Hukum Dalton

Takoyaki

New member
Hukum Dalton

P3.JPG

Hukum dalam ilmu alam yang menyatakan bahwa tekanan total suatu campuran gas adalah sama dengan jumlah tekanan parsial dari masing-masing bagian gas. Tekanan parsial adalah tekanan yang akan dimiliki masing-masing gas bila berada sendiri ‘dalam volume seluruh campuran gas pada suhu yang sama. Hukum empirik ini diketemukan oleh ahli kimia Inggeris John Dalton, 1801. Hukum ini dapat diterangkan dengan menggunakan teori kinetik gas dengan anggapan bahwa gas bersifat ideal, yaitu memenuhi hukum Boyle-Gay Lusaac, dan tidak ada reaksi kimia antara bagian-bagian gas.
 
p253.gif


Hukum Perbandingan Berganda (Hukum Dalton)

Pada saat mengajukan hukum ini, rumus kimia senyawa belum diketahui. Hukum ini diajukan John Dalton, ahli kimia Inggris sekaligus penemu teori atom modern. Hukum ini menyebutkan bahwa jika massa salah satu unsur dalam dua senyawa sama, maka perbandingan massa unsur lainnya merupakan bilangan bulat dan sederhana.

Contohnya, perbandingan unsur karbon (C) dan oksigen (O) pada karbon monoksida dan karbon dioksida berurutan adalah 3:4 dan 3:8. Jika massa C adalah sama, maka perbandingan massa O pada karbon monoksida dan karbon dioksida adalah 4:8 atau 1:2.Komposisi kimia ditunjukkan oleh rumus kimianya. Dalam senyawa, seperti air, dua unsur bergabung masing-masing menyumbangkan sejumlah atom tertentu untuk membentuk suatu senyawa. Dari dua unsur dapat dibentuk beberapa senyawa dengan perbandingan berbeda-beda. Misalnya, belerang dengan oksigen dapat membentuk senyawa SO2 dan SO3. Dari unsur hidrogen dan oksigen dapat dibentuk senyawa H2O dan H2O2.

Perlu dicatat, bahwa hukum ini adalah pengembangan dari hukum Proust, walaupun ditemukan sebelum hukum Proust sendiri. Hukum ini juga menyatakan bahwa atom tidak dapat berbentuk pecahan seperti setengah, harus bilangan bulat. Hukum ini kuat karena didukung teori atom.Dalton menyelidiki perbandingan unsur-unsur tersebut pada setiap senyawa dan didapatkan suatu pola keteraturan. Pola tersebut dinyatakan sebagai hukum Perbandingan
 
Back
Top