Nyeri Pada Puting Payudara

nurcahyo

New member
Nyeri Pada Puting Payudara


dok, saya mau tanya. sdh 2 hari ini saya merasakan nyeri pada puting payudara saya yang kiri. saya takut terjadi apa2. apa itu normal? ato itu salah 1 tanda penyakit tertentu. demikian surat dari saya. terima kasih sebelumnya
rara, 17 tahun
Jawaban :
Halo Rara, mohon maaf sebesar-besarnya, karena kesibukan tim konsultasi mediasehat dengan pekerjaan masing-masing, kami telat menjawab pertanyaan kamu. Rara, kami sangat bahagia dan salut membaca email ini, karena kamu yang masih belia sudah peduli tentang kesehatan payudara. Memang penting sekali untuk mencermati bagian tubuh kita yang satu itu, karena kanker payudara adalah salah satu penyebab terbesar tingkat kematian wanita di dunia.

Adanya hal-hal yang tidak umum pada payudara biasanya memang menjadi indikasi adanya ?masalah? di organ tersebut. Untuk lebih pastinya, sebaiknya Rara memang harus memeriksakan diri ke dokter, supaya bisa diperiksa langsung oleh dokter. Memang ada gangguan pada payudara seperti infeksi bakteri yang salah satu gejalanya antara lain puting terasa nyeri, bahkan mungkin kemerahan dan bengkak, yang disebut juga dengan radang. Nah apabila sampai demikian, segeralah periksakan ke dokter agar cepat-cepat diobati. Payudara adalah organ yang sangat penting bagi wanita karena di daerah tersebut banyak kandungan lemak, kelenjar-kelenjar, dan pembuluh darah, karenanya jika ada kelainan sel seperti tumor, kanker atau infeksi bakteri, ketersebarannya cenderung lebih cepat.

Untuk tambahan pengetahuan, gangguan pada payudara lainnya antara lain tumor dan kanker. Tumor pada payudara umumnya berbentuk kista, yaitu benjolan berisi air. Benjolan ini bisa teraba, dan jumlahnya bisa satu, atau bisa juga banyak, gampang digerak-gerakkan, dan ?lepas? dari jaringan di sekitarnya. Penyebabnya biasanya ketidakseimbangan hormon. Kendati jinak, namun jika ada riwayat keturunan kanker di keluarga, terutama kanker payudara, biasanya tumor ini harus diangkat.

Gangguan lainnya yaitu kanker. Berbeda dengan tumor, kalau kanker terasa keras saat diraba, dan sukar digerak-gerakkan. Tanda-tanda lainnya adalah kulit payudara berubah mengisut-mengeriput menyerupai kulit jeruk, puting susu melesak ke dalam, mungkin keluar darah dari puting, atau tumbuh semacam eksim di puting susu yang tak kunjung menyembuh. Kesemuanya itu merupakan tanda-tanda yang perlu dicurigai.

Semoga jawaban ini dapat memberikan pencerahan buat Rara. Jangan lupa, periksakan diri ke dokter segera, terutama jika rasa sakitnya masih terasa. Semoga cepat sembuh, salam dari mediasehat!
 
dok. mau nanya saya lisrawati umur 22 tahun

saya mau menanyakan di sekitar aerola payudara saya terdapat 3 bintik2 seperti jerawat, kalau boleh tau itu apa yah? dan kadang payudara nyeri, tapi hanya sekali2..

thks
 
Back
Top