Tumor Terbesar di Dunia 23 Kg Diangkat dari Rahim Wanita

spirit

Mod
tumoraksasaafp.jpg

Buenos Aires, Ukuran tumor yang pernah diangkat dari tubuh manusia jarang melebihi 3 kg. Namun dokter di Argentina baru-baru ini berhasil mengangkat tumor raksasa dari rahim seorang wanita, seberat 23 kg atau setara dengan berat bocah usia 4 tahun.

Wanita 54 tahun asal Lomas de Zamora, pinggiran kota Buenos Aires itu mengalami pembengkakkan perut dalam 1,5 tahun terakhir. Dari hari ke hari, perut yang makin membesar itu membuatnya sulit melakukan aktivitas sehari-hari.

Setelah diperiksa oleh dokter di rumah sakit, diketahui pembengkakkan itu disebabkan oleh tumor ganas yang tumbuh di rahimnya. Wanita yang tidak disebutkan namanya itu harus menjalani operasi untuk mengangkatnya.

Ketika datang ke Gandulfo Hospital untuk menjalani operasi, berat badannya telah mencapai 140 kg. Setelah operasi, berat badannya turun drastis sebab ukuran tumor yang bisa diangkat ternyata sangat besar yakni mencapai 23 kg.

Oscar Lopez, dokter bedah yang memimpin operasi tersebut mengatakan berat tumor tersebut sebanding dengan bocah berusia 4 tahun. Diyakini, tumor yang diangkat dari rahim wanita itu merupakan yang terbesar di dunia hingga saat ini.

"Dalam pengertian awam, wanita ini seperti sedang mengandung anak kembar 5. Saya belum pernah menemukan yang seperti ini dalam 34 tahun karir saya sebagai dokter bedah," ungkap Lopez, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (25/8/2010).

Saat ini, wanita tersebut sudah diperbolehkan pulang ke rumah. Ia hanya menjalani rawat inap selama 5 hari setelah operasi yang berjalan sukses tersebut.

sumber: detiknews
 
Bls: Tumor Terbesar di Dunia 23 Kg Diangkat dari Rahim Wanita

MAsyallah itu beneran mas? gede banget.... kaya karung!!
 
Bls: Tumor Terbesar di Dunia 23 Kg Diangkat dari Rahim Wanita

waahh pasti rasanya langsung lega tuh si Ibu. Badan jadi enteng. :D


-dipi-
 
Bls: Tumor Terbesar di Dunia 23 Kg Diangkat dari Rahim Wanita

ada yg tahu nggk sebenernya Tumor itu apa sih? daging yang tumbuh kah? atau apa?
 
Bls: Tumor Terbesar di Dunia 23 Kg Diangkat dari Rahim Wanita

ada yg tahu nggk sebenernya Tumor itu apa sih? daging yang tumbuh kah? atau apa?
Menurut jurnal dari Medterm tumor adalah An abnormal mass of tissue. Tumors are a classic sign of inflammation, and can be benign or malignant (cancerous). There are dozens of different types of tumors. Their names usually reflect the kind of tissue they arise in, and may also tell you something about their shape or how they grow. For example, a medulloblastoma is a tumor that arises from embryonic cells (a blastoma) in the inner part of the brain (the medulla). Diagnosis depends on the type and location of the tumor. Tumor marker tests and imaging may be used; some tumors can be seen (for example, tumors on the exterior of the skin) or felt (palpated with the hands).

Terjemahan bebasnya, kira2 seperti ini...
Tumor adalah pembengkakkan yang disebabkan oleh adanya inflamasi atau peradangan dan pertumbuhan jaringan yang abnormal di dalam tubuh. Tipe tumor berdasarkan pertumbuhannya dapat dibedakan menjadi tumor ganas (malignant tumor) dan tumor jinak (benign tumor). Ada puluhan jenis tumor. Nama mereka biasanya mencerminkan jenis jaringan dimana mereka muncul dan tumbuh, dan juga bagaimana bentuk tumor tersebut atau bagaimana mereka tumbuh. Sebagai contoh, medulloblastoma adalah tumor yang muncul dari sel-sel embrio (blastoma) di bagian dalam otak (medula).

Seperti itu definisi dari tumor. :)

Menambahkan soal tumor, tumor ganas ini sering juga disebut dengan bersifat Kanker. Tetapi kemungkinan tumor jinak menjadi ganas bisa saja tapi sangat jarang terjadi, biasanya pada Tumor yang sudah terlalu lama dan besar. Misalnya Fam (Fibroadenoma mamma), tumor jinak payudara bila dibiarkan bertahun-tahun ada yang berubah jadi ganas, ini dikenal sebagai Progressi, persentase kemungkinannya kira-kira hanya 0,5 % -1% saja. Tumor disebabkan oleh mutasi DNA di dalam sel. Akumulasi dari mutasi-mutasi tersebut menyebabkan munculnya tumor. Sebenarnya sel kita memiliki mekanisme perbaikan DNA (DNA repair) dan mekanisme lainnya yang menyebabkan sel merusak dirinya dengan apoptosis jika kerusakan DNA sudah terlalu berat. Apoptosis adalah proses aktif kematian sel yang ditandai dengan pembelahan DNA kromosom, kondensasi kromatin, serta fragmentasi nukleus dan sel itu sendiri. Mutasi yang menekan gen untuk mekanisme tersebut biasanya dapat memicu terjadinya kanker.

Kanker sendiri sebenarnya adalah istilah untuk segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, dan bahkan menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline).

Hal ini sangat berbeda dengan benign tumor (tumor jinak) yang tidak menyerang jaringan di sekitarnya dan tidak membentuk metastase, tapi secara lokal dapat bertumbuh menjadi besar. Biasanya benign tumor tidak muncul lagi setelah dilakukan operasi pengangkatan tumor.


-dipi-
 
Back
Top