[Biografi] Albert Venn Dicey

Tomoyo

New member
Albert Venn Dicey

chapman-henry-samuel.jpg




Dicey, Albert Venn (Lutterworth, 4 Feb 1835—Oxford, 7 Apr 1922). Sarjana hukum tata negara bangsa Inggeris; belajar di Oxford; mahaguru di London (1882—1909). Menentang pemberian autonomi (Ing.: home rule) kepada Irlandia. Buah tulisannya yang terpenting Introduction to the study of the law of the Constitution (1885).
 
Bls: [Biografi] Albert Venn Dicey

Jejak historis koneksi hukum dan opini publik di sistem Anglo telah sejak lama disingkap. Albert Venn Dicey (1835-1922), pemikir besar Oxford University, pada abad 19 telah melakukan riset mendalam perihal dua aspek ini. Dalam satu kesempatan mengajar di Harvard Law School di tahun 1898, Dicey menyusun 12 perkuliahannya mengangkat tema Law and Public Opinion in 19th Century dengan objek hukum Inggris yang kemudian dibukukannya beberapa tahun kemudian.

Opini publik dalam konteks hukum menurut Dicey adalah “keyakinan atau conviction yang hidup dan tersebar di masyarakat bahwa suatu hukum itu bermanfaat, karenanya harus dipertahankan/diadakan, atau hukum itu membahayakan dan karenanya harus dimodifikasi atau dihapuskan.” Dicey merekam betapa banyaknya produk legislasi yang dibuat di abad ke-19 di Inggris yang sangat dipengaruhi opini publik. Dan ini yang membuat dinamika hukum Inggris saat itu sangat luar biasa dan menjadi referensi utama bagi banyak sistem hukum tetangganya.


-dipi-
 
Back
Top