Kawah Misterius di Planet Mars

spirit

Mod
Sebuah foto yang dirilis Badan Antariksa Eropa, European Space Agency (ESO) menunjukkan sisi dekat kawah memanjang misterius di Mars -- yang dikenal sebagai Orcus Patera.

1_Kawah_misterius.jpg

Kawah ini terletak di dekat katulistiwa, garis melintang di belahan timur Mars. Kawah ini besar, memiliki panjang 380 kilometer, lebar 140 kilometer, dan dalamnya sekitar 2,3 kilometer. Letaknya di antara Gunung Elysium Mons dan Olympus Mons.

Astronom telah mengetahui tentang keberadaan kawah aneh ini selama beberapa dekade, namun mereka belum mengetahui bagaimana Orcus Patera terbentuk.

Kata 'patera' sendiri umumnya mengacu pada bentuk kawah gunung berapi yang dalam, kompleks, dan tidak teratur. Namun, meski nama dan lokasinya dekat dengan beberapa gunung berapi besar di Mars, Orcus Patera mungkin tidak vulkanik.

Para ilmuwan menduga, struktur oval kemungkinan bukan kawah. Itu mungkin disebabkan lubang di tanah yang besar yang kemudian mengalami deformasi akibat kekuatan tektonis.

Kekuatan tersebut terbukti pada Orcus Patera -- retak panjang di permukaan Mars yang disebut 'graben' melintasi tepi kawah dan kerutan yang diduga akibat tekanan.

Graben dan kerutan bisa ditemukan di seluruh permukaan Mars, sehingga keberadaan mereka di Orcus Patera tidak luar biasa.

Kemungkinan lain, kawah besar itu diakibatkan erosi yang mennghapus batas-batas beberapa kawah kecil -- menciptakan apa yang tampak seperti kawah oval tunggal.

Namun, para ilmuwan berpikir kemungkinan pembentukan Orcus patera yang paling mendekati kebenaran adalah hantaman benda kecil di permukaan Mars dalam angle yang sangat dangkal -- mungkin kurang dari lima horizontal.

Benda yang menabrak itu diduga yang menggali lapisan debu di Mars -- menciptakan struktur mirip botol yang bisa kita lihat sekarang.

Namun, apa penyebab sebenarnya belum diketahui. Asal usul sebenarnya masih jadi salah satu misteri dari Planet Mars.

sumber: forum kami
 
Bls: Kawah Misterius di Planet Mars

Penampakan “Wajah” Di Planet Mars

71289817.jpg


Eh, ternyata manusia nggak sendirian, lhoh! Selain manusia, kemungkinan masih ada makhluk hidup lain, yakni makhluk luar angkasa !

Bukankah sudah bertahun – tahun pihak ilmuwan mengadakan penelitian dalam hal ini ?

Juga banyaknya kesaksian – kesaksian, dari saksi mata yang melihat piring terbang yang melayang diangkasa.

Bukan hanya itu saja, bahkan ada orang yang bersaksi pernah bertemu dengan makhluk luar angkasa.

Ada yang diculik, bahkan ada yang mengaku diperkosa oleh makhluk aneh yang menyerupai manusia tersebut.

Benarkah demikian ?

Apakah orang – orang yang mengaku pernah melihat piring terbang, hanyalah orang sinting yang gila publikasi ?

Atau orang yang bersaksi pernah bertemu makhluk luar angkasa tersebut, hanyalah orang yang mengalami halusinasi penglihatan ?

Sampai sejauh ini masih tetap ditemukan pro dan kontra tentang keberadaan UFO, juga makhluk lain yang menghuni planet – planet diluar bumi. Supaya dahi bertambah berkerut, maka DD ambilkan artikel yang ditulis di sini.Yang terjemahannya sebagai berikut :

Pihak NASA telah mengeluarkan hasil foto – foto tentang planet Mars yang paling terbaru. Yang mana foto heboh yang menyerupai wajah tersebut, hanyalah semata – mata bukit belaka.

Foto – foto ini diambil oleh oleh Mars Global Surveyor. Foto tesebut bisa menyerupai apa saja, mulai dari jejak sandal hingga buah paprika yang dikukus.

Tetapi tidak menyerupai goresan wajah, ” Demikian menurut laporan dari jurnalist Associated Press.Hampir lebih dari 20 tahun yang lalu, Viking Orbiters mengambil gambar permukaan planet Mars, yang menghasilkan gambar yang menyerupai sosok wajah.

Namun menurut kebanyakan orang, mereka beranggapan sederhana, bahwa ini hanyalah sebagai akibatpermainan antara warna terang dan bayangan, yang ada dipermukaan planet Mars.

Namun ada juga pihak yang mengatakan, bahwa ini merupakan bukti adanya makhluk luar angkasa. Bahkan ada yang mengatakan, pihak NASA menutup – nutupi informasi yang sebenarnya.

Karena pihak Vikings Orbiters tidak menemukan jejak – jejak tanda kehidupan di planet merah tersebut. Para experts Mars berharap agar setiap orang menjadi jelas. Bahwa wajah yang ditemukan pada foto, hanyalah merupakan formasi alam semata.

Akan tetapi juru bicara dari Entreprise Mission, yang merupakan kelompok ahli tandingan yang selalu mengikuti hasil penelitian yang dilakukan oleh NASA, berpendapat lain.

Bahwa foto – foto yang terbaru terlalu kurang jelas untuk menarik sebuah kesimpulan. Pihak NASA menyebarkan foto – foto lewat internet agar tidak menimbulkan kesan, bahwa mereka ingin menutupi fakta yang sebenarnya.

Sedangkan news yang dimuat oleh dailymail.co.uk menunjukkan gambar – gambar yang menakjubkan. Dengan judul :

“Life on Mars : Stunning 3D Photos Show The Red Planet’s Mountain Ranges For The First Time”

Berita ini dimuat tanggal 04 April 2008,

These stunning pictures reveal for the first time the planet Mars’s stunning mountain landscape.

The 3 D photographs were taken by a high resolution stereo camera on board the European Space Agency’s Mars Express orbiter and beamed 43 million miles to Earth.

Theshow Hebes Chasma, an enclosed trough, almost five miles deep, in the Grand Canyon of the Red Planet.

38757352.jpg

(A Taste of Mars : The pictures show the planed’s spectacular mountain range, the Hebes Chasma, with its five-mile deep canyon).


29685532.jpg

(Mars attacks : Three photographs – all at different wavelengths – were taken to create an accurate representation of how the canyon looks in 3 D).

44511260.jpg

(Seeing red : With its distinctive shades of brown, some have likened the canyon to a Mars bar, which they say mirrors the planet’s terrain).​

32926570.jpg


(Insight : Scientists say they will use the photographs to try and prove that water once existed on the planet, which is 43 million miles from Earth).

By imaging the landcape at three different wavelengths, the camera gives an insight into how the mountain range would look if you were standing on Mars.

But the photos are not just for show – they have also provided scientists with invaluable data about the planet’s surface and may prove that water once existed in the canyon.

In addition, they will enable researchers to make a detailed examination of the altimetry of the Mars’s surface, and to calculate the slope of its valleys.

Some observers have also been quick to point out that its rough, brown-coloured terrain bares a close remsemblance to the planet’s chocolate namesake, the Mars bar.

sumber: blog.unand.ac.id
 
Bls: Kawah Misterius di Planet Mars

gue yakin di mars ada kehidupan seperti di bumi

mars adalah pangkalan alien di bumi
 
Back
Top