Menstruasi Tidak Teratur

nurcahyo

New member
Menstruasi Tidak Teratur


MASA MENSTRUASI TIDAK TERATUR dokter saya seorang wanita yang berumur 20 tahun, saya mau tanya dok, saya itu sering merasa cemas sekali apabila telat datang menstruasi,saat ini saya telat biasanya sekitar awal bulan tanggal 5/7,tapi sekarang belum datang juga,bdan saya terasa lemes,kepala terasa pusing kayak berputar,trus terasa gatal,air kencingnya berwarna kuning,bagian pinggang juga sakit,saya sempet mau minum obat terlambat datang bulan,baguskah kita minum semacam obat terlambat datang bulan itu dok.tolong dok apa yg harus saya lakukan,sebelumnya terima kasih dok
eva, 20 tahun
Jawaban :
Dear saudari Eva,

Sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir kalau menstruasi anda datang terlambat.
Siklus menstruasi (haid) yang dianggap teratur itu adalah yang 28 hari sekali, namun tidak bisa dipungkiri kalau siklus ini bisa bervariasi untuk setiap orangnya, namun tentu saja ada kisaran normalnya, yaitu 24 - 35 hari. Kalau dari keterangan yang anda sebutkan, berarti biasanya siklus haid anda berjalan 30 - 31 hari, itu masih bagus karena masih dalam kisaran normalnya.

Variasi datangnya masa haid pada wanita, yang kami sebutkan tadi, terjadi karena adanya perbedaan dari kadar hormon estrogen (hormon kelamin) yang diproduksi oleh masing-masing tubuh wanita. Oleh karena siklus haid terjadi akibat pengaruh kerja hormon estrogen, maka jika produksi hormon estrogen kurang, maka siklus haid bisa makin lama. Demikian pula dengan sebaliknya, jika produksi hormon ini berlebih, maka siklus jadi makin cepat.

Kondisi tubuh dan psikologis berperan penting dalam produksi dan kerja hormon estrogen, dan efeknya terhadap jadi lebih cepat atau lambatnya siklus haid bisa berbeda-beda untuk tiap individunya. Maka dari itu, tidak heran kalau siklus haid seorang wanita bisa berubah-ubah.
Nah, sekarang, coba pikirkan baik-baik, apakah belakangan ini anda terlalu lelah, apakah ada masalah rumit ataukah pekerjaan sedang tidak beres? Seperti yang kami sebutkan diatas, kelelahan fisik dan mental bisa mempengaruhi siklus haid.

Anda harus menenangkan diri anda, karena bisa jadi sebenarnya tidak ada sesuatu serius dengan keterlambatan haid anda ini, mungkin haid anda hanya lebih terlambat dari biasanya sekali ini saja.
Anda juga jangan dulu minum obat terlambat bulan, jangan biasakan mengatasi segala hal yang tidak "beres" pada tubuh kita dengan obat-obatan.
Kalaupun anda memang terlambat datang bulan, dan obat itu seperti hanya satu-satunya jalan keluar yang anda tahu, anda hanya boleh meminumnya jika itulah yang memang dianjurkan dokter...tolong jangan gegabah...

Pola hidup sehat, cukupkan kebutuhan istirahat untuk tubuh dan pikiran, kurangi keletihan yang bisa mengundang rasa stres, dan perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin E (seperti kecambah) bisa membantu keseimbangan sistem tubuh, dan juga membantu kelancaran siklus haid untuk kaum wanita.
Jangan sekali-kali melakukan terapi hormon estrogen langsung, karena lama kelamaan bisa menyebabkan kanker (seperti pada payudara). Menyelesaikan satu masalah dengan mendatangkan masalah baru itu sama saja tidak benar.

Kalau ternyata siklus haid anda terlalu sering terlambat seperti ini, maka kami sarankan agar anda periksakan diri anda ke dokter dan minta dilakukan pemeriksaan seksama organ rahim anda.

