Planet Bumi

gerimis

New member
Bumi

bumi.jpg

Bumi adalah sebuah planet tempat manusia hidup hingga saat ini. Planet ini memiliki persyaratan hidup paling ideal. Sebagian besar permukaan bumi yang diselimuti air menyebabkan planet ini dikenal sebagai “planet biru”.
Jarak antara Bumi dengan Matahani adalah satu satuan Astronomi (SA) atau sama dengan 159.ooo.ooo km. Bilangan tersebut ditentukan karena Bumi menjadi patokan untuk pengukuran terhadap benda atau planet lainnya dalam tata surya.
Bumi kita berevolusi atau mengelilingi Matahari dalam waktu 365 hari 6 jam 9 menit 10 detik, atau yang disebut “satu tahun siderik”. Meskipun demikian, ulangan peristiwa tahunan adalah perubahan musim yang mengacu kepada periode antara pertemuan Matahari dengan titik musim semi (titik Aries) sampai pertemuan berikutnya, lamanya 365 hari 5 jam 48 menit dan 46 detik yang dinamakan satu tahun tropik.
Rotasi Bumi membutuhkan waktu 23 jam 6 menit satu hari
siderik = satu hari bintang. Namun, satu hari yang biasa kita gunakan sehari-hari lamanya rata-rata 24 jam, inilah yang dinamakan satu hari Matahari. ini berarti di ekuator Bumi berotasi dengan kecepatan 1.700 km per jam.
 
Bls: [Geografi] Planet Bumi

dinamakan planet biru karena dikelilingi oleh samudera yang membentang luas
 
Back
Top