Alergi vs Cabut Gigi

nurcahyo

New member
Alergi vs Cabut Gigi


Saya sering alami alergi kulit , yang biasa nya orang menyebutnya dengan istilah darah dingin , yaitu sering muncul bentol-bentol seperti digigit nyamuk yang gatal, sering saya harus makan obat anti alergi seperti incidal dan lain-lain tapi sembuhnya hanya sementara, begitu pemakaian obat dihentikan, alergi tersebut akan kumat lagi, belakangan sudah 1 tahun alergi saya sudah sembuh, tapi belakangan ini tiba2 alergi tersebut kumat lagi karena saya berenang di laut ( snorkeling) , sejak itu badan saya langsung gatal-gatal dan bentol2, sampai sekarang suka kumat alergi nya itu kalo tidak makan incidal. Bagaimana caranya ya untuk menyembuhkan alergi yang seperti ini secara total dan apakah ada hubungan antara gigi yg berlubang bisa mengakibatkan alergi pada kulit ? masalahnya gigi geraham saya ada lubang , dokter gigi menyarankan untuk dicabut saja gigi itu tapi blum dicabut juga sampai sekarang .
Ryo, 25 tahun
Jawaban :
Halo Ryo,

beberapa orang memang memiliki sensitivitas tertentu, seperti kamu misalnya, kemungkinan karena udara dingin. Alergi adalah "gangguan" fungsi tubuh, di mana tubuh menjadi hiper-sensitif terhadap sesuatu yang bisa jadi normal bagi orang lain. Karena gangguan/kelainan, maka alergi tidak dapat disembuhkan, tetapi harus di-menej. Salahsatunya adalah dengan tidak berhubungan dengan faktor pencetus alergi (alergen), misalnya dalam kasus kamu, ya dengan udara dingin/air dingin. Tapi kalau kamu tidak tahan untuk jauh-jauh dari berenang di laut, atau pergi ke gunung, misalnya, maka kamu harus membekali diri dengan obat anti-alergi. Bisa juga dengan mengkonsumsi obat-obat golongan kortikosteroid untuk menghilangkan gatal-gatal berkepanjangan, namun obat-obatan ini harus dengan resep dokter, karena penggunaannya harus terawasi dan pada pemakaian terus menerus jangka panjang, bisa menyebabkan penumpukan dalam tubuh yang tidak bisa diekskresi melalui urin. Akibatnya, bisa menimbulkan gangguan yang lebih besar di masa mendatang. Jadi umumnya penggunaan kortikosteroid tidak bisa untuk jangka panjang, dan dosisnya secara berkala dikurangi.

Sampai saat ini, kami belum menerima konfirmasi apakah alergi berhubungan dengan gigi berlubang. Namun yang pasti, apabila dokter gigi telah menyarankan untuk mencabut gigi, sebaiknya kamu mengikuti sarannya. Karena opsi 'cabut gigi' biasanya adalah jalan akhir, apabila kondisi gigi dan akar gigimu tidak dapat diperbaiki lagi. Menunda-nunda cabut gigi akan menimbulkan gangguan dan ketidaknyamanan untukmu sendiri, dan jika giginya memang sudah rusak, dikuatirkan akan menyebabkan infeksi yang memperparah kondisi gigimu.

Semoga jawaban kami dapat memberikan kepuasan. Salam dari mediasehat!
 
Back
Top