[Biografi] Salvador Felipe y Jacinto Dali y Domenech Dali

Takoyaki

New member
Salvador Felipe y Jacinto Dali y Domenech Dali

images





Dali, Salvador sebenarnya Salvador Filipe y Jasinto Dali y Domenech (Figueras, Spanyol, 11 Mei 1904—Figueras, Spanyol, 23 Jan 1989). Pelukis surealis Spanyol. Karyanya dikagumi di mana—mana sejak 1929. Belajar seni lukis di Madrid dan sering berkunjung, bekerja dan berpameran di Paris. Juga lama tinggal di Amerika Serikat, tetapi pada waktu-waktu tertentu berpameran di Paris. Tema lukisannya seperti juga para pelukis surealis lain, misalnya *Chinico yang mendahuluinya, secara psikolugis berunsurkan khayalan sekitar mimpi—mimpi yang menakutkan, dan khayalan dalam bentuk dan penafsiran lain yang merupakan image dari bawah sadar yang serba
aneh. Kesemuanya dilukis sangat cermat (naturalistis), dengan ungkapan yang artistik-individual. Juga mengerjakan karya-karya seni grafis (lito, ctsa) untuk ilustrasi buku-buku sastra klasik, misalnya Don Quichotte yang juga bergaya seni lukis pribadinya. Ia juga membuat disain dekor dan kostum untuk tan balet.
 
Bls: [Biografi] Salvador Felipe y Jacinto Dali y Domenech Dali

Salvador Felip Jacint Dali Domènech (11 Mei 1904 – 23 Januari 1989) adalah salah satu pelukis terpenting dari Spanyol. Ia dikenal lewat karya-karyanya yang surealis. Hasil karya dikenal karena kombinasi mimpi aneh (bizzare) dengan draftmanship dan keahlian menggambar yang luar biasa dipengaruhi oleh master Renaissance. Dali seorang artis dengan talenta dan imaginasi yang besar. Dia mengakui bahwa dia mencintai melakukan hal yang tidak biasa untuk menarik perhatian dirinya sendiri, yang kadang-kadang mengganggu penggermar yang mencintai lukisannya dan juga para pengkritiknya, karena perilaku "keteaterannya" yang eksentrik kadang-kadang membayangi hasil karyanya di perhatian publik.

Contoh Karya2 Dali

The Temptation
salvador_dali_thetemptation_stanthony.jpg



three sphinxes of bikini
salvador-dali-three-sphinxes-of-bikini.jpg



-dipi-
 
Back
Top