Varises (pada) Vagina

nurcahyo

New member
Varises (pada) Vagina


Saya Ibu mempunyai 1 anak. Pada saat proses persalinan dokter mengatakan bahwa saya terkena "Varises Vagina". Yang ingin saya tanyakan apa penyebab terjadinya "Varises Vagina" dan bagaiman pencegahannya selain operasi ???? Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih.
N. ERARIA, 24 tahun
Jawaban :
Ibu Era yang baik, kebetulan topik ini adalah salah satu topik yang akan dibahas di website kami, mungkin pada edisi bulan depan. Tapi tak ada salahnya kalau kami �membocorkan� bahasan ini pada Anda sekarang.

Varises vagina secara anatomis sebetulnya sama saja dengan varises pada kaki, yaitu adanya pelebaran pembuluh vena, hanya saja lokasinya kali ini di vagina. Penyebabnya diduga perubahan hormonal dan bertambahnya beban tubuh akibat kehamilan. Volume darah pada wanita hamil juga bertambah banyak, bisa sampai 20%, sehingga terjadi pengenceran darah. Dengan bertambahnya volume darah dan juga beban tubuh, maka organ-organ yang banyak memiliki pembuluh vena seperti anus, kaki (betis) dan vagina mengalami pelebaran. Oleh karena itu pula biasanya ibu hamil juga mengeluhkan adanya varises kaki atau ambeien.

Varises vagina yang sangat berat biasanya menyebabkan dokter menyarankan kelahiran secara Caesar, namun banyak juga kondisi di mana ibu hamil dengan varises vagina dapat melakukan proses persalinan normal dengan aman-aman saja.

Varises vagina sebetulnya dapat dicegah dengan gizi yang baik sedari muda, dan menjaga kesehatan jasmani, karena ini sebetulnya berhubungan dengan kekuatan otot-otot dan dinding-dinding pembuluh darah sang calon ibu. Jika si calon ibu memiliki tubuh yang sehat, maka otot-otot dan dinding-dinding pembuluh darahnya pun lebih kuat dan sehat.

Ibu Era, sayangnya ibu tidak menjelaskan, apakah tindakan operasi terhadap varises vagina itu adalah anjuran dokter Anda, atau hanya dugaan Anda sendiri. Dari nara sumber yang kami dapatkan, sebetulnya varises vagina dapat diatasi dengan cara istirahat yang cukup setelah melahirkan, memenuhi gizi-gizi, dan jika sangat parah dan mengganggu harus mengkonsumsi obat yang dapat mengatasi varises, tentunya dengan petunjuk dari dokter. Dan seperti halnya varises kaki pada ibu hamil, varises vagina bisa saja hilang beberapa minggu atau bulan setelah melahirkan. Jika Anda masih ragu dan varises terasa mengganggu, sebaiknya diskusikan lebih lanjut dengan dokter Anda untuk mendapatkan tindakan dan pengobatan yang tepat.

Selamat untuk kelahiran buah hati Anda, dan semoga cepat sembuh. Salam dari kami semua di mediasehat!
 
Last edited by a moderator:
Back
Top