Demikian jawaban kami, semoga bisa menjawab pertanyaan ananda.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat
 
Last edited by a moderator:
Kalo yg mens yg benar2 tidak teratur... apakah kelak bisa berbahaya bagi kesehatan si ibu dan kesehatan bayi yang akan dikandungnya?
 
Saya seorang wanita berusia 26 tahun, yang ingin saya tanyakan menstruasi saya agak bermasalah mulai Oktober 2003, dan saya baru ke dokter empat bulan kemudian, lalu saya diberi obat nurolut dan vitamin, tapi apabila saya tidak meminum obat tersebut menstruasi saya tidak kunjung datang, saya mengkonsumsi obat ini selama satu tahun, tahun 2005 saya pindah dokter, kemudian saya diberi obat semacam pil kb 2 warna dan vitamin, saya minum obat ini hanya satu termin saja, kemudian siklus haid saya lancar, paling terlambat 2 bulan, selainnya setiap bulan sekali, tapi sekarang siklus haid saya tidak lancar lagi dari terakhir kali menstruasi pertengahan november 2007 dan sampai sekarang saya belum haid lagi, adakah solusi yang lain, yang lebih alami? saya takut kecanduan obat dan saya takut rahim saya kering karena obat.
 
udah 5 bulan gw g haid,tapi asli msh perawan, kenapa ya???????
 
saya cwe 24 thn,belum menikah apalagi berhub.seks, tapi sekitar 4-5bulan saya tidak mendapat mens,saya ingin mencoba obat perangsang haid tapi takut ada efek samping yang membahayakan.what should I do?
 
Lebih aman nyoba obat tradisional spt emkapsul krn ga ada efek sampingnya.
 
saya cewek 20 tahun menstruasi saya sering tidak teratur, biasanya saya menstruasi setiap tgl 24 tapi sampai sekarang saya belum mens jd sudah terlambat 1 minggu...saya sdh pernah melakukan hub.seks dan itu jg saya sudah test tapi hasilnya selalu negatif....apa ya yg mengakibatkan saya lambat bulan ya....?????
 
saya wanita umur 25 thn, sy sudah menikah, biasax saya haid selitar tgl 20a tpi sdh memeasuki bln berikutx sy blm haid jg? tpi sy merasakan nyeri pada perut sy n payudara sy jg jerawatan sprti kalau akan menjelang datangx haid, sy mau minum obat pelancar haid tpi sy takut akana mempengaruhi kandungan sy n sy tdk bisa hamil nti.
 
Bls: Menstruasi Tidak Teratur

saya wanita umur 23 thn. setelah menstruasi di bulan maret saya sakit DB (Demam Berdarah).. seminggu setelah menstruasi.. tiba2 saya menstruasi lagi memang hanya 3 hari. keluar tidak banyak. saya pun tanya ke dokter katanya karena stress lagi sakit + hormon. setelah 3 minggu dari terkahir mens itu. tgl 29 april-5 mei saya mens.. tiba2 tgl 15 mei saya mens lagi sampai hr ini. boleh saya tahu apakah itu normal atau ada masalah?
 
Bls: Menstruasi Tidak Teratur

biar lebih pasti, diperiksakan ke dokter aja. Klo semisal udah periksa dan sama dokter dinyatakan gpp, cuma stress + hormon, berarti ya insyaAllah gapapa. Karena strees juga sangat berpengaruh terhadap siklus menstruasi. Dan kalau menurut aku sih, untuk mens yang tiga hari aku rasa itu kelanjutan dari mens awal bulan maret bisa juga. Kadang emang ada yg bersih, terus selang beberapa hari mens lagi. Ya istilahnya lum bener bener tuntas mens yg awal maret itu.

Kalau sekarang gitu lagi, ya mungkin jangan terlalu dipikirkan dulu biar ga stress. Kalau secara komsumsi obat pas DB yg mungkin berpengaruh sama siklus mens sih kurang tau juga ya. Yang lebih tau dokter....

semoga cepet lancar lagi ya mensnya....
 
