[Biografi] Henry Darcy

gembelcobek

New member
150px-Henry_Darcy.jpg

Henry Darcy (1803—1858). Insinyur *hidnaulika Perancis, mempelajari gerak air dalam pasir. Karya tulisnya terbit 1856, berjudul Les fontaines publiques de ?*a ville de Dijon, dan menyebabkannya diakui sebagai orang pertama yang menyatakan hukum mengenai gerakan air tanah secara matematika. Kini terkenal dengan sebutan Hukum Darcy. Namanya diabadikan dalam istilah *darcy, satuan baku untuk kelulusan (permeabilitas).

Ilmu Darcy juga ternyuata dikenal sebagai pencipta hukum Darcy (Lambang: D). Satuan untuk menyatakan daya-rembes (permeabilitas) batuan. I D=0,987 x 1012 m2.
 
Bls: [Biografi] Henry Darcy

Henry Philibert Gaspard Darcy (10 Juni 1803 - 3 Januari 1858) adalah seorang insinyur Perancis yang memberikan kontribusi penting dalam beberapa teori hidrolika.

Dia dilahirkan di Dijon, Perancis. Meskipun ayahnya meninggal pada tahun 1817 ketika ia berusia 14, ibunya bisa meminjam uang untuk membayar biaya sekolahnya. Pada 1821 ia masuk di Ecole Polytechnique di Paris, dan dua tahun kemudian dipindahkan ke Ecole des Ponts et Chaussees, yang akhirnya membawa dia bekerja pada Departemen jembatan dan jalan.

Henry bertemu dengan seorang wanita Inggris, Henriette Carey, yang keluarganya tinggal di Dijon, dan menikahinya pada tahun 1828.

Sebagai anggota Dept. Jembatan dan Jalan, ia membangun sebuah sistem distribusi air bertekanan yang sangat brilian di Dijon setelah kegagalan usaha untuk membuat pasokan air bersih yang memadai dengan sumur bor. Sistem ini menyalurkan air dari Rosoir Spring sepanjang 12,7 km melalui saluran air yang berakhir pada waduk di dekat kota, yang kemudian dimasukkan ke dalam jaringan 28.000 meter pipa air bertekanan yang didistribusikan ke seluruh kota. Sistem ini telah ditutup dan diberi tekanan udara dengan gravitasi, dan dengan demikian tidak diperlukan filter atau pompa. Dia juga terlibat dalam berbagai pekerjaan umum lain di dalam dan sekitar Dijon, serta dalam politik pemerintah kota Dijon.

Selama periode ini ia menemukan persamaan Prony untuk menghitung berkurangnya tekanan akibat gesekan, yang setelah modifikasi lebih lanjut oleh Julius Weisbach akan menjadi persamaan Darcy-Weisbach yang terkenal dan masih digunakan sampai sekarang.

Pada 1848 ia menjadi Chief Engineer. Tak lama kemudian ia meninggalkan Dijon karena tekanan politik, tapi dipromosikan menjadi Direktur Utama departemen Air dan trotoar dan berkantor di Paris. Sementara di posisi itu, dia bisa lebih fokus pada penelitian hidrolika, terutama pada arus dan kerugian gesekan pada pipa. Selama periode ini ia memperbaiki desain tabung pitot, sebagai bentuk dasar yang digunakan hingga hari ini. Ia melepaskan jabatannya pada tahun 1855 karena kesehatan yang buruk, namun diizinkan untuk melanjutkan penelitian di Dijon. Pada 1855 dan 1856 ia melakukan eksperimen kolom yang ditetapkan dan dikenal sebagai hukum Darcy.

Dia meninggal karena pneumonia saat perjalanan ke Paris pada tahun 1858, dan dimakamkan di Cimetiere de Dijon (sebelumnya dikenal sebagai Péjoces) di Dijon.

-dipi-
 
Back
Top