Impetigo

nurcahyo

New member
Impetigo

Impetigo adalah infeksi bacterial yang sangat menular, yang muncul di sekitar mulut dan juga hidung. Biasanya diderita oleh anak-anak, tapi orang dewasa juga bisa mengalaminya. Penyebabnya adalah bakteri Streptococcus atau Staphylococcus yang masuk melalui kulit yang luka, misalnya akibat luka teriris atau adanya eksim terbuka pada daerah tersebut.

Tanda-tandanya adalah kulit yang memerah di sekitar mulut, dengan bintil-bintil kecil berisi cairan di permukaannya. Jika bintil tersebut pecah, akan muncul cairan berwarna keemasan yang akan menyebar ke sekitarnya. Pada beberapa kasus, penderita impetigo bisa mengalami pembengkakan kelenjar limfe disertai dengan demam. Dan pada kasus yang lebih ekstrem (namun sangat jarang), bisa terjadi komplikasi misalnya septicaemia, atau keracunan darah.

Karena impetigo bisa menyebar dengan sangat cepat, maka langkah terbaik adalah segera berkonsultasi dengan dokter. Infeksinya sendiri bisa diatasi dengan antibiotic baik oral maupun topical (krim), dan pada penggunaan obat yang tepat, penyakit ini dapat sembuh dalam waktu seminggu. Cairan dari bintil-bintil yang pecah dapat diatasi dengan membasuhnya perlahan dengan sabun dan air, lalu dikeringkan. Yang terpenting adalah memperhatikan kebersihan. Penderita tidak boleh berbagi handuk atau lap wajah dengan orang lain, dan tidak boleh menyentuh daerah yang terinfeksi untuk mencegah penyebaran infeksi bakteri.
 
Back
Top