Jenis-jenis Diam Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Pengembangan Diri & Menjadi Lebih Baik
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

[Potensi Diri] Jenis-jenis Diam

Sesungguhnya diam itu sangatbermacam-macam penyebab dan dampaknya. Ada yang dengan diam jadi emas, tapi ada pula dengan diam malah menjadi masalah.Semuanya bergantung kepada niat, cara, situasi, juga kondisi pada diri dan lingkungannya. Berikut ini bisa kita lihat jenis-jenis diam:


a. Diam Bodoh

Yaitu diam karena memangtidak tahu apa yang harus dikatakan. Hal ini bisa karena kekurangan ilmu pengetahuan dan ketidak mengertiannya, atau kelemahan pemahaman dan alasan ketidak mampuan lainnya. Namun diam ini jauh lebih baik dan aman dari pada memaksakan diri bicara sok tahu.


b. Diam Malas

Diam jenis merupakankeburukan, karena diam pada saat orang memerlukan perkataannya, dia engganberbicara karena merasa sedang tidak mood, tidak berselera atau malas.


c. Diam Sombong

Ini pun termasuk diam negatif karena dia bersikap diam berdasarkan anggapan bahwa orang yang diajak bicara tidak selevel dengannya.


d. Diam Khianat

Ini diamnya orang jahat karena dia diam untuk mencelakakan orang lain. Diam pada saat dibutuhkan kesaksian yang menyelamatkan adalah diam yang keji.


e. Diam Marah

Diam seperti ini ada baiknya dan adapula buruknya, baiknya adalah jauh lebih terpelihara dari perkataan keji yang akan lebih memperkeruh suasana. Namun, buruknya adalah dia berniat bukan untuk mencari solusi tapi untuk memperlihatkan kemurkaannya, sehingga boleh jadi diamnya ini juga menambah masalah.


f. Diam Utama (Diam Aktif)

Yang dimaksud diam keutamaan adalah bersikap diam hasil dari pemikiran dan perenungan niat yang membuahkan keyakinan bahwa engan bersikap menahan diri (diam) maka akan menjadi maslahat lebih besar dibanding dengan berbicara.

Semoga bermanfaat..
aqha
National Level

Post: 1.163
 
Reputasi: 262

resi_dj: keren kak

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Jenis-jenis Diam

humm yummi nih...

makasih kakak, threadnya keren...

nah kemudian, apakah langkah kita selanjutnya untuk menanggulangi/ keluar dari jenis diam yang mengungkung jiwa kita dalam keadaan yang tidak berkembang...?!
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Jenis-jenis Diam

wuihhh...

gw sering diam ketika sedang beol. Tapi gak tau kenapa, seringnya sih tiba-tiba gremeng dewe. yang lain pada gitu gak?

tapi selain beol, gw juga sering diem. Karena merasa gak perlu bicara. Kadang bagi gw, itu justru membuat seseorang berpikir dua kali.

aaaaaaaaaaaaa, pasive kembali menggila setelah bertahun-tahun latihan jadi active
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #4   Report Post  

Bls: Jenis-jenis Diam

bhuwakakaka mendol...dasar bjhe...ya masak mo trisk-triak sih waktu kamu beol...

Kutip:
gw juga sering diem. Karena merasa gak perlu bicara. Kadang bagi gw, itu justru membuat seseorang berpikir dua kali.
kok sama sih bjhe
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Jenis-jenis Diam

karena kita sehati. hiaahahahaha. gw mantep kayak gitu, karena baca novel momo yang indah
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Jenis-jenis Diam

novel momo tu yang mana jhe..

humm jhe yuk, back ke topic ya....

share donk, menurut kamu, langkah selanjutnya untuk menanggulangi/ keluar dari jenis diam yang mengungkung jiwa kita dalam keadaan yang tidak berkembang itu bagaimana?!
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Jenis-jenis Diam

OOT: pernah gw posting. cari aja di gugel. Jadi ada anak kecil yang diandelin buat curhat seluruh warga kota. Padahal anak itu gak jawab apa-apa selain diem. Karena yang dibutuhkan orang itu keseringan kesempatan kedua kalinya berpikir.