Bls: Menstruasi Tidak Teratur

berapa lama sih normalnya terlambat bln?
biasanya saya gag pernah ada problem sma yang satu ni. cuman bulan ni saya memang bener2 sibuk dan capek, karna kuliah part time, jadi banyak pikiran dan stres juga. dan ini bener2 yang pertama kalinya saya kerja dan mengalami hal itu, smpai akhirnya saya terlambat mens dua minggu lebih. apakah itu wajar??
 
Bls: Menstruasi Tidak Teratur

hummm, aku rasa itu masih wajar wajar aja. ga ada masalah. sibuk, capek, stress bisa mempengaruhi siklus mens. dan berapa lamanya terlambat bulan yg masih normal tu tergantung dari banyak faktor, kayak stress ga, minum obat obatan yg mempengaruhi hormon, ga, dsb dsb...

untuk nambah info ttg mens.. aku tambahin artikelnya dari menstruasi.com... moga bermanfaat :





Gangguan Siklus Menstruasi & Penyebab


Mengapa menstruasi terlambat dibandingkan siklus normal? Kondisi ini tidak sekali dua kali dialami seorang perempuan. Pada dasarnya jika penundaan siklus menstruasi dialami seorang perempuan, tetapi tes kehamilannya positif, maka perlu segera dilakukan pemeriksaan fisik ke dokter obgyn.

So, kenali gejala, temukan penyebab, dan bertindaklah segera menghubungi dokter Anda.



Tidak mengalami Menstruasi

Kondisi sehat:
Stres, mengalami pertambahan atau pengurangan bobot tubuh secara drastis, menjelang atau baru pulih dari sakit, atau menggunakan jenis obat-obatan tertentu yang mengganggu kadar keseimbangan hormon.

Aktif secara seksual:
Hamil.

Menggunakan pil kontrasepsi:
Kandungan estrogen pil terlalu rendah dibandingkan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pernah menggunakan pil kontrasepsi:
Tubuh belum beradaptasi dengan kondisi tanpa tambahan hormon. Segera menghubungi dokter jika telah lebih dari 3 bulan.

Menggunakan kontrasepsi hormonal selain pil:
Dampak umum dari kontrasepsi yang hanya mengandung progestin. Selain mencegah terjadinya ovulasi, progestin juga berdampak mencegah terjadinya menstruasi.



Menstruasi singkat dan volume darah sedikit

Kondisi sehat:
Indung telur tidak melepaskan sel telur matang

Aktif secara seksual:
Awal masa kehamilan, janin menempel pada rahim, kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan) jika disertai rasa nyeri yang sangat berat pada satu sisi perut.

Menggunakan pil kontrasepsi:
Dampak umum penggunaan pil kontrasepsi yang menyebabkan lapisan dinding rahim tidak terbentuk terlalu tebal.

Menggunakan kontrasepsi hormonal selain pil:
Dampak umum kontrasepsi, karena jika siklus menstruasi terjadi secara normal, ovulasi tidak dapat dicegah


Menstruasi yang lama dan volume darah banyak

Kondisi sehat:
Fibroids (pertumbuhan lapisan dinding rahim lunak).

Aktif secara seksual:
Keguguran terlebih lagi jika menstruasi terjadi sangat terlambat dibandingkan siklus disertai kram perut hebat dan potongan-potongan darah beku.

Pengguna AKDR:
Gejala yang umum, akibat kontrasepsi menyebabkan iritasi dinding rahim.

Menggunakan kontrasepsi hormonal selain pil:
Gejala umum penggunaan tambahan hormon ke dalam tubuh.

Ibu baru:
Rahim yang membesar akibat penebalan dinding rahim; pelebaran mulut rahim setelah proses persalinan normal. Kondisi ini biasanya tidak disertai nyeri perut seperti menstruasi pada umumnya.



Bercak darah di antara periode menstruasi

Kondisi sehat:
Stres, infeksi, kista, polip pada serviks, vagina atau rahim

Pengguna kontrasepsi pil baru:
Gejala yang umum saat penambahan hormon ke dalam tubuh; tetapi dapat menjadi indikasi yang perlu diwaspadai bahwa pil tersebut tidak cocok digunakan pada seseorang.

Menggunakan pil kontrasepsi:
Terlambat atau telat mengonsumsi pil

Menggunakan kontrasepsi hormonal selain pil:
Gejala yang normal pada awal penggunaan kontrasepsi

Penggunaan AKDR:
Infeksi lokal atau peradangan yang disebabkan oleh alat kontrasepsi.

Hamil:
Kondisi normal akibat fluktuasi hormon pada trimester pertama kehamilan.
 
Last edited:
Bls: Menstruasi Tidak Teratur

aku telat baru bulan ini ajh ...
aku takut ...
knpa ya klu haid itu suka telat ...
gmn caranya spya haid aku ga suka telat lg ???
 
Bls: Menstruasi Tidak Teratur

Saya rika berumur 19 tahun. Sejak SMP saya punya masalah dengan haid yg tidak teratur, kadang 1/2 bulan telat.
bagaimana dokter solusinya agar haid aku lancar?
 
Last edited:
Bls: Menstruasi Tidak Teratur

Saya rika berumur 19 tahun. Sejak SMP saya punya masalah dengan haid yg tidak teratur, kadang 1/2 bulan telat.
bagaimana dokter solusinya agar haid aku lancar?

haid tidak teratur (oligomenore )
Banyak faktor yang dapat menyebabkan haid menjadi tidak teratur pada wanita, yaitu :
  • Stres emosional.
  • Sakit kronis.
  • Nutrisi yang kurang.
  • Adanya kelainan makan seperti pada penderita anorexia nervosa.
  • Latihan fisik yang berlebih.
  • Adanya tumor yang mempengaruhi pengeluaran hormon estrogen.
  • Penggunaan terlarang obat anabolik steroid untuk mendongkrak kemampuan atletis.

Penanganan untuk haid yang datang tidak teratur tergantung dari penyebabnya. Pada remaja & wanita yang memasuki usia menopause biasanya tidak memerlukan terapi apapun, karena hal tersebut akan hilang dengan sendirinya. Untuk atlet wanita, perubahan rutinitas latihan & kebiasaan makan cukup dapat mengembalikan siklus menstruasi menjadi kembali normal. Kebanyakan pasien yang mengalami haid tdk teratur diterapi dengan menggunakan pil KB.

Ketika oligomenore terjadi karena kelainan pola makan / stress maka penyebab utama masalahnya harus ditangani terlebih dahulu. Konsultasikan dengan psychiatrist dan nutritionist untuk mengatasi masalah kebiasaan makan.

semoga membantu
 
saya wanita umur 21th baru nikah tanggal 2 maret 2011 kemarin...
tapi resepsi masih diadakan bulan juni nanti karena suami saya masih belum dapat ijin lama dari kerjaannya...
selama 2 minggu ini, saya mulai hidup serumah sama suami, tiap kali melakukan hubungan badan, suami saya pasti pakai kondom, dan selama ini setelah make tidak pernah ada kebocoran, kami sengaja pake kondom karena saya masih tidak mau hamil sampe acara resepsi...
permasalahannya sekarang, saya sudah telat 5 hari, harusnya saya datang bulan tanggal 10/11, tapi sampe sekarang lum dapet, perlu diketahui, siklus haid emang kurang teratur, dulu pernah bulan juli 2010 saya datang bulan tanggal 17, trus tiap bulan maju sampe bulan november atau desember berhenti ditanggal 10/11...
pertanyaannya, apakah kondom tidak menjamin amannya hubungan...??
memang saya belum coba pake tespack....
 
Back
Top