Sungai Ci di Indonesia

saintsaiya

New member
Ci Sadane. Sungai besar di Provinsi Jawa Barat; bermata air di kaki G. Salak (2.211 m) di wilayah Bogor Selatan; mengalir melewati kota Tangerang, bermuara di L. Jawa. Sepanjang daerah aliran di kawasan Kabupaten Tangerang diperuntukkan bagi proyek pertanian padi. Jaringan irigasi Ci Sadane mulai dibangun sejak 1933 dengan kemampuan mengairi areal persawahan seluas 40.000 ha; mencakup daerah persawahan bagian terbesar berada di Kabupaten Tangerang, dan sisanya termasuk dalam wilayah DKI Jakarta Raya. Akibat kurang perawatan sejak 1942 s/d 1968, jaringan irigasi tersebut hanya mampu mengairi areal persawahan seluas 4.000 ha saja; sawah-sawah kelas I banyak yang berubah menjadi sawah-sawah tadah hujan. Dalam tahun anggaran Pelita I (1969) diadakan usaha-usaha rehabilitasi, sehingga akhirnya sanggup mengairi 362.714 ha sawah.

Ci Tanduy. Sungai besar di Provinsi Jawa Barat; bermuara ke Samudera Hindia, bermata air di G. Talagabodas (2.201 m), dan G. Cakrabuana (1.721 m); mengalir melewati wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cilacap. Daerah alirannya mencakup luas areal 360.000 ha; 303.000 ha merupakan tanah-tanah yang dihuni oleh penduduk dan 57.000 ha lainnya berupa tanah-tanah yang tidak berpenduduk. Lu- as tanah-tanah kritis sepanjang daerah aliran sungai merupakan penyebab utama bahaya banjir; jumlah keseluruhan 205.000 ha, bagian terluas terdapat di Kabupaten Ciamis (73.000 ha). Unsur lain sebagai penyebab banjir rutin terutama di Ciamis Selatan adalah perbedaan tinggi tempat di daerah hulu dengan muara sungai yang tidak seberapa besar; mungkin karena proses pendangkalan yang terus-menerus di daerah muara S.Ci Tanduy. Akibatnya laju air sungai cenderung lambat sampai dan terbuang ke Samudera Hindia.

Ci Tarum. Sungai besar di Provinsi Jawa Barat; bermata air di G.Wayang (2.182 m), di selatan Bandung. Mengalir di kawasan Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Karawang, melewati kota Karawang; bermuara di L. Jawa. Di kota kecil Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, S. Ci Tarum dibendung untuk kepentingan: pengairan, pembangkit tenaga listrik, perikanan, pariwisata, dan pengendalian banjir bagi areal persawahan di hilir S. Ci Tarum; teristimewa di wilayah bekas Kawedanaan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang dan wilayah Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi. Bendungan serba guna Jatiluhur atau bendungan Juanda melintang di sungai ini.
 
[langtitle=en]Bls: [sejarah] Sungai Ci di Indonesia[/langtitle]

[lang=en]still many rivers in Indonesia that begin the word with Ci[/lang]
 
Back
Top