Macam-macam jenis Tekanan Darah/Tensi Darah

gembelcobek

New member
tekanan_darah_tinggi-23.jpg

Tekanan Darah (Ked.: tensi darah). Tekanan hidrostatik darah pada dinding pembuluh darah yang bergantung pada energi kerja jantung, kekenyalan dinding pembuluh nadi kecil (arteriol), tahanan dalam pembuluh rambut (kapiler) dan jumlah serta viskositet darah.

Tekanan sistol
ialah tekanan darah maksimum atau tekanan darah tertinggi yang timbul pada saat kontraksi (sistol) ventrikel kiri; tekanan diastol, ialah tekanan darah minimum atau tekanan darah terendah yang terjadi pada saat pelemasan (diastol) ventrikel kiri. Tekanan abnormal tinggi, terutama tekanan darah (hipertensi). Tekanan yang menurun atau tekanan darah yang menurun (hipotensi).

*Hipotensi ortostatik: tekanan darah yang menurun pada waktu seorang berubah sikap dan berbaring ke berdiri.

Darah Rendah
Tekanan (Ked.: hipolensi). Keadaan pada seorang dewasa di mana tekanan sistolik kurang dan 100 mmHg. Penderita biasanya mengeluh pusing, malas, lelah, mengantuk, konsentrasi kurang.

Darah Samar
Pemeriksaan yang dilakukan dalam hal disangka adanya melena atau perdarahan sedikit dalam suatu bahan berasal dari badan, yang makroskopis dan mikroskopis tidak dapat dilihat. Pemeriksaan dilakukan dengan benzidin atau guajac yang dicampur asam asetat glasial dan penoksida 3%. Dengan terdapatnya darah, maka hemoglobin yang bersifat sebagai peroksidase akan mengurai peroksida dengan menghasilkan atom 0 yang akan mengoksidasi benzidin atau guajac menjadi warna biru; makin banyak darah, makin terjadi warna niru pada *tinja.
 
Bls: Macam-macam jenis Tekanan Darah/Tensi Darah

tekanan darah merupakan bagian dari vital sign (tanda vital) kehidupan yang menjadi alarm tubuh jika dalam kondisi menurun. inikator dikatan normal jika tekanan darah 120/80
 
Back
Top