[Geografi] Gunung

gerimis

New member
Gunung

Gunung%20Agung2.jpg

Gunung adalah bagian permukaan bumi yang berbentuk kerucut atau kubah yang berdiri sendiri dan terdiri atas satu puncak tertinggi yang dibatasi oleh lereng. Gunung juga merupakart buldt yang besar yang bentuknya lebih runcing dan lebih tinggi dan permukaan bumi di sekitarnya.

Gunung terbentuk oleh adanya gerakan magma atau ekstrusi magma dalam bumi dan kantung/dapur magma sampai lapisan permukaan bumi. Ekstrusi magma inilah yang melahirkan gunung api. Gunung api biasanya masih aktif artinya gunung tersebut sewaktu-waktu dapat mengalami letusan-letusan.

Contoh gunung api di Indonesia yang dapat dijumpai
di antaranya : yang berada di daratan adalah Gurung Slamet di Jawa Tengah, Gunung Merapi di Yogyakarta, sedangkan gunung api di laut misalnya, Gunung Krakatau di Selat Sunda. Selain gunung api yang masih aktif juga terdapat gunung yang tidak aktif atau ada yang menyebut gunung “tidur”, artinya gunung tersebut sudah tidak mengeluarkan lagi material vulkan baik padat maupun cair.
Contoh : gunung yang tidak aktif adalah Gunung Ciremai di Jawa Barat, Gunung Lawu di Jawa Tengah, dan Gunung Salak di Bogor.
 
Bls: [Geografi] Gunung

[lang=en]I have ever watch movies volcano eruption, it scares me to live around the mountain. And if we know, in fact, the mountain erupted we can know with any symptoms of the hot weather and the animals became restless. that's what I know from my parents[/lang]
 
Back
Top