Keamanan Pearl Cream

nurcahyo

New member
Keamanan Pearl Cream


sore dok, apakah CUPID PEARL CREAM berbahaya?? apa cupid pearl cream yang asli buatan china tidak mengandung merkuri (tidak berbahaya) ???? sedangkan cupid buatan indonesia yang palsu sangat berbahaya (mengandung merkury) ??? mengapa di dus cupid ada tulisan izin dari depkes RI??? apakah TJE FUK DAY CREAM & NIGHT CREAM aman tanpa merkury??? lolos dari badan BPOM??? aman untuk di gunakan?? adakah efek sampingnya untuk kedepannya?? trima kasih
jenk, 20 tahun
Jawaban :
Halo Jenk, secara normal, yang bisa kami jelaskan adalah, apabila suatu produk (makanan, obat dan kosmetik) yang telah mendapatkan nomor registrasi dari BPOM dan/atau DEPKES, maka artinya produk tersebut telah lolos persyaratan keamanan dan manfaat, untuk bisa digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Sedangkan produk yang berasal dari luar negeri (maupun dalam negeri) yang belum memiliki nomor registrasi dari BPOM dan/atau DEPKES di Indonesia, namun beredar di sini, yang bisa ditegaskan adalah BPOM dan DEPKES tidak dapat menjamin manfaat dan (terutama) keamanan produk tersebut. Jadi yang dilakukan POM dan DEPKES lebih ke arah jaminan keamanan dan kemanfaatannya (safety & efficacy).

Apakah kemudian produk dari luar negeri tersebut mengandung mercury atau tidak, itu harus melalui pemeriksaan laboratorium. Yang pasti, untuk bisa mendapatkan syarat keamanan POM, salah satunya adalah produk tersebut harus bebas bahan berbahaya, termasuk MERCURY.Terlepas dari apakah produk tersebut didaftarkan ke POM atau tidak, POM semestinya memiliki wewenang untuk meng-inspeksi produk-produk yang beredar di Indonesia dan memeriksa keamanannya melalui laboratorium, karena itu adalah salah satu tugas POM. Dan itu sudah dilakukan, terbukti telah beberapa kali POM melakukan publikasi terhadap produk-produk baik obat, suplemen dan kosmetik yang berasal dari luar negeri yang terbukti tidak aman bagi kesehatan.

Kalau cream yang palsu, ya tentu saja tidak ada yang bisa menjamin isinya, walaupun pada dus-nya mencantumkan nomor registrasi. Apabila dia dipalsukan, para pemalsu pasti akan memalsukan lengkap sampai ke kemasannya. Oleh karena itu beberapa produk biasanya mengikutsertakan bagian dari kemasan yang tidak bisa dipalsukan, misalnya stiker hologram, atau bagian hologram yang terintegrasi di dalam dus kemasan. Dan sangat tergantung pada kedewasaan para konsumen untuk mampu memilah-milah, produk yang palsu dan yang asli. Dan yang pasti, pilihlah yang sudah jelas terjamin mutu dan keamanannya (lolos POM dan/atau DEPKES).

Nah, semoga penjelasan di atas bisa memberikan informasi tambahan untuk Anda dan pembaca lainnya yang juga memiliki pertanyaan yang sama. Salam dari Mediasehat.com!
 
Back
Top