Gonorrhea

nurcahyo

New member
Gonorrhea

Gonorrhea, atau GO, atau kita mengenalnya sebagai "raja singa", adalah salah satu penyakit menular seksual yang sangat umum dan paling sering ditularkan melalui hubungan seksual, termasuk oral seks. Masa inkubasinya sangat singkat, sekitar dua sampai 10 hari. Pada pria, gejala-gejala yang ditimbulkan meliputi nyeri saat buang air kecil. Lebih dari setengah wanita yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala apapun, tapi kalau pun ada gejala, akan sama dengan yang dialami pria. Rasa terbakar ada saat buang air kecil.

Kegiatan oral seks dengan orang yang terinfeksi dapat menyebabkan gonococcal pharyngitis, yang dapat menyebabkan nyeri tenggorokan. Tenggorokan akan berwarna kemerahan dan meradang dengan tonsil yang bernanah. Dokter akan mengambil apusan pada tenggorokan untuk meyakinkan diagnosanya.

GO diobati dengan antibiotic golongan penisilin. Jika tidak diobati, GO dapat menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain. Pada pria, dapat menyebabkan pembengkakan prostat, dan pada wanita dapat merusak tuba falopi (saluran telur). Kedua kerusakan ini bisa menyebabkan ketidaksuburan.
 
Back
Top