Ancaman bunuh diri

lautan_asmara

New member
Siapapun orangnya bisa saja berpikir untuk bunuh diri. Orang yang sedang terdesak bisa tiba-tiba terlintas untuk bunuh diri tanpa sempat disadari orang sekitarnya. Apa pun bentuknya jangan remehkan ancaman bunuh diri.

Penulis kesehatan Jane McCredie yang tinggal di Sydney mengatakan, memang sulit mengetahui dan menanggapinya ketika seseorang yang dekat dengan kita sedang berpikir untuk bunuh diri.

"Tetapi keluarga dan teman-teman memiliki peran penting untuk menyelamatkannya," kata Jane seperti dilansir dari abc.net, Kamis (26/8/2010).

Banyak kasus orang yang sedang bertengkar kemudian dalam posisi terjepit salah satunya mengancam bunuh diri. "Saya akan bunuh diri saja", tapi dengan enteng rekannya berkata, "Memang berani?, bunuh diri saja".

Dalam kondisi ada orang yang mengancam bunuh diri seperti itu, menurut anggota pencegah bunuh diri Australia Alan Woodward, jangan justru membuat komunikasi yang malah bisa memicunya nekat melakukan bunuh diri.

"Jangan pernah berpikir itu cuma ancaman yang main-main lalu semuanya akan baik lagi," kata Woodward.

Jika seseorang berisiko merusak dirinya sendiri, maka orang sekitarnya harus segera mengambil tindakan. Menunjukkan sikap empati bahwa Anda memahami ketidakberdayaannya.

Dilansir dari situs pencegahan bunuh diri 211bigbend.org, ketika 'merangkul' atau mengambil hati orang yang mengancam bunuh diri, jangan sekali-sekali menghakimi orang tersebut seperti berkata, "Itu suatu hal yang bodoh".

Jangan memperdebatkan apakah bunuh diri adalah benar atau salah, baik atau buruk. Jangan dulu diceramahi tentang nilai-nilai hidup.

Cobalah bicara secara langsung dengan suara yang pelan dan tanyakan apa yang membuatnya ingin bunuh diri. Lalu dengarkan masalahnya, biarkan jika ia ingin menangis atau berteriak.

Setelah agak tenang dan Anda yakin ia sudah bisa ditinggal, cari bantuan dari orang-orang terdekatnya untuk memperhatikannya. Jangan biarkan dia sendiri jika Anda yakin dia bisa berbuat nekat.

Menunjukkan dukungan dan terlibat dengannya akan membuatnya tahu bahwa ada yang peduli terhadap hidupnya. Berusahalah untuk tidak bertindak terkejut. Jika Anda menunjukkan sikap keterkejutan itu akan membuat jarak antara Anda dan orang yang ingin bunuh diri, dan mungkin ia merasa Anda tidak mengerti.

Tunjukkan bahwa Anda ingin mengerti dan tidak akan berpaling atau menolak dengan apa yang dirasakan. Cobalah cari tahu bagaimana ia merencanakan untuk bunuh dirinya. Karena semakin spesifik rencananya maka semakin besar peluang ia akan bunuh diri.

Jauhkan dari barang-barang yang bisa memicunya melakukan rencananya itu seperti menenggak obat yang berlebihan atau menggunakan benda tajam.

Jika kondisinya sudah tenang beri bantuan terapi dengan membawanya ke psikolog atau psikiater yang memang sudah punya pengalaman menangani kasus-kasus seperti itu.

Perawatan pada orang yang memiliki keinginan untuk bunuh diri adalah memberikan perhatian dan semangat hidup oleh orang-orang disekitarnya seperti keluarga atau teman dekat.

Keinginan untuk bunuh diri ini bisa dipicu oleh banyak faktor, seperti depresi berat, tingginya tekanan stres yang harus dihadapi dalam hidup atau pekerjaan, tak sanggup melawan penyakit kronik yang sudah berlangsung lama atau memiliki pemikiran bahwa dirinya tidak berguna lagi untuk hidu
 
Bls: Ancaman bunuh diri

hehehe.. salah satu hal yang bisa dilakukan oleh orang terdekat untuk membantu mencegah seseorang bunuh diri adalah cukup dengan menemani kalau bisa orang tersebut di ajak duduk bersama di ruangan yang terbuka.

Ndak usah banyak bertanya alasan yang menyebabkan dia ingin bunuh diri,, hal itu justru akan memicu ingatannya kembali akan kejadian2 buruk yang membuat dia ingin bunuh diri,, ndak usah banyak kasih saran ini itu pula karena pada saat itu, orang yang berniat bunuh diri sama sekali tidak memerlukan banyak saran atau nasihat.

Niatan bunuh diri bisa menjadi kenyataan karena orang tersebut secara sadar atau tidak sadar terus menerus melakukan self-hypsnosis.. dengan cara mengingat, mengulang dan mengutuki masalah2 yang sedang dia alami.
 
kalo ada orang bilang, "Gue lebih baik mati.." atau "Gue mo bunuh diri!"
Itu jangan disepelekan..
 
ah mantan tia selalu bilang gtu klo tia putusin... dan nyatanya sekarang fine-fine aja non kalin

syukurlah..
Karena banyak juga kasus gitu..
Ada orang ancam mau bunuh diri...dicuekin..malah bunuh diri beneran..
Mungkin dilihat seberapa depresinya..
 
syukurlah..
Karena banyak juga kasus gitu..
Ada orang ancam mau bunuh diri...dicuekin..malah bunuh diri beneran..
Mungkin dilihat seberapa depresinya..
seberapa depresinya dan dilihat seberat apa masalahnya, kalau misalkan pacar tia itu cwe dan udah tia apa-apain, wajar dia mau bunuh diri kan? lah dia laki-laki? yg ada jga tia yg mau bunuh diri klo emang dah ngapa-ngapain kan?

masalah keluarga dan pembullyan jga bisa ya non kalin
 
Back
Top