba"
tapi kalau ditambah hamzah jadi بَلاَء artinya "bala bencana/cobaan/ujian"
kalau بَلَّ (balla) artinya "membasahi"
ooo begitu ya... syukurlah klo bala tu banyak arti bukan musibah aja..
terimakasih ya... dah tambah ilmu ni...
bla_bla_bla
Continent Level

Post: 7.579
 
Reputasi: 244

__________________
Nyi Belang


Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
[materi dasar B.arab 4] Tata bahasa - pembagian kata masykur Arabic/Arab 9
Kata-Kata Serapan Dari Bahasa Belanda.. HulkHogan Belajar Bahasa Lain 7
TDW Club - Kata-Kata Lambat Kata-Kata Cepat TDWClub Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik 1
[materi dasar B.arab 5] Tata bahasa - kata benda nama (isim alam) masykur Arabic/Arab 5
Kata dalam bahasa indonesia yang kamu tidak tahu atau tidak yakin HulkHogan Penulis, Buku, Sastra & Bahasa 6


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.