Cara menanggulangi, hmm. caranya yaitu diam yang merendahkan diri. Kan berarti tidak sombong, tidak dendam, tidak berkhianat, tidak yang negatif. Diam merendahkan diri, itu yang dibutuhkan oleh orang lain.
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Jenis-jenis Diam

Kutip:
Diam merendahkan diri, itu yang dibutuhkan oleh orang lain.
emang bener ya semua orang membutuhkan??


maksudnya gimana jhe?
resi_dj
World Level

Post: 10.827
 
Reputasi: 52

__________________
Putri PetiR






Reply With Quote     #9   Report Post  

Bls: Jenis-jenis Diam

Kutip:
Oleh resi_dj View Post
emang bener ya semua orang membutuhkan??


maksudnya gimana jhe?
benar. Karena semua orang membutuhkan cermin bukan?
Kegunaan cermin :
1. Menata diri sendiri secara fisik.
2. Menata diri sendiri secara sikap.
3. Menata diri sendiri menghindari hal yang negatif.

orang yang diam yang posisinya lebih rendah dari apa yang orang lain ucapkan (dalam artian secara kasat mata bagi si pembicara; kita mendengarkan), itu seperti bercermin. Sikap cermin ini, banyak gunanya dibanding diam yang lain! kita bisa tahu bohongnya si pembual, kita bisa tahu sejarahnya si pendongeng, kita bisa tahu keinginannya si penuntut.

Nah itu bagi kita. (tentu saja tidak perlu diutarakan sesungguhnya apa yang telah kita baca)

Begitu pula bagi si pembicara. Mereka akan mulai melihat dirinya sendiri karena monolognya itu. Sehingga ia berpikir dua kali apa yang pantas dan apa yang tidak. Apa yang baik apa yang buruk. Karena dengan memposisikan diri kita sebagai pendengar yang baik, maka kita sudah jauh diatas si pembicara.

Hehehehe, seperti itulah menjadi pendengar.

Nah, kembali lagi dengan pernyataan saya tentang diam yang karena tidak perlu berbicara. Sesuai dengan statement gw sebelumnya, diam seperti ini tidak akan menjadi efektif ketika kita tidak menjadi pendengar. Jadi, tidak akan ada efek cermin (berpikir dua kali) bagi si pembicara, jika tidak diawali menjadi pendengar.

Mungkin definisi diam yang tepat menurut statement gw dan maksud gw sebelumnya itu, diam mendengarkan. (sering tuh bu guru nyuruh gitu )
bjhe
Continent Level

Post: 3.890
 
Reputasi: 38

__________________





Reply With Quote     #10   Report Post  

Bls: Jenis-jenis Diam

Hm.. tapi biasanya lawan bicara butuh opini/tanggapan dari pendengar.. bukan cuma diam, karena opini/tanggapan sangat penting buat pembicara & tujuan diskusi. Apakah pendengar memperhatikan atau malah sebaliknya. Masa ajang diskusi.. pendengarnya diam semua
jmw01
Continent Level

Post: 4.173
 
Reputasi: 358

__________________
Historian of the Month

Reply
 


Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Mengenali Jenis-Jenis Foreplay...mmmm...yummy... HeLLKiNG_666 Kesehatan 1
INFO JENIS-JENIS PENYAKIT KELAMIN (CIRI" dan TANDA) DickyBullin Kesehatan 9
Beberapa Jenis-jenis Makhluk Halus Di Kalimantan Adhi_co0l Misteri & Supranatural 51
Beberapa Jenis-jenis Makhluk Halus Di Jawa jozza Misteri & Supranatural 15
Tips untuk ‘Membuka Diri’ terhadap Lawan Jenis maupun Sesama Jenis debrian Cinta & Romantis 9


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.