Jam Matahari Login dengan akun Jejaringsosial.com anda Daftar sebuah akun Jejaringsosial.com
 
Go Back   Home > Agama > Islam
Lupa Password?

Gambar Umum Video Umum





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Jam Matahari

Jam matahari konon digunakan oleh orang-orang terdahulu kita untuk menentukan waktu shalat dan juga waktu berbuka puasa, tapi siapa sangka ternyata beberapa daerah di Indonesia pun masih mempergunakannya sebagai alat penentu waktu badah dan juga waktu bertani.

Sempat tanya-tanya nih sama SD islam di daerah Yogyakarta yang menjelaskan bagaimana cara kerja dan sejarah dari jam matahari ini.

Dengan polosnya dia bercerita, "jadi gini kak" hehe sambil nyengir malu-malu..

Jaman dulu orang-orang masih suka bingung bagaimana menentukan waktu untuk pertemuan atau untuk bertani, mereka biasanya menggunakan gugusan bintang sebagai pertanda baik untuk bertani dimalam harinya, tapi di siang harinya ternyata mereka menemukan cara cerdas yaitu dengan menggunakan cahaya matahari sebagai penentu waktu. Sebagian dari mereka yang berilmu memperhatikan cara kerja matahari kepada bumi (atau mungkin terbalik kali yah bumi yang mengitari matahari ) hingga dibuatlah sebuah patokan yaitu dengan sebatang kayu yang ditancapkan pada sebidang tanah datar. Cahaya matahari yang terhampar ke tiang tersebut kemudian diberi tanda dan kemudian tanda ini digunakan sebagai ketetapan waktu untuk beribadah. Dan ternyata konon bangsa maya juga melakukan hal yang sama untuk menentukan berapa jam kah yang tepat untuk takaran satu hari penuh.

Berasa dodol pada saat adik kecil ini bercerita ya Allah kemana aja aku selama ini?

Nah ini dia, ada tugas prakarya dari salah satu guru mereka untuk mempraktekan bagaimana jam matahari ini bekerja



Mereka membuatnya dari kertas yang digambari dengan sebuah lingkaran di tengahnya. Trus dikasih angka, seperti jam . Di tengahnya dikasih sedotan yang ditempel dengan plastisin. Sedotan ini sebagai jarum. Kemudian setelah jadi jam itu dibawa ke tempat yang terbuka agar sinar matahari bebas memancar.



Nah begitu sinar matahari menerpa jam. Akan muncul bayangan dari batang sedotan. Keliatan kan seperti jarum penunjuk pada jam Tinggal dipaskan dengan angka sesuai dengan waktu saat itu. Amati deh, ternyata bayangan itu bergerak seperti jarum jam. Lho kok bisa? Ya iyalah karena matahari bergerak . . . ups salah ding, bukan matahari tapi bumi yang berputar. Sehingga matahari serasa bergerak dari timur ke barat. Jadinya bayangan yang terbentuk juga bergerak kan.





Tapi jangan dipake saat malam ya. Mataharinya gak ada. Kalopun ada bulan saat purnama juga sulit. Habisnya cahayanya kalah terang dengan matahari. Selamat mencoba . . . .

Gambar diatas aku ambil dari sekolahalamjogja


Jika kamu suka dengan tulisan ini, jangan lupa kirim sms bintang dan kasih reputasi yah semoga bermanfaat
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________

 






Reply With Quote     #2   Report Post  

Bls: Jam Matahari

Kalau di taman-taman umum di eropa sana, pasti ada jam2 matahari begini. bentuknya seperti ini...
Attached Thumbnails
Jam Matahari-dipi1.jpg  Jam Matahari-obraz-010.jpg  
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #3   Report Post  

Bls: Jam Matahari

d pedalaman sulawesi tenggara masih menggunakan matahari sebagai penentu sholat. Caranya sederhana. Jika bayangan sama panjang dgn obyek [tubuh] maka itu pertanda sudah saatnya sholat dzuhur. Jika bayangan 2x panjang dari obyek itu tanda sholat ashar
mojave
Mod

Post: 51.138
 
Reputasi: 1161






Reply With Quote     #4   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Jam Matahari

Hehehe desainnya keren tuh ka yang disebelah kanan, itu di negara mana?
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________






Reply With Quote     #5   Report Post  

Bls: Jam Matahari

@dipi, megha
Kl pk hp ga kliatan tuh gambarnya
Pk image flash ya
mojave
Mod

Post: 51.138
 
Reputasi: 1161






Reply With Quote     #6   Report Post  

Bls: Jam Matahari

Kutip:
Oleh Megha View Post
Hehehe desainnya keren tuh ka yang disebelah kanan, itu di negara mana?
Yang ini ya?


itu di London, Dek.

-dipi-
Dipi76
Continent Level

Post: 9.577
 
Reputasi: 1117






Reply With Quote     #7   Report Post  

Bls: Jam Matahari

waw keren
mojave
Mod

Post: 51.138
 
Reputasi: 1161






Reply With Quote     #8   Report Post  

Bls: Jam Matahari

blh juga tuk di coba
rizalolo
Mod

Post: 45.484
 
Reputasi: 259

__________________
Pangeran kegelapan






Reply With Quote     #9   Report Post     Original Poster (OP)

Bls: Jam Matahari

Kutip:
Oleh Dipi76 View Post
Yang ini ya?


itu di London, Dek.

-dipi-
Kutip:
Oleh rizalolo View Post
blh juga tuk di coba
hehe silahkan di coba ya ka lolo, kalo udah bisa ajarin aku aku aja gak ngerti gimana cara membaca keterangan waktu dari jam matahari payah deh aku....
Megha
World Level

Post: 16.442
 
Reputasi: 546

__________________

Reply
 


Pergunakan juga aplikasi
Alquran Online
dan Terjemahan nya, sebagai bahan kajian atau sumber
Keyboard Virtual HurufArab/Arabic untuk menulis huruf arab/arabic

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Bunga Matahari dindadinda Flora, Pertanian & Perkebunan 3
matahari sultanpalz Science & Penemuan 4
Matahari galels Humor 2
MAtahari d-net SMA/SMK/MA Kelas 11 6
kisah goa dan matahari d4n1el Kristen Protestan 0


Pengumuman Penting

Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.