Planet Venus

gerimis

New member
Venus

16672_venus.jpg

Planet Venus sering disebut sebagai “bintang kejora” atau “sahara”. Planet ini paling dekat dengan Bumi dengan jarak 0,72 SA atau kira-kira 180 km. Akibat jarak yang dekat tersebut, planet Venus nampak paling terang dilihat dari Bumi. Sudut elongasinya sebesar 48°.

Planet ini memiliki diameter 12.104 km, kira-kira besarnya hampir menyerupai Bumi dengan massa sekitar 0.82 kali massa Bumi. Gravitasi di Venus adalah sebesar o,88 kali gravitasi di Bumi. Hal yang unik dari Venus adalah rotasinya yang berlawanan dengan Bumi, sehingga dari planet ini Matahari terbit di sebelah barat dan terbenam di sebelah timur. Sama halnya dengan Merkurius, Venus dan Bumi terlihat sebagai bintang pagi dan bintang sore, serta memantulkan cahaya paling terang.

Lama revolusi Venus adalah 224,7 hari dengan periode rotasi selama 243 hari. Temperatur di permukaan Venus kira-kira sebesar 480°C. Permukaan Venus tidak dapat dilihat karena terhalang oleh awan tebal yang mengandung asam sulfat dan hujannya merupakan cairan yang paling merusak (korosif) dalam tata surya. Karena terhalang awan tebal, sinar Matahari yang sampai ke permukaannya hanya sekitar 20% saja.
Pada Oktober 1975, Rusia pernah menyelidiki Venus dengan mendaratkan pesawat tak berawak yaitu Venara IX dan Venara X. Dari hasil penelitian tersebut diketahui atmosfer Venus mengandung CO2 dengan tekanan udara 20atmosfer atau sekitar 20 kali lipat tekanan udara di Bumi. Planet Venus tidak mempunyai satelit atau bulan dan juga cincin.
 
Back
Top