Vitamin Penambah Nafsu Makan ?!

nurcahyo

New member
Vitamin Penambah Nafsu Makan ?!


saya mempunyai anak umur 2 thn 2 bulan, yang ingin saya tanyakan adalah vitamin apa yang cocok untuk anak saya yang mengandung penambah nafsu makan dan yang bisa memberi perlindungan tubuh dari penyakit tanpa menimbulkan mencret?!
ika septianasari, 27 tahun
Jawaban :
Dear saudari Ika,

Sebelumnya kami minta maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan anda ini, karena belakangan ini kami benar - benar sibuk. Harap anda bisa memakluminya.

Kekhawatiran anda terhadap kurangnya nafsu makan anak anda bisa dimengerti, akan tetapi, hilangnya nafsu makan sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Dan nafsu makan mereka bisa naik turun dengan tajam, yang jelas - jelas akan membingungkan dan membuat orang tua jadi panik.

Hilangnya nafsu makan bisa juga merupakan satu gejala umum pada banyak penyakit. Apabila kehilangan nafsu makan bersifat akut atau serius, hal penting yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi dan mengobati penyebabnya. Pada anak-anak dapat berupa infeksi (tuberkulosis, hepatitis), gagal jantung, kelainan ginjal, radang kronik, malabsorbsi, dan lain-lain. Pengobatan pada gejala saja bisa berbahaya.
Untuk mengatasinya harus diupayakan untuk menjaga nutrisi anak dengan sering-sering menawarkan makanan kecil yang mudah dicerna dan bergizi seperti buah segar, telur, susu dan keju. Makanan-makanan ini dapat ditawarkan dalam berbagai bentuk masakan.

Berkaitan dengan masalah anda, jika kehilangan nafsu makan anak tidak disertai dengan keluhan lain (penyakit), maka sangat dimungkinkan kehilangan nafsu makan anak ini adalah normal dalam masa tumbuh kembang anak.
Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menawarkan makanan sesering mungkin kepadanya. Gunakan kreativitas anda untuk menarik hati anak sehingga anak mau diajak makan, seperti dengan memberi variasi makanan dalam berbagai macam masakan dan bentuk, atau memberikan makanan sambil masuk ke dalam permainan anak, atau berikan "imbalan" / "hadiah" bila anak mau menghabiskan makanan, contohnya anak boleh main sepeda-sepedaan jika dia mau menghabiskan makanan.

Adapun hal - hal yang harus diperhatikan dengan baik berkaitan dengan kasus kurang nafsu makan pada anak, yaitu hindari memberikan makanan yang mempunyai aroma yang keras seperti yang mengandung MSG (monosodium glutamat / micin), karena bila anak terbiasa memakan makanan yang mengandung zat tersebut, maka pastinya dia bisa "mendeteksi" rasa hambar saat makan makanan sehari - harinya, sehingga anak jadi tidak mau makan.
Jangan pernah memaksakan anak makan dengan perasaan emosi ataupun amarah, sehingga anak merasa dia harus makan karena dia takut pada anda. Perlu dimengerti, hal ini akan mempengaruhi perkembangan emosinya yang dapat berakibat anak makin sulit makan, dan menjadikan makan sebagai suatu hal yang mengerikan baginya.

Adapun pemberian tambahan vitamin, sebetulnya tidak perlu lagi bila anak telah mendapatkan makanan yang seimbang. Vitamin hanya diberikan bila memang anak kekurangan vitamin. Sehat yang sejati adalah tanpa obat dan vitamin.

Memang ada obat yang dapat meningkatkan selera makan. Namun sebetulnya efek meningkatkan selera makan ini merupakan salah satu efek samping dari penggunaan obat tersebut. Meski ini telah banyak ditemukan di negara berkembang, namun penggunaannya di negara asalnya banyak ditentang. Meski hasil beberapa penelitian menunjukkan obat ini merangsang pertambahan berat badan anak, efek ini bersifat sementara dan segera kembali setelah obat dihentikan. Sementara efek samping obat yang lain juga sering menjadi keluhan dan lebih membahayakan.
Sayangnya, yang namanya penggunaan vitamin sebagai penambah selera makan sebenarnya merupakan sugesti saja, dan belum ada bukti ilmiah yang bisa mendukung hal ini, jadi maaf sekali kami tidak bisa membantu anda dengan ini.

Demikian jawaban kami, semoga bisa menjawab pertanyaan anda.

Salam,
Tim Konsultasi Kesehatan Mediasehat
 
saya punya anak usianya 2 tahun, sejak usia 18 bulan dia makannya pinter banget tapi kenapa tiba-tiba suuuuuuuuuliiiiit buuuuanget makan apa lagi kalau lihat nasi tuakutnya minta ampun. saya uda coba berbagai macam obat penambah nafsu makan tapi tetap aja tidak ada perubahan ! saya harus gimana supaya anak saya bisa makan ?
 
mungkin ibu bisa mengonsultasikan dengan dokter anak? karena bagusnya anak-anak jangan terlalu di recoki denagn multi vitamin seberapapun amannya! Bisa saja anak ibu mempunyai trauma dengan "nasi". Anak-anak mempunyai imajinatif yang tinggi mengenai segala hal. peran orang tua untuk memupuk rasa percaya diri si anak dan membantu menanggulangi masalah si anak secara bijaksana
 
kalo boleh tanyak fitamin apa ya untuk pengemuk badan yang tidak mengandung efek samping. karena di umur 25 ini saya begitu kurus dan ingin mencobak multifitamin pengemuk badan.
http://www.junaardas.blogspot.com"
 
Back
Top