Relaksasi membuat hasil pemeriksaan tekanan darah lebih akurat

nurcahyo

New member
Relaksasi membuat hasil pemeriksaan tekanan darah lebih akurat
(03-May-2006)
Oleh: MML
Medical

Kalbefarma - Melakukan relaksasi beberapa menit sebelum melakukan pemeriksaan tekanan darah akan memberikan hasil yang lebih baik dan tepat, dilaporkan suatu hasil penelitian dari Universitas Virginia Health System.

Didapatkan tekanan darah sistolik rata-rata 14 poin lebih tinggi saat pemeriksaan tekanan darah dilakukan segera setelah pasien datang tanpa melakukan relaksasi berupa duduk bersandar dengan kaki diluruskan ke lantai bila dibandingkan dengan mereka yang sebelumnya melakukan relaksasi.

Semua partisipan yang diteliti memiliki tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih rendah setelah sebelumnya mereka melakukan relaksasi.

Para ahli tersebut menjelaskan bahwa perbedaan nilai hingga 14 poin tersebut memiliki arti yang berbeda dan dapat menyebabkan diagnosis menjadi tidak akurat.

Selama ini kebanyakan orang datang ke tempat pemeriksaan kemudian segera melakukan pemeriksaan tekanan darah, Melly Turner seorang peneliti menjelaskan. Anjuran dari American Heart Association's, tehnik yang benar adalah relaksasi sekitar 5 menit dengan cara duduk bersandar dan kaki diluruskan kedepan, baru kemudian tekanan darah diperiksa. Tehnik ini akan menghasilkan nilai yang lebih tepat dan akurat.

Temuan ini dipresentasikan dalam pertemuan Preventative Cardiovascular Nurses Association.

Setiap orang seharusnya mengetahui nilai tekanan darah mereka, Turner mengatakan. Jika mereka didiagnosis memiliki tekanan darah tinggi, dengan cepat mereka dapat melakukan tindakan hingga tekanan darahnya dapat kembali normal. Para ahli tersebut menyebutkan perubahan gaya hidup perlu dilakukan yaitu menjaga keseimbangan makan, menekan asupan lemak yang terlalu banyak, kurangi penggunaan garam dan melakukan olahraga rutin 30 menit setiap harinya.
 
Back
Top