[Sejarah] Negara Chad

Miyuki

New member
Negara Chad



Chad. Republik di Afrika Tengah; sebelah utara berbatasan dengan Libia,
timur dengan Sudan, selatan dengan Republik Afrika Tengah, sebelah barat dengan Cameroun, Nigeria dan Niger.

Luas 1.284.000 km2, penduduk 3,8 juta, kepadatan penduduk 3/km2. Ibu kota: N’djamena (sampai 1973 bernama Fort Lamy). Bahasa resmi: Perancis.
Agama: Islam serta agama-agama tradisional/pribumi.
Satuan mata uang: franc CFA.fisiogRAFI. Terletak di dataran rendah Chad (Bel.:bekken) seluas 1,7 juta km2, dengan D. Chad (setelah musim hujan luas ,± 25.000 km2, dalam musim kering lebih kecil). Di sebelah utara dan timur dibatasi Pegunungan Tibesti (Emi Kaussi, tinggi 3.145 m) dan dataran tinggi Ennedi (sampai 1.450 m).
IKLIM. Sebelah selatan merupakan bagian dan Afrika Ekuator, arah ke utara melewati hutan berpadang rumput dan padang rumput. Semakin ke utara semakin kering. Sungai terpenting adalah S. Chari.

EKONOMI. Merupakan negara agraria; tetapi pertanian, peternakan dan perikanan hampir hanya untuk pemakaian sendiri. Satu-satunya produksi ekspor yang dihasilkan dan pertanian adalah katun yang juga menupakan dasar cabang industni terpenting. Pertambangan tidak begitu benanti. Neraca perdagangan se!alu negatif. Bantuan teknik dan keuangan datang dan Penancis. Belum 10% kaden pimpinan yang berasal dani pribumi. Tidak ada ja!an keneta api; demikian juga jaringan jalan raya dalam keadaan bunuk. Sungai me-, megang penanan sangat penting. Pelabuhan udara tendapat dekat N’djamena dan Sarh.

PENDUDUK. Di bagian selatan terdiri dan berbagai suku. Kelompok penduduk tenpenting adalah Negro Sudan (± 50% dan jumlah seluruh penduduk); suku Hausa dan Hawatis (lebih dan !0%) di bagian barat daya; suku Tikku (Pegunungan Tibesti) dan Kanuri, kese!uruhannya ± 10% di bagian utara; dan suku Arab-Sudan terpencar di se!uruh negana. Kota-kota tenbesar ada!ah N’djamena (menurut taksiran berpenduduk 157 nibu), Sarh (penduduk 38 ribu), dan Moudou (penduduk 35 nibu). Lebih dan separuhnya buta huruf. Tidak ada wajib belajar; kekurangan tenaga pengajar. Pendidikan untuk umum bebas.
 
Bls: [Sejarah] Negara Chad

[lang=en]See their economy ....[/lang]
ECONOMY. Is an agrarian country, but agricultural, livestock and fisheries is almost only for their own consumption
[lang=en]This is very interesting for learned and practicing in our country, what do you think, friend?[/lang]
 
Back
Top