Pil KB dan Bercak Coklat Setelah Haid

nurcahyo

New member
Pil KB dan Bercak Coklat Setelah Haid



Selmat pagi dok ,saya mau tanya saya pemakai alat kb jenis nya pil.tapi kenapa setelah haid 3 hari sesudah ada bercak coklat di celana saya .apakah itu normal atau ada sesuatu yang tidak normal..
yanti, 31 tahun
Jawaban :
Dear saudari Yanti,

Sekarang ini sudah ada 2 macam obat pil KB, yaitu pil 'mini' (hanya mengandung progestin) dan pil terpadu (mengandung progestin dan estrogen).

Keduanya sama - sama dinilai efektif dalam mencegah kehamilan, hanya saja efektivitas pil terpadu lebih cepat dan kuat dibandingkan pil 'mini'. Tapi tentu saja pemilihan yang mana yang sebaiknya dipilih, semua tergantung dari kondisi tubuh sendiri.

Hal - hal yang perlu diperhatikan untuk pemakaian pil KB terpadu, yaitu jangan menggunakannya jika : ternyata anda seorang perokok, dan / atau memiliki problema kesehatan (seperti: TBC, kejang / epilepsi, kanker payudara, benjolan payudara, telat haid, hamil, pendarahan abnormal, diabetes, hepatitis, penyakit jantung, hipertensi dsb), dan / atau pernah menunjukkan gejala-gejala stroke (kelumpuhan), dan / atau pernah mengalami penggumpalan darah di pembuluh kaki atau otak, karena pemakaian pil terpadu bisa makin memperparah keadaan - keadaan tersebut.
Untuk pil 'mini', pil ini relatif lebih aman dari pada pil terpadu. Bahkan pil ini lebih dianjurkan untuk ibu - ibu menyusui, karena pil itu tidak mengandung esterogen yang dapat mengganggu produksi dari ASI.

Mengenai reaksi munculnya bercak - bercak coklat di celana anda 3 hari setelah haid itu, sebenarnya itu memang merupakan salah satu efek samping dari pemakaian pil KB, baik pil 'mini' maupun pil terpadu. Masalahnya sekarang, anda tidak menyebutkan sebenarnya pil KB yang mana yang anda minum, karena cara penanganannya berbeda untuk masing - masing pil
Untuk pemakaian pil terpadu, reaksi keluar bercak itu bisa dikurangi atau dihindari dengan cara pemakaian tepat waktu (di waktu yang sama tiap harinya). Jika itu tidak berhasil, maka dosis progestin atau estrogen-nya lah yang harus dikurangi.
Untuk pemakaian pil 'mini', jika memang sangat mengganggu, bercak coklat itu bisa diatasi dengan meminum obat ibuprofen.
Atau, jika mau, sebaiknya anda berkonsultasi lagi ke dokter kandungan anda mengenai bercak - bercak coklat setelah haid itu.

Demikianlah jawaban kami, semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan anda.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat
 
Back
Top