[Budaya] Negara Cuba

Megha

New member
Negara Cuba



Pulau dan republik di daerah Caribia, di sebelah selatan Florida. Luas 114.524 km2. Penduduk 8,8 juta
Kepadatan penduduk 76/km2.
Ibukota: La Habana (Havana).
Bahasa resmi : Spanyol.
Agama: Katolik Roma
Satuan mata uang : peso (100 centavo).

FISIOGRAFI
Sebagian besar daerahnya bergunung-gunung; di sebelah tenggara terletak rata-rata 1.700 m Sierra Maestra (Pico Turguino, 2.005 m). Pantai utara curam dan berkarang. Pantai selatan yang bergunung-gunung terpotong oleh beberapa tanah datar yang menjurus ke lautan. Semenanjung Zapala berpaya-paya. Di bagian timur Cuba sering terjadi gempa bumi,

IKLIM
Dikuasai iklim tropik yang menjadi iklim sedang karena hembusan angin musim; bahkan di bagian barat dirasakan seperti musim dingin. Musim hujan berlangsung dari Mei sampai November.

EK0NOMI
Sebagian besar merupakan daerah pertanian, walaupun terdapat beberapa kemajuan dengan didirikannya industri berkat bantuan dari Rusia. ± 50% penanaman tanah garapan dipergunakan untuk tebu yang merupakan produksi ekspor terpenting. Tembakau merupakan produksi ekspor ke-2. Cuba kaya akan barang-barang tambang nikel, tembaga, krom dan mangan; dengan bantuan Rusia pertambangan diperluas. Semua alat-alat produksi disosialisasi. Partner dagang terpenting adalah negara-negara blok Timur.

PENDUDUK
Penduduk Cuba terdiri atas 73% kulit putih; 12% Negro (moreno) dan 15% golongan mestis (pardo). Kadar urbanisasi sebesar 58% Kota-kota terbesar adalah: La Habana (penduduk 990 ribu; dengan daerah pinggiran kota: 1,6 juta); Santiago de Cuba (penduduk 250 ribu); CamagUey (179 ribu) dan Santa Clara (139 ribu). Untuk anak-anak usia 6 - 12 tahun ada peraturan wajib belajar; pendidikan diberikan secara gratis sampai tingkat perguruan tinggi. Secara resmi di Cuba tidak ada buta huruf lagi. Lembaga perguruan tinggi ada 3 buah.




SEJARAH
Cuba ditemukan Columbus tahun 1492 lalu diambil alih Diego Velasquez. Penduduk asli sebenarnya bangsa Indian; terutama dalam abad ke-18 digantikan oleh budak-budak Negro. Perang kemerdekaan yang pertama melawan Spanyol mengalami kegagalan. Baru 1898 pulau itu dibebaskan Amerika; lahir sebuah republik merdeka tahun 1901. Amerika tetap mempunyai hU intervensi (dilepas 1934) dan beberapa pangkalan angkatan lain. Kekacauan politik mengakibarkan Amerika bertindak berulang kali (1906— 1908, 1912, 1917—1922). Pemegang kekuasaan yang sesungguhnya dalam 1930-an adalah Batista, iang 1940 menjadi presiden dengan sebuah Undang-Undang Dasar baru yang progresif tetapi tidak dijalankan. Politik represif Batista merupakan taruhan perjuangan yang dimulai 1953 dan Sierra Maestra oleh Fidel Castro yang kemudian menang. Castro mendirikan Partido Unido de la RevoluciOn Socialista; setiap oposisi ditindas, dilanjutkan dengan tindakan nasionalisasi. Hal itu mengakibatkan pulau itu diisolasi Amerika Serikat dengan pemboikotan ekonomi dan blokade. Castro minta bantuan Uni Soviet, yang menempatkan sejumlah roket di sana. Akibatnya ialah konfrontasi langsung antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (krisis Cuba 1962); Cuba menjadi tempat berkobarnya agitasi di Amerika Selatan.

Di dalam negeri dilancarkan tindakan-tindakan radikal; 1965; Partido Unido diganti dengan Partai Komunis. Meskipun dibantu oleh Uni Soviet, akan tetapi kesuhitan-kesuhitan ekonomi awal 1970-an telah mengakibatkan pengambilan tindakan autoriter guna meningkatkan produktivitas; terutama dalam produksi gula. Lambat-laun situasi berangsur-angsur membaik, baik dalam negeri maupun hubungan luar negeri; 1973, diadakan persetujuan dengan Amerika Serikat mengenai hukuman atas pembajakan udara; beberapa negara Amerika Latin kemudian menjalin lagi relasi-relasi baru dalam bidang ekonomi dan politik.
 
Bls: [Budaya] Negara Cuba

[lang=en]Cigars are very expensive and very popular course is coming from Cuba. Although they was the largest exporter of tobacco, but the quality of Cuban cigars unprecedented.[/lang]
 
Back
